Friday, December 23, 2016

Ikan Asin Layur Goreng Garing & Sambel Tumpang



Hari ini  menunya favorit Emaknya semua...hihi. Yodha cuma minta Ikan Bakar hari ini. Kadang-kadang tiap hari masak Daging atau Ayam, yang masak sudah *mblenger duluan...kadang malas makan. Yang bisa menggoda selera makanku yang menu-menu sederhana seperti ini. Tadi di pasar sudah di niatin mau beli Ikan Layur. Eh..alhamdulillah nemu bagus-bagus dan bersih, serta tidak asin banget. Aku memang lebih suka beli Ikan layur di pasar, kalau di tukang sayur itu suka agak buluken Ikan layurnya..maksudnya terlalu berselimut garam..hihi. Rasanya juga asin sekali.

Kalau yang aku beli di pasar tadi pas gurihnya. Terus di goreng juga bisa kriuk kripi dan bisa di makan semua bagiannya, alias tidak berduri tajam jika Ikan Layur ini. Tapi hati-hati ya teman-teman...jika menggoreng ikan asin layur, dan ikannya jadi melengkung kaku dan keras itu biasanya pakai formalin atau zat berbahaya lain. Jadi kalau yang bagus situ justru yang mudah patah atau remuk ya ketika di goreng garing. Makanya gara tidak remuk ketika di goreng, cara terbaik itu di lapisi dengan baluran tepung.

Ikan asin layur ini paling enak di goreng garing pakai lapisan tepung. Bisa pakai Tepung beras atau campuran tapioka dan beras. Aku suka aku campur, biar renyahnya kres empuk dan lapisan tepungnya bisa menempel, jadi hasilnya  lebih kriuk. Menggoreng ikan asin Layur ini juga cepat kok keringnya. Jadi nggak perlu di goreng terlalu lama juga. Asal minyak sudah panas, segera masukkan adonan yang sudah di baluri tepung ya. Jadi baluri tepungnya sesaat sebelum masuk wajan, karena jika di diamkan dulu lapisan tepungnya kurang cantik meratanya.

Oke..langsung saja ya..ini dia cara membuat Ikan asin layur goreng ayang kriuk renyah empuk. Membuatnya sangat mudah dan tidak perlu garam ya, karena ikan layur yang aku beli tadi sudah sedikit asin..selamat mencoba ya...:)

Ikan Asin layur Garing

Bahan :
250 gram ikan asin Layur 
75 gram tepung beras
25 gram tepung tapioka

Cara Membuat :
Cuci bersih ikan asin Layur 
Lumuri dengan bawang putih ulek sebanyak 1 siung
Panaskan minyak goreng 
Dalam keadaan masih basah, segera lumuri Ikan layur dengan campuran tepung hingga rata dan tepung menempel rata dan segera masukkan ke minyak yang sudah panas
Goreng hingga kering
Simpan di toples jika sudah dingin untuk stok lauk kering

Nah ikan asin layur goreng kering itu paling cocok di sajikan dengan Nasi hangat dan sayur berkuah seperti ini. Tadi aku buat Sambel Tumpang Komplet. Resepnya sudah pernah aku posting di SINI ya. 


1 comment :

  1. Asyikkkk. Ini bisa banget aku terapin untuk acara kecil di tahun baru bareng keluarga. Nanti kalau udah jadi, aku mau pamer di facebook ya, mbak.. Hihhi. Makasih mbak diah. :D

    ReplyDelete