Wednesday, December 28, 2016

Uji Coba Pakai Air Fryer Lagi



Hari ini aku ujicoba pakai Air Fryer lagi. Tadi malam semangat sich sudah belajar dari resep-resep luar negeri ternyata mereka sudah  biasa pakai alat ini, jadi bisa untuk memasak dan membuat aneka makanan. Yeay...jadi semangat dietnya..hihi. Paling nggak diet yang aku yakini dulu dech..bahwa jika mengurangi minyak itu lumayan cepat. Selanjutnya aku ganti Nasi menjadi Nasi Merah. Makan banyak sayuran berkuah yang tanpa minyak juga. Kalau pengen nyemil sekali-kali kan boleh ada Air Fryer ini juga. 

Tapi bukan berarti tiap hari terus nyemil ya...podo wae..alias sama saja nggak jadi diet hahah. Cuma untuk mengatasi godaan aja..dulu pas diet setelah melahirkan Yodha sampai mau makan gorengan itu beneran di tahan-tahan..jadi menunya rebusan terus, kan menyiksa banget tuch..hahah. Kalau punya Air Fryer ini kan sekali-kali pengen nyemil gorengan gurih masih bisa..tanpa merasa bersalah..hihi.

Nah tadi aku coba untuk buat Kentang Goreng, hasilnya..kriuk renyah seperti di foto atas itu lho teman-teman. Jika ada teman yang bilang, ah sama saja dengan oven berarti fungsinya..?..Tentu tidak sama. Oven ngak bisa cepat matang dan kering, jika untuk buat gorengan..karena fungsinya kan memanggang. Nah..kalau Air Fryer ini bisa matang dengan cepat. Tadi aku uji coba menggoreng Kentang dengan Air Fryer dan sebagian aku oven. Suhu sama...lama waktunya sama. Hasilnya sangat berbeda. Yang di goreng pakai Air Fryer, 15 menit sudah matang dan renyah, yang pakai oven, 15 menit, belum ada perubahan warna dan tetep empuk saja, nggak bisa renyah. Untung resep Kentang goreng bekunya sudah pernah aku posting ya di SINI. atau beli yang siap goreng juga bisa.

Terus aku coba tadi buat goreng Bakwan, bisa juga..tapi adonan harus kita bentuk dulu agar padat, baru kita goreng pakai Air Fryer. Karena tidak bisa masih bentuk cairan gitu ya. Dan hasilnya, bisa juga empuk dan lembut Bakwannya. Asal tingkat keenceran adonan pas, bisa lembut juga bakwannya. Untuk resep Bakwannya, aku pakai resep Bakwan yang sudah pernah aku posting di SINI ya teman-teman. Aku pakai cetakan Takoyaki dulu, kemudian goreng di Air Fryer sekitar 15 menit, udah matang dan lembut seperti foto di bawah ini ya teman-teman. Rasanya juga tetap gurih, dan enak di nikamtai waktu masih hangat gitu. Ada info juga dari temanku, kalau bisa bakwan atau gorengan lain di goreng setengah matang, lalu di goreng pakai air fryer, minyaknya akan keluar semua dan metes ke bawah. Wah..ntaar aku coba juga tehnik ini. Kalau aku tadi benar-benar tanpa minyak goreng bakwannya.

Ada temen lain di Fb, katanya Air Fryer oke untuk goreng frozen food seperti Nugget, dll. Wah sipp juga..besok tak cobanya. Paling tidak kan nggak perlu minyak buat goreng makan beku kan..hihi. Pokoknya lagi banyak belajar pakai alat ini agar maksimal kepakainya. Untuk membuat muffin juga bisa katanya. Besok-besok di coba juga..hihi. Pokoknya pengen coba semua dan pengen menyusun menu-menu sehat untuk diriku. Kalau Yodha dan papinya belum mau, ya nggak apa-apa...tinggal di masakin seperti biasa, misal masak ayam, mereka di goreng biasa, untukku aku goreng akai Air Fryer, okeh tho...semua happy...!

Oke..semoga bermanfaat ya sedikit reviewku tentang alat ini, besok masih mau coba aneka menu lain. Kata temen di Ig tadi bisa buat bikin pepes ayam, goreng pastel, dll. Baiklah aku coba semua dulu ya. Ayuk yang udah punya di rumah, di manfaatkan ya, jangan cuma buat goreng kentang..hihi. Kemaren aku coba buat goreng Ikan asin layur aja bisa kok, hasilnya bisa di lihat di sini. Sayang atuh alatnya mahal-mahal, padahal banyak fungsinya. Dan yang jelas semua kembali ke niatnya..niatnya kan mau hidup lebih sehat mengurangi minyak. Jadi, sedikit ada perubahan rasa misal nggak sama persis penampakan atau rasa dengan yang di goreng minyak banyak, ya sangat wajar, karena ini bukan alat ajaib, yang bisa bebas minyak, tapi  bisa membuat gorengan seperti yang di goreng minyak. Dari tehnik pematangannya saja tentu sudah berbeda sedikit hasilnya ya..dengan dan tanpa minyak.

4 comments :

  1. Kalo mau goreng kentang pake oven juga bisa mba, hasil juga kriuk. Tapi suhu harus lebih tinggi oven. Misal di airfryer suhu 180C, kalo di oven suhu 225C. Lama waktu memanggang juga lebih lama pake oven. Bedanya kalo oven bisa pake gas, sedangkan airfryer pake listrik n wattnya besar. Di air fryer quantity nya ga bisa banyak, tergantung ukurannya, tetapi di oven bisa muat lebih banyak :)

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Iya, kalau ovennya pakai fan/ kipas, bisa lbh cepat drpd oven tanpa fan. Pakai api atas dan bwh ya. Btw, klu beli kentang yg siap pakai, biasanya byk mengandung minyak.

    ReplyDelete
  4. Utk airfryer ini rekomendnya merk apa ya ?
    Kl maspion AF 250 bagus ngga ?
    Mbak pakai apa merk nya?

    ReplyDelete