Wednesday, December 28, 2016

Sop Ayam Gingseng



Musimnya  mulai sering hujan deras lagi ya teman-teman. Apa di Semarang aja atau kota lain ya. Soalnya..kepokananku Dewi di Karawang bilang, kalau di sana panas terus. Padahal di sini dingin banget, sampai pada meriang semua. Untung Yodha masih libur, jadi bisa di jaga kondisi badannya dengan istirahat dan makan makanan bergizi. Aku juga, walau agak meriang, tapi doping terus makanan sehat dan istirahat cukup, alhamdulilah yang sehat dan tetap bisa bekerja seperti  biasa.

Tadi nggak sempat ke pasar, tapi ada satu ekor ayam pejantan. Aku dari kemaren pengennya  itu makan yang segar-segar berkuah gitu...terus pakai sambel yang pedes. Sedangkan Yodha...maunya di buat Ayam Bakar. Ya sudah biar semua senang, ayamnya akhirnya di masak jadi dua macam menu. Separo aku buat Sop Ayam, separonya aku buat Ayam Bakar Bumbu Bacem.

Untuk Sopnya, aku buat seperti Sop Ayam Pecok ala Pak Min Klaten saja yang sudah cocok di lidah untuk Sop ayam jenis utuhan gini. Tapi kali ini, aku coba bumbunya di ulek sebagian, kalau yang resep dulu aku geprek saja. Jadi dagingnya di buat potongan besar-besar ya teman-teman, bukan di iris-iris. Rasanya lebih gurih dan rasa alami gurih ayamnya muncul. Cobain dech sekali-kali masak menu sederhana seperti ini. Bisa memanjakan lidah juga lho, jadi ringan dan gurih saja alami dari ayamnya. Tentu di padu sambal rawit yang pedas dan kecap manis, serta jeruk nipis, jadi tambah seger lagi. Nggak perlu jajan lagi dech ke warung Sop ayam pak Min, bikin sendiri lebih mudah kok teman-teman.

Sebelum di buat Sop, kita buat kaldu Ayam dulu ya. Tips dan cara membuat kaldu ayam, sudah pernah aku posting ya di webku ini. Untuk Ayam lebih enak pakai Ayam Kampung atau Pejantan. Tapi jika mau ekonomis, pakai Ayam Pejantan saja teman-teman. Harga ayam kampung ngeri sekarang, bisa 70 ribu per ekor di pasar sini. Kalau Ayam Pejantan kan separuhnya. Atau jika mau ekonomis, bisa pakai Ceker juga...jadilah Sop Ayam Ceker...hihi.

Oh iya, biar beda tadi Sop Ayamnya aku tambah Gingseng, kebetulan dapat oleh-oleh Ginseng asli dari Korea, dari bu Ambar waktu beliau jalan-jalan ke Korea beberapa waktu lalu, jadi bisa buat Sop Gingseng ini. Dulu pengen coba bikin Sop Gingseng, tapi aku kira harus pakai Gingseng yang masih utuh. Ternyata kemaren aku lihat chef Judi Joo dari Korea di AFC, bisa kok pakai Gingseng bubuk. Rasanya enak tetap gurih, karena Gingseng ini tidak mengubah rasa gurih dari kaldu ayam dan bumbu. Hanya untuk sebagia penambah doping alami saja ya agar lebih sehat, karena Gingseng ini kan sangat bermanfaat. Tapi jika tidak ada, tidak pakai ya nggak masalah teman-teman.

Untuk resep Sop Ayam Gingseng ala Diah Didi Kitchen, bukan ala Korea tapi ya..hihi. Resep Sop Ayam  biasanya saja yang sering aku buat, aku tambah Gingseng. Oke, berikut resepnya ya, untuk satu ekor ayam utuh. Tadi aku buat separo resep saja :
Sop Ayam Gingseng

Bahan :
1 ekor ayam kampung atau pejantan, potong jadi 4 bagian
2500 ml air
2 batang daun sledri
1 sendok makan bawang goreng
4 cm jahe, kupas, memarkan
1/2 buah pala, geprek
2 cm kayu manis batangan, biarkan utuh
1 sendok teh kaldu ayam bubuk
Garam secukupnya
Gula Pasir 1 sendok teh, 2 sachet kecil Gingseng Korea
Bumbu Halus : 4 buah bawang putih, 6 butir bawang merah,
1 sendok teh merica butiran, haluskan
Cara Memasak :
Rebus ayam dan air dengan api kecil..sampai keluar kaldu beningnya. Buang bagian lemak yang mengapung di atas kaldu. ( Tips membuat kaldu bening yang enak..klik di sini )
Tumis bawang bumbu halus hingga harum, masukan ke rebusan kaldu, dan bumbu-bumbu lain. Rebus kembali hingga ayam empuk dan bumbu meresap.

2 comments :

  1. Sop ayam gingseng emang cocok banget buat musim ujan. resepnya tak coba ya

    ReplyDelete
  2. punya resep sup bola ikan mba diah? thanx mba

    ReplyDelete