Sunday, December 11, 2016

Sambal Siomay Merah dan Lembut Ala Abang Siomay



Dari dulu jika buat siomay...siomaynya udah sip enak..melebihi dari yang di jual di luaran rasanya..tapi sambelnya selalu pucat..kecoklatan aja. Nah..jadinya itu penasaran sama sambal siomay ala abang-abang siomay itu kok bisa merah menyala dan kelihatan berminyak gitu. Akhirnya kemaren iseng..aku coba buat sambel Siomay yang merah merona warnanya serta lembut encer ala abang-abang Siomay gitu..hihi.

Kuncinya adalah pakai cabai merah keriting..agak banyak, tapi bijinya di buang..agar sambalnya tidak terlalu pedas. Agar ada efek berminyak pada sambelnya, serta lebih sedep..cabainya di goreng dulu hingga agak kering..tapi jangan gosong ya..hihi. selanjutnya di haluskan bersama kacang tanah goreng dan bumbu lain..di masak dengan api kecil hingga tanak.

Nah..selanjutnya..gimana biar lembut sambelnya. Ada teman yang nanya..kacangnya sudah di halusin kok tetep berasa tekture sambelnya. Gampang..tambahin saja kentang lumat waktu memasak sambel siomay...niscaya akan lembut sambelnya. Aku pakai Tepung Kentang Flakes aja sedikit untuk campuran sambal siomaynya..jadi nggak perlu ngukus kentang tho jika cuma sedikit butuhnya.

Tepung Kentang Flakes ini memang praktis, biasa tinggal kita seduh untuk mendapatkan kentang kukus lumat secara instan dan bisa di gunakan untuk membuat perkedel, donat, kue lumpur, kentang panggang, mashed potatoes..dll. praktis dan hemat lho..karena kita tidak perlu mengukus kentang..mengupas atau menghaluskan. Jika pakai Tepung kentang flakes ini..mudah banget..tinggal seduh...siap dech dalam sekejap..kentang kukus lumat..yang bisa langsung di pakai.

Dan yang aku jual ini Tepung kentang flakesnya,,,istimewa..bentuk serpihan..beda sama yang di jual di pasaran itu bentuk bubuk. Kalau bentuk flakes ini lebih lembut seduhannya. jadi..bisa langsung saja di campur waktu memasak sambel kacangnya..jadi larut dech tepung kentangnya dan membuat sambel siomaynya..lembut banget..enak. Yang mau order tepung kentang flakes..sms atau wa aja ke 089654712500..yukk buruan...buat stok bikin cemilan tahun baru...hihi..praktis dan mudah dengan tepung kentang Flakes.

Okeh..langsung saja aku tulis resep sambel siomaynya ya teman-teman...kalau resep siomaynya komplet yang enak sudah pernah aku posting di SINI. Nich komputerku game over, mati total..jadi pinjem Laptop Yodha buat posting..jadinya nggak bisa lama-lama...soale mesti di minta yang punya jika udah bosan nonton kartun dia..hihi.Malum lagi libur..tapi nggak ke mana-mana..jadi hiburan Yodha nggak jauh-jauh dari tivi dan Laptop..hihi.

Sambel Siomay lembut

Bahan :
150 gram kacang tanah, goreng..haluskan
2 sendok makan tepung kentang flakes
8 buah cabai merah keriting, buang bijinya, goreng..haluskan
2 siung bawang putih, goreng, haluskan
2 sednok makan gula merah
350 - 400 ml air ( tergantung suka kental atau encer )
1 sendok teh air asam Jawa pekat
1 sendok teh garam
Kecap secukupnya

Cara Membuat :
Masak semua bahan kecuali kecap hingga kental dan lembut dengan api kecil
Koreksi rasa
Sajikan sambal siomay bersama siomay dan kecap manis, serta jeruk limau



8 comments :

  1. Alhamdulillah .... ini resep yg saya cari. Kl bikin Sambel siomay selalu pucat n ga bs merah. Makasih mba Didi

    ReplyDelete
  2. Mbak diah... klo gak ada stock tepung kentang flakes bisa diganti tepung apa?

    ReplyDelete
  3. Mbak diah... klo gak ada stock tepung kentang flakes bisa diganti tepung apa?

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Bunda didi ... trims resepnya udah dicuba,alhamdulillah berhasil...

    ReplyDelete
  6. Mba Diah aku mau tanya, pas masak semua bahan itu sambil ditumis dgn minyak atau nggak ya? Bumbu kacang nya bisa sampai berminyak gt setelah jadi walopun dimasak tanpa minyak goreng? Makasih

    ReplyDelete