Friday, December 23, 2016

Ikan Bakar Praktis Bumbu Kecap


Hari ini mau kembali ke jadwal ah, tiap hari posting malam-malam terus setelah semua pekerjaan selesai, lama-lama ngantuk juga..hihi. Biasa jam 11 malam udah tidur..badan tua nich..beberapa hari begitu mudah masuk angin. Sekarang apa yang bisa di kerjakan siang, segera kerjakan..malam istirahat..begitu saja ya..biar tetap selalu sehat dan kuat. Apalgi kerjaan bukan semakin berkurang, tapi semakin bertambah..tanpa art pula. Jadi urusan dapur sendiri semua. Artku yang sekarang agak susah di atur dan juga banyak maunya..maunya kerja ringan gaji besar..huhu..*curcol*. Mulai berangkat siang..mulai ngitung jam kerja..kerjaan belum selesai udah pulang, padahal aku bayar lumayan perhari...ya sudahlah..di niatin berjuang sendiri saja. 

Yodha hari ini kok tumben minta Ikan bakar..biasanya dia males makan ikan karena banyak duri. Aku sich malah seneng, karena sudah mblenger masak daging-daging terus. Nah..sudah pasti kalau mau maka Ikan tentu saja ikan bakar yang di minta. Karena lagi nggak banyak waktu membakar ikan beneran, dalam arti nyalain arang..aku bakar versi praktis saja. Aku goreng dulu ikan setengah matang, lalu aku lumuri bumbu tumis, bakar dech. Aku meniru cara di salah satu resto pemancingan di sini. Jadi dengan cara ini lebih cepat membakar ikan. Kebayang juga sich pasti bakalan lama dan ribet jika bakar ikan dari mentah ya, apalagi  jika ikan ukuran besar seperti Gurame, misal di resto yang pengunjungnya sangat banyak. Tapi tetap rasa dan aroma bakaran tetap ada dan enak kok. Buktinya..Yodha habis dua tadi nich ikannya.

Jadi buat yang rencana malam Tahun Baru..mau bakar-bakar ikan..ayuk..jika mau praktis  bisa pakai cara ini ya teman-teman. Jadi ngga harus bersusah payah bakar Ikan dari  mentah..hihi. Nanti aku share dech resep-resep lain buat menyambut Tahun baruan ya. Aku juga nggak ke mana-mana kayaknya Liburan akhir tahun ini..agak kurang semangat liburan karena suatu hal..walau sebenernya badan dan pikiran perlu piknik....eaaa...curhat lagi..!

Oke dech ini dia resep Ikan Bakar nya ya teman-teman...selamat mencoba jika suka ya...
Ikan Bakar Praktis

Bahan :
5 ekor Bawal ukuran sedang ( atau ikan lain )
Kecap manis 2 sendok makan
Daun salam 2 lembar
Lengkuas 2 cm, memarkan 
1/2 sendok teh gula merah
1 sendok teh kaldu bubuk dan garam sesuai selera 
Bubu halus 
6 buah bawang merah
2 siung bawang putih
1 sendok teh ketumbar
1 cm kunyit
3 butir kemiri
1/4 sendok teh merica butiran

Cara membuat 
Haluskan semua bumbu halus, lalu tumis hingga matang dan harum, masukkan lengkuas, daun salam serta gula merah, garam  kaldu bubuk , aduk rata.masukkan sedikit air ( kira-kira 50 ml aja ), agak bumbu mengental dan nggak gosong. Angkat bumbu halus. Tambahkan kecap manis.
Kerat-kerat bagian tubuh ikan bawal agar bumbu bisa meresap,  lumuri dengan sedikit garam. Diamkan 15 menit. Goreng hingga setengah matang.
Lumuri ikan dengan bumbu halus yang telah di tumis dan diamkan di kulkas selama minimal 1 jam. Bakar ikan di pan grill, teflon atau di bara api hingga matang, sajikan dengan sambal sesuai selera.


4 comments :

  1. Pengen nyoba ah. Hemat tenaga nih. Thanks Mbk

    ReplyDelete
  2. Mbak klo digoreng setengah matang taunya gmn y?
    Aku pernah coba..yg ada kulitnya hancur wkt diangkat

    ReplyDelete
  3. Mbak klo digoreng setengah matang taunya gmn y?
    Aku pernah coba..yg ada kulitnya hancur wkt diangkat

    ReplyDelete
  4. Mbak diah,bagaimana kita tau itu setengah matang?
    Aku pernah nyoba (mnrtku setengah matang)eh kulitnya malah hancur

    ReplyDelete