Thursday, December 15, 2016

Soto Kudus Bersantan


Hari ini Yodha minta menu Ayam Bakar. Jadi pagi-pagi udah ke pasar belanja biar dapat Ayam Pejantan seger dan bagus. Tak lupa sebelum ayam di ungkep bumbu, aku ambil Kaldunya dulu. Aku selalu membuat kaldu dari Ayam Pejantan atau Ayam kampung, karena bisa bening kaldunya dan sedep jika di pakai memasak Soto atau Sop. Beda sama ayam biasa, kadang malah amis jika di buat kaldu. Cara membuat Kaldu bening   tipsnya..sudah pernah aku share juga di SINI ya teman-teman.

Ayam Bakarnya buat menu makan siang..karena Yodha lagi libur. Jadi sore biar nggak bosan Ayam lagi, aku buatkan dia Soto. Yupp...di rumah kami memang terbiasa ganti menu setiap kali makan. Bukan sok atau apa..tapi memang nggak pada mau makan menu yang sama je..Yodha dan papinya. Jadi..daripada pada jajan di luar..mending ngalahin masak sedikit-sedikit saja, langsung habis..lalu masak lagi jika mau makan lagi. Jadi kami seperti keluarga di luar negeri gitu yang seperti di tivi-tivi..kalau sore atau waktu menjelang makan malam..baru aku tanya..pada mau makan apa..hahah. 

Walau menunya ya apa adanya bahan di rumah. Mentok-mentoknya jika sore yang praktis..misal tumisan, dll yang masaknya cepat. Mentok lagi..Nasi goreng atau olahan Mie yang cepat..hahah. Yang pasti kudu baru gitu dan fresh masakannya. Ribet..?..Nggak juga sich..asal kita bisa memilih menu yang cepat dan simpel...semua okay..bisa di atur. Kadang jam 6 sore aku baru masak buat makan malam..nggak masalah kok..jam 7 matang jika masakan sedikit ribet, jika masakan simpel sich 15 menit juga matang..seperti di restoran ya..makan malam fresh..siap di santap...hahah.

Seperti tadi..aku masak Soto buat makan malam..eh makan sore ding..itu juga cepat. Kaldu udah ada..tinggal ulek bumbu..tumis, lalu di sambi kerjaan lain. Setelah kuah matang..tinggal bikin pelengkapnya. Misal perkedel..aku juga bikin dadakan. Cepat  kok..kan aku pakai Tepung Kentang Flakes..hihi. Yang tinggal seduh..jadi dech kentang lumat yang tinggal di beri bumbu perkedel, lalu goreng. Praktis banget dan enak...! Jika ingin tahu lebih banyak apa itu tepung kentang flakes, silahkan cek di postinganku di SINI ya teman-teman. Tadi aku buat Perkedel yang versi crunchy...yang seperti di warung-warung soto..yang lembut di dalam..kriuk di luar jika masih panas..enak banget dan pas untuk teman makan Soto seperti ini. Resep Perkedel Crunchy nya sudah pernah aku tulis ya di webku ini, bisa di lihat di SINI .

Jadi..semangat ya teman-teman..nggak repot kok menyiapkan menu enak untuk keluarga. Oke...cobain versi Soto Kudus yang pakai santan ini yukk..seger dan gurih. Biasanya masak Soto Kudus tanpa santan sich..tapi kali ini aku coba tambah santan encer tadi..lebih gurih rasanya.
Soto Kudus Bersantan
Bahan :
1 ekor ayam pejantan atau ayam kampung
Air 2000 ml ntuk membuat kaldu
Daun salam 2 lembar
Daun jeruk 2 lembar 
Serai 1 batang memarkan
Garam secukupnya
Kaldu ayam bubuk 1 sendok teh
Gula merah 1 sendok teh
1 sachet santan instan
Pelengkap :
Taoge secukupnya, seduh air panas
Bawang putih goreng secukupnya
Kucai secukupnya, iris kecil-kecil ( pakai daun bawang juga boleh jika tidak ada )
Daun sledri secukupnya, iris kecil-kecil
Sambal rawit , kecap dan jeruk nipis secukupnya untuk penayajian

Bumbu halus :
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 cm jahe
1 cm kunyit
6 butir kemiri, sangrai
1 sendok teh ketumbar, sangrai
1/4 sendok teh jintan, sangrai
1/4 sendok teh merica butiran

Cara membuat :
Buat kaldu terlebih dahulu, caranya...Ayam di rebus api kecil hingga keluar kaldu beningnya. Ukur kaldu 1500 ml. Angkat sebagian Ayam untuk di masak masakan lain,  misal ayam goreng atau sate. Sisakan beberapa potong untuk Sotonya. Tumis bumbu halus hingga benar-benar matang dan harum, masukkan ke rebusan ayam. Masukkan santan dan bumbu-bumbu lain, lalu masak hingga bumbu meresap. Tambahkan 2 sendok makan kecap manis ke kuah Soto. Angkat Ayam dari kuah Soto, goreng sebentar hingga kekuningan untuk suwiran soto atau bisa juga rebus saja ayamnya ( tanpa di goreng )
Siapkan nasi dan pelengkap soto lain di mangkuk, lalu siram dengan kuahnya. Sajikan dengan Sate ayam dan telur puyuh, perkedel, sambal, kecap, jeruk nipis, dll sesuai selera.

No comments :

Post a Comment