Thursday, December 22, 2016

Mie Dok-Dok ala Abang-Abang Paling Enak Sedunia Versi Yodha



Hahah..judulnya kok lebay ya teman-teman. Cuma mau cerita soal Mie Dok-Dok favorit Yodha aja...karena menu hari ini sudah pernah aku posting semua resepnya. Siang menunya Pecel Mie..malam ayam Krispi. Sore bikin kue cubit buat Yodha..resep baru..kue cubit Oreo..eh lha kok ternyata aku lupa  masukin gula..hihi. Kue udah menul-menul..begitu aku gigit..lho kok nggak manis. Ternyata oh ternyata..gulanya masih di atas timbangan. Begini dech kalau masak kue..pikiran ke mana-mana..sampai ngaduk adonan, gula di depan mata ngak kelihatan..hahah.

Ya udah dech aku cerita Mie favorit Yodha aja ya..Mie Dok-Dok. Tau kan teman-teman..Mie yang di jual keliling gitu. Itu favorit Yodha  banget. Jika lagi nggak masak, bisa jadi penyelemat dech Abang Mie Dok-Dok ini. Yodha punya langganan Abang Mie Dok-Dok yang enak dan bersih masaknya. Rasanya juga enak. Jadi Yodha maunya Abang itu,..nggak mau yang lain. Selain Mie Dok-Dok ada juga Mie Tek Tek..tapi Yodha juga nggak mau..tetep mau Mie Dok-Dok. Kalau Mie Tek-Tek nich memang kurang sedep rasanya dan nggak ada kekian kampungnya yang Yodha suka.

Mie Dok-Dok ala Abang-Abang itu enak..karena biasanya memakai Kecap khusus tradisional. Kalau Abang langganan Yodha...pakainya Kecap Mirama. Memang Kecap tradisional ini rasanya berbeda. Di buat masak Mie atau Nasi Gorengan jadi makin sedap. Dari ngobrol seputar kecap waktu aku posting di Instagram aku @bunda_didi, ternyata banyak ya..kecap dari seluruh Indonesia. Masing-masing daerah punya Kecap andalan sendiri-sendiri ternyata. Kalau aku yang nyantol di hatiku tetap Kecap Lele. Kalau Yodha Mirama katanya paling enak..haha. Soalnya Abang-Abang Mie Dok-Dok pakai itu. Kalau Suamiku sukanya Kecap Gentong dari Pati atau THG dari Kudus. 

Dari teman-teman yang komentar di instagram aku juga jadi tau, nama-nama Kecap tradisional yang enak dan khas dari berbagai daerah. Jadi ilmu tentang perkecapan bertambah dech. Jadi pengen koleksi Kecap...hahah. Orang luar koleksi Anggur mewah, kalau aku mau koleksi Kecap tradisional aaja dech...hihi. Nanti mau tak pajang di dapurku.

Oh iya biar nambah ilmu ini aku rangkum sebagian nama Kecap tradisional dari beberapa daerah di Indonesia ya..siapa tahu ada yang mau tambahin ayuk share di komen sini ya.
Dari banyaknya komentar tentang Kecap di aku Instagram Saya, jadilah Saya tahu merk-merk Kecap yang enak dari berbagai daerah di Indonesia. Kecap Sriti dari Jawa Timur, Kecap Delima dari Pacitan, Kecap Benteng dari Tangerang, Kecap Cap Ikan layur dari Jombang, Kecap Siwalan rembang, Kecap THG Kudus, Kecap Kentjana Kebumen, Kecap Tawon Madiun, Kecap Laron Tuban, Kecap Bawang Magetan, Kecap Sawi Kediri,  Kecap Udang dari Purwodadi, Kecap Jago dari Yogya, Kecap Bawang Tunggal dari Samarinda, Kecap Bulan dari Palembang, Kecap Tjap Kuda dari Tulungagung, Kecap Matahari dari Cirebon , Kecap Cap Dua Ayam dari Jambi, Kecap Cap Ikan Koki dari Banten, Kecap Sarico dari Purworejo, Kecap Sotong dari Cirebon, Kecap barokah dari Klaten, Kecap Riboet dari Purwokerto, Kecap Wortel dari Wonosobo, Kecap Cap Ikan Dorang dari Jombang, Kecap Lele dari Pati, Kecap Mirama khas Semarang, dll masih banyak lagi merknya.

Nich Kecap Mirama khas Semarang seperti ini teman-teman, yang jadi rahasia kelezatan Mie Dok-Dok ala Semarangan langganan Yodha :)


Mau lihat gaya lucu Yodha makan Mie Dok-Dok..nich...teman-teman...hihi.






2 comments :

  1. kecap mirama emang palaing enak. selera kita sama dek yodha. hehe

    ReplyDelete