Tuesday, December 27, 2016

Balado Telur Rebus



Sesuai janjiku..mulai tahun depan mau selang seling posting menu sehat ya teman-teman. Menu yang tanpa minyak dulu ya. Nah..untuk rencana sehatnya kudu menyiapkan mental, agar tidak tergoda yang di goreng-goreng. Walau tetap untuk Yodha dan Papinya ya biarin di goreng biasa, kan masih dalam masa pertumbuhan..hihi..Yodhanya lho..!

Untuk menu sehat, tetap bisa kita buat enak kok teman-teman. Contohnya...menu Balado Telur seperti yang aku masak tadi, bisa di buat lebih sehat..dengan telurnya di rebus, bukan di goreng. Bisa kita ceplok pakai air, di pan anti lengket seperti snack maker double pan atau lainnya. Percayalah...rasanya tetap enak, seperti Telur ceplok yang di goreng kok jika sudah di masak begini.

Untuk bumbu Baladonya, nggak perlu di goreng dulu, langsung di haluskan dan di tumis dengan sedikit minyak jagung hingga matang, lalu masak seperti biasa. Untuk lauknya, aku pakai Air Fryer kemaren untuk menggoreng tempe dan ikan Layur, hasilnya..tetap enak dan cantik kok..seperti penampakan di foto ini ya. Review lengkapnya, nanti ya,...setelah aku mencoba untuk memasak aneka jenis masakan atau gorengan lain, agar lebih komplet dan akurat. Nanti aku bandingkan juga memasak satu hidangan atau menu, dengan cara di oven dan di goreng air Fryer ini agar tahu bedanya ya. Oke..simpan dulu resep enak dan sehat yang satu ini ya :


Balado Telur Rebus

Bahan :
5 butir Telur
1 lembar daun jeruk
1 sendok teh gula merah
1/2 sendok teh kaldu ayam dan garam secukupnya

Bumbu Halus :
10 buah cabai merah keriting
8 buah cabai rawit merah
8 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1 buat tomat ukuran sedang
1 sendok teh terasi bakar

Cara Membuat :
Panaskan Cetakan Snack maker double pan dengan di isi air
Didihkan
Ceplokkan telur di masing-masing lubang
Tutup dan masak dengan api kecil hingga telur matang seperti telur ceplok
Tumis bumbu halus hingga matang dan harum
Masukkan 100 ml air, telur rebus  dan bumbu lain
Masak dengan api kecil hingga meresap

Ini tadi aku goreng Ikan Layur, jadi mateng kemripik juga hasilnya teman-teman..pakai Air Fryer, malah nggak remuk..walau tanpa lapisan tepung. Cara menggorengnya mudah. Cuci bersih Ikan Asin layur, bersihkan, lalu tiriskan. Selanjutnya tinggal masukkan ke alat Air Fryer, setting untuk menggoreng ikan ( ada tombol pengaturnya, tinggal kita sentuh ) , lalu goreng sekitar 10 menit. Hasilnya..kriuk-kriuk cantik kan. Nggak berminyak sama sekali..hihi..ya pastilah, kan nggak pakai minyak.




6 comments :

  1. Bisa juga dipake untuk membuat cake n variasi nasi mba. Saya pake alat itu uda 3 tahun lebih. Bye2 minyak. Saya beli 1ltr minyak untuk 6-8 bulan hanya untuk tumis2 bumbu. Saya pake merk philips. Hanya agak susah membersihkan panggangan yang bagian atas. Kalau dipake untuk ikan n ayam, minyaknya bisa sampe atas. Skarang kalo makan gorengan pake minyak malah yang ada sakit tenggorokan.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba..aku belum coba untuk Ayam dan ikan, baru goreng bandeng presto dan ikan asin kemaren...hihi. Besok tak cobanya ..mksh infonya ya :)

      Delete
  3. Hai mbk diah didi..
    salam kenal yaa, aku Nury
    suka banget lihat2 blog n ig mbk.
    Bahan-bahan dan caranya cocok buat aku yg baru belajar masak.
    terima kasih ya mbk udah menginspirasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba ..salam kenal juga..semangat di dapur ya :)

      DD

      Delete
  4. Iya mba didi
    selalu semangat mantengin blog mba didi
    terus aku praktikin..dan nyesuain dg bahan yg ada di sini.
    suka banget deh sama resep rempeyek dan molen pisang renyahnya mba hehe

    ReplyDelete