Saturday, December 10, 2016

Gemblong Singkong


Tiap hari menengok freezer atau kulkas sebelum belanja lagi ke pasar..biar nggak selalu nimbun bahan-bahan mentah..hihi. Di tengah harga-harga bahan makanan yang melambung, sampai cabe, sayuran dan bumbu-bumbu selalu naik harganya ya teman-teman..sangat tidak tepat jika menimbun bahan di dapur..hihi. Maka punya apa sedikit ayuk di olah..jadi cemilan baru untuk keluarga.

Punya stok separo kelapa yang sudah parutan..sisa buat bumbu urap kemaren. Nengok di rak masih ada Tepung ketan...tapi kok tinggal sedikit. Eh..nengok di pojokan dapur masih ada sepotong singkong kulitan ukuran kecil yang nampaknya masih oke buat di olah. Baiklah..mari kita satukan semua..lalu kita pinjam tongkat magic Pak Tarno..." Bim Salabim..jadi apa prok-prok-prok ? "...hahah ...

Jawabannya...jadilah Gemblong Singkong...! Biasanya Gemblong kan dari tepung ketan dan kelapa parut aja...tapi kali ini karena stok tepung ketan tinggal sedikit, maka aku campur parutan singkong. Ternyata hasilnya..enak juga lho teman-teman. Teteap gurih legit..walau sensasi kenyalnya berganti jadi empuk..karena ada penambahan singkong parut dalam jumlah banyak ya. Tapi...cocok menurutku ketiga bahan itu bersatu padu..di tambah sedikit garam, lalu di goreng..jadilah Gemblong Singkong gurih.

Agar lebih legit, luarnya kita beri lapisan Besta ya...yaitu proses pelapisan dengan gula. Bisa gula putih / gula pasir atau gula merah. Kali ini aku pakai gula merah, yang di larutkan dengan sedikit air, di panasin hingga benar-benar kental dan berambut dengan api kecil, masukkan Gemblong, aduk rata..maka lapisan Gula Merah akan kering..menyelimuti kuenya. Rasanya kres-kres bagian luarnya..dan gurih dan lembut di dalam. Cuma satu kata..Enak...!

Oke..mau coba teman-teman..yuk catet resepnya ya :)...

Have a nice long weekend...!
Gemblong Singkong

Bahan :
400 gram singkong parut, peras ya jika berair
100 gram tepung ketan putih
1/2 buti rkelapa parut yang muda ya
1/2 sendok teh garam

Cara membuat :
Aduk semua bahan, bentuk sesuai selera
Goreng hingga matang

*Tidak perlu air ya..karena singkong jika di parut udah basah tekturenya, kelapa muda parutnya juga agak lembek. Namun jika di rasa adonan terlalu kering, boleh di tambah sedikit air. Kalau punyaku sich udah pas...kalis lemes mudah di bentuk*

Bahan Besta :
Gula merah 150 gram
3 sendok air
1/8 sendok teh vanili
1/8 sendok teh garam

Campur semua bahan, masak dengan api kecil hingga berambut, masukkan Gemblong
Aduk rata hingga terbalut

*Gula sesuai selera ya...kalau aku kurang suka gula terlalu banyak..jadi Gemblongku ini  lapisan Bestanya nggak terlalu tebal*

3 comments :

  1. wiih resep baru kayanya enak niih harus di coba..

    ReplyDelete
  2. wajib coba nih buat pecinta kuliner, penampakan sedap bahannya ada dimana-mana. asik asikkk!!

    ReplyDelete
  3. Eh ternyata bahannya gampang banget yah.. orang dirumah pada suka olahan singkong (yang murah meriah) sih, patut dicoba nih :D

    ReplyDelete