Tuesday, December 20, 2016

Hongkong Egg Waffle



Yeay...akhirnya bisa bikin Egg Wafle sendiri. Yodha suka banget Egg Waffle ala Hongkong ini. Kalau pergi ke Mall..sekali beli bisa dua. Lumayan harganya..hihi. Jadilah pengen coba buat sendiri. Ternyata gampang kok. Yodha aja bisa bikin sendiri. Nggak percaya teman-teman ?..Coba cek di ig ku..@bunda_didi...aku upload tadi video Yodha bikin Egg Wafle ini..hihi.

Resepnya lihat di You tube, aku sesuaikan selera, terutama gulanya. Aku pakai setengah cup aja udah manis. Resep asilnya pakai 3/4 cup. Mungkin tujuan banyak gula agar krispi banget gitu ya. Tapi kalau kemanisan kan juga tidak enak, jadi aku kurangi gulanya tadi 1/2 cup...pas dech manisnya.

Anget-anget Yodha bikin dua Waffle, langsung habis dech. Aku cuma di sisain sedikit...jadi nggak penuh dech lubang-lubangnya..jadi ada yang kempes buletannya..hihi...nggak bisa nyempluk semua. Ya udah tak buat eksperimen aja aku tambah 1 sendok teh coklat bubuk..enak ternyata..tambah pas manisnya..nggak terlalu manis banget dan terasa coklatnya. Jadi satu adonan jadi 4 lembar Waffle. Jika mau bisa di kreasikan kok teman-teman...misal di tambah Green Tea juga enak.

Adonan Egg Waffle ini sedikit berbeda dengan Waffle biasa ya teman-teman..karena ada tambahan tepung Tapioka, dan Custard Powder. Tapioka membuat renyah, sedang Custard Powder itu membuat warna Waffle nya lebih cantik kekuningan gitu ( yang original ya ) dan lebih lembut dalemnya. Jadi tekture Egg Waffle ini, jika masih panas itu krispi di bagian pinggir-pinggirnya, dan empuk lembut bagian tengahnya. Jika mau dalamnya bisa di isi choco chip, Oreo, dll seperti di mall-mall gitu. Yodha tadi bikin isi chocochip dan Oreo.

Cara membuatnya mudah kok..simak resepnya ya. Jika mau lebih jelas, ada video komplet cara membuatnya...di Ig aku..di wakili Yodha tapi ya..yang masak..hihi. Oh iya..ini aku pakai takaran cup ya..jika mau di konversi ke gram, silahkan cek di SINI.
Egg Waffle

Bahan kering, aduk rata dan ayak :
1 cup tepung terigu protein sedang atau rendah
1 1/2 sendok teh baking powder
2 sendok makan tapioka
2 sendok makan Custard Powder 

Bahan cairan, aduk rata :
1 cup air, 2 sendok makan minyak goreng
2 sendok makan susu Evaporated ( susu tawar )
1/2 sendok teh garam
1/2 cup gula pasir
1/4 sendok teh vanili bubuk

Bahan isian :
Choco chip atau Oreo, dll 

Cara Mmebuat :
Campur  bahan cairan yang sudah di aduk ke bahan kering
Aduk hingga rata
Panaskan cetakan
Olesi minyak tipis-tipis
Tuang adonan, beri toping sesuai selera
Tutup
Panggang hingga matang masing-masing 2,5 menit lamanya hingga pinggiran krispi.

Tips :
Cetakan harus  di panaskan dulu bolak balik ya sebelum di tuang adonan, agar langsung mengembang dan bisa krispi pinggirnya

6 comments :

  1. Susu evaporated bisa diganti susu cair biasa ga mbak?

    ReplyDelete
  2. Bunda Diah, mau nanya ini resepnya memang ga pake telur yah ? Biasanya kan resep waffle make telur. Mau memastikan aja hehehe. Makasih Bun

    Astri

    ReplyDelete