Wednesday, December 21, 2016

Tahu Hot Jeletot Ekonomis


Kemaren ada teman yang wa aku nanyain resep Tahu Hot Jeletot. Karena penasaran apa itu..aku cari di Google. Wo alah..ternyata sejenis tahu isi pedas..atau Gehu Pedas, atau Tahu Mercon, hampir sama lah ya. Temen nanyain resep yang ekonomis tapi enak untuk usaha. Baiklah..kalau sekedar Tahu Isi di buat pedas, mudah lah ya..aku buatin resepnya ini. Semoga bermanfaat untuk teman-teman yang lain juga yang suka Tahu isi pedas.


Dulu aku pernah posting juga sich, tapi pakai udang. Jika untuk usaha kan agak mahal jadinya biaya produksi, jadi aku buatin yang ekonomis, isi sayuran aja ya. Rasanya tetap enak kok. Buktinya, Yodha tadi habis 6 biji lho tadi..hihi. Jadi..jika mau usaha, walau bahan ekonomis, tetap bisa enak kok teman-teman. Oke..tipsnya adalah pilih Tahu pong yang enak ya. Jika menemukan Tahu Pong yang terlalu kering, itu agak kasar di lidah. Cara membuatnya lebih empuk dan lembut lagi, bisa di rebus sebentar di air mendidih sebelum di isi bahan isian ya. Dnegan cara ini, minyak yang terkandung di tahu pong juga akan keluar.

Oh iya..untuk balutan Tahu Jeletot kali ini aku pakai yang versi kriuk dan nggak tebal..ini favorit Yodha. Kalau aku suka yang tebal lembut seperti mendoan adonannya. Jadi sesuaikan selera ya...suka yang mana..hihi. Jika mau lebih enak bisa di variasikan lagi kok isinya jika di konsumsi sendiri ya..bukan di jual, misal di tambah udang cincang, ayam cincang atau jamur cincang, pasti lebih enak dan gurih lagi. Tapi jika untuk jualan..pakai versi ekonomis ini saja ya biar untungnya banyak..hahah.

Oh ya menggoreng tahu Jeletot nich agar tidak berminyak dan bisa kriuk luarnya, minyak harus bener sudah panas baru adonan masuk ya, jadi adonan kulit langsung mengembang, selanjutnya tinggal di goreng hingga kriuk luarnya. Jika minyak  belum panas udah masuk di jamin kopoh-kopoh ( berminyak banget )...hihi. Juga jangan terlalu banyak memasukkan adonan ke wajan agar suhu minyak stabil. Lihat dech gorengan di pinggir jalan tuch..penjualnya pakai wajan besar..terus masukin gorengan hingga penuh full sewajan. Apa yang terjadi ?..Gorengan malah lama matang..dan jadi alot..serta menyerap minyak..karena itu tadi..tidak cukup panas minyaknya karena suhunya turun untuk mematangkan gorengan dengan cepat minyaknya.

Oke..selamat mencoba teman-teman, ini dia resepnya ya...jam segini baru sempat posting hihi..
Tahu Hot Jeletot
Bahan : 
10 buah tahu pong, siap pakai 

Bahan pencelup :
100 gram tepung terigu protein rendah / sedang
2 sendok makan tepung beras
1/2 sendok teh bumbu kaldu bubuk / garam sesuai selera
1/2 cm kunyit, haluskan
1/4 sendok teh ketumbar, haluskan
1 siung bawang putih, haluskan
Air kira2 150 ml ( secukupnya hingga kental sedang adonannya )

Bahan isi :
2 buah wortel, potong korek api
1/4 buah kol, iris halus
1 sendok teh bumbu kaldu ayam bubuk dan garam secukupnya
Gula pasir 1 sendok teh
50 ml air
1 batang daun bawang, iris halus
5 - 8 buah cabai rawit merah ( sesuai selera pedasnya ) , iris halus  
Bumbu halus untuk tumis sayuran :
2 siung bawang putih , 3 siung bawang merah

1/2 sendok teh merica butiran

Cara Membuat :
Isi : Panaskan 1 sendok minyak goreng, tumis bumbu halus untuk sayuran, aduk hingga berubah warna. Masukkan wortel, tambahkan air, aduk hingga wortel layu, lalu masukkan sayuran dan bumbu lain. Masak hingga sayuran layu.
Ambil 1 buah tahu, beri isian secukupnya
Celup ke dalam bahan pencelup, lalu goreng hingga matang dan kecoklatan.


1 comment :

  1. Mbak Diah, kalau tahunya mentah apakah harus digoreng dulu sebelum dikerok isinya dan diisi sayuran? Di tempat saya, jarang yang jual tahu pong ini.

    Vinna

    ReplyDelete