Thursday, December 1, 2016

Tips Membuat Cumi Krispi


Yodha lagi seneng Cumi. Biasa dia suka di bakar. Namun biar nggak bosan aku coba goreng krispi aja..ternyata suka juga. Jadilah menu ini salah satu menu favoritnya sekarang. Cumi Krispi ini memang enak banget ya teman-teman..krispi di luar..empuk dan lembut di dalam. Nah..tapi nggak semua bisa begitu lho. Kadang beli di resto itu cuminya alot...tepungnya keras.
Nah..makanya aku mau kasih tips cara membuat Cumi Krispi yang empuk di dalam. Pertama kita harus memilih cumi yang segar ya teman-teman. Cirinya itu Masih kenyal ketika kita sentuh, kulit belum terkelupas, dan tintanya belum pecah keluar ya teman-teman. Aku kalau beli seafood memang paling teliti di pasar..sampai hafal para pedagang ikan di pasar sama aku..hihi. Kalau ada yang seger..baru berani nawarin ke aku.

Karena jika Cumi nggak seger itu jika di olah akan amis dan kurang enak. Jika kita sudah dapat Cumi yang segar, segera sampai rumah cuci bersih, keluarkan isinya. Jika tinta tidak di pakai, langsung potong saja bagian kepalanya..daripada repot belepotan tinta cumi pecah ke mana-mana..hihi. Aku sampai sekarang belum pernah masak Tinta Cumi sich..mungkin jika dapat Cumi masih hidup..baru mau coba tintanya. Tapi di mana ada Cumi masih hidup ya..hahah. Mancing dulu ke laut kali ya...lol..!

Setelah bersih cuminya, lumuri Cumi dengan sedikit air jeruk nipis agar tidak amis, sedikit saja ya..jangan kebanyakan..jika kebanyakan nanti jadi kaku dech cuminya. Cuci kembali, potong-potong..lalu rendam dalam air berbumbu sesuai selera hingga saat akan di goreng. Minimal setengah jam ya agar bumbu merasuk. Selanjutnya tinggal kita tiriskan, lalu di lapis adonan tepung dan di goreng.

Untuk membuat Cumi Krispi, masalahnya itu jika langsung di balut tepung bumbu, biasanya akan lepas ketika proses di goreng, karena kurang menempel ke cuminya. Nah untuk mengatasi masalah tersebut, celup dulu cumi ke adonan pencelup kental, dari sebagian tepung bumbu yang di beri air...baru di gulingkan ke tepung pelapis kering. Jadi tepung pencelup tadi berfungsi sebagai pengikat, sehingga lapisan luar tepung tidak mudah lepas dan lebih keriting hasilnya..seperti di fotoku itu ya.

Waktu menggoreng Cumi Krispi juga perlu di perhatikan, minyak harus sudah benar-benar panas ya, tapi api sedang saja..biar adonan masuk agar tepung pelapis langsung mengembang, sehingga nanti hasil krispinya renyah empuk dan nggak nyerap minyak. Jika minyak belum panas adonan sudah  masuk..itu bakalan nyerap minyak, lama kering dan akhirnya jadi keras lapisan tepungnya. Memasukkan adonan juga jangan terlalu banyak ya..agar suhu minyak tetap stabil panasnya. 

Oh iya...resep cumi krispi sudah pernah aku posting resepnya dulu ya teman-teman..di search aja. Atau jika mau praktis dan mudah, aku pakai Tepung Krispi jualan aku nich yang udah berbumbu..jadi mudah dan nggak repot. Hasilnya bisa Krispi cantik dan empuk..nggak keras. Tepungnya sudah berbumbu rempah komplit..mau gurih ada...mau yang versi bumbu garam dan rempah saja untuk anak-anak juga ada...mau minta rasa pedas juga bisa...tanpa pengawet..dan selalu fresh tepungnya dan memakai bahan premium tepungnya. Yang mau order sms atau wa ke 089654712500 ya..:)

Oke..semoga bermanfaat sedikit tipsnya ya teman-teman...:)

DD


4 comments :

  1. Coba sekali2 masak pakeg tintanya mbk, d jamin ketagihan hahahaha dl suamiku gak mau kl d masakin cumi sm tintany, tp sekali aku masakin skrg jd nagih hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...aku geli je mba jika cuminya udha mati..:D

      Delete
  2. Tante, makasih banget resep2nya. aku baru belajar masak makanan indo dan selalu berhasil pakai resep tante. Tante ada sosmed spt twitter gitu gak? Biar gampang lihat kalau post resep baru :D oia bikin resep olahan dada ayam atau fillet ikan yg dibakar gitu dong tante buat yg diet hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada mba yang update setiap aku masak instagram @bunda_didi :)

      Delete