Thursday, September 15, 2016

Weekend Seru Di Kaliurang Yogyakarta


Long weekend libur Idul Adha kemaren Yodha minta liburan ke luar kota. Karena kerjaan Mami Papinya masih banyak..kita pergi ke Yogya aja yang dekat, sekalian mudik. Tapi Yodha juga dapat tugas dari sekolah untuk mengisi majalah dinding di sekolahnya, untuk menulis cerita liburan yang seru. Aku tawarkan beberapa alternatif tempat berpetualang seru di Yogya, Yodha memilih untuk mencoba Merapi Lava Tour. Akhirnya kita menginap di Kaliurang semalam, agar lebih puas Yodha main di sana.

Kaliurang adalah salah satu tujuan wisata pegunungan di Yogyakarta. Terletak sekitar 27 km dari kota Yogya, daerah wisata Kaliurang mudah di tempuh dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Ada bus khusus yang pulang pergi dari kota Yogya ke Kaliurang. Akses menuju sana juga jalan besar dan nyaman. Walau sudah berkali-kali ke Kaliurang, tapi Yodha ya tidak pernah bosan, karena selalu ada hal menarik yang di eksplorasi di sana. Selain itu hawanya yang sejuk dan daerahnya yang asri, membuat kami suka mengunjungi Kaliurang ini. 

Nah..kemaren untuk tugas sekolahnya Yodha, kita mencoba Lava Tour Merapi, paket wisata menjelajahi daerah yang dulu ketika terjadi letusan Gunung Merapi terakhir itu menjadi korban keganasan awan panas. Sekarang..daerah tersebut malah menajdi berkah, bagi warga sekitar..karena menjadi tempat wisata  baru yang banyak di kunjungi wisatawan. Untuk menuju ke tempat-tempat wisata Lava Tour Merapi, kita harus menyewa jeep wisata, karena akses jalan yang berbatu-batu dan tinggi, misalnya ketika kita menuju lereng Merapi di Kaliadem yang terdapat bungker Merapi.

Untuk menyewa Jeep khusus, biayanya sekitar 350 hingga 500 ribu, tergantung hingga daerah terjauh mana yang mau di tuju. Jika sampai ke tempat tinggal Mbah Marijan dulu, tarifnya bisa 500 ribuan. Tapi memang seru kok, di sepanjang perjalanan kita bisa menikmati hawa sejuk pegunungan. Dulu daerah yang terkena awan panas, sekarang sudah subur kembali. Tujuan dari Lava Tour Merapi ini antara lain, Museum Sisa Hartaku, Lereng Merapi tempat batu Alien, dan Bungker Kaliadem, dan Off - Road di sungai melewati Kali Kuning. Daerah-daerah tersebut adalah wilayah di mana dulu menjadi korban terparah letusan gunung Merapi terakhir, dan di Bunker Kaliadem adalah tempat perlindungan ketika Gunung merapi meletus, namun di letusan terakhir memakan korban juga ya ketika ada yang berlindung di sana.

Untuk mengikuti Lava Tour Merapi, kita bisa menyewa jeep dari Jalan kaliurang Km 15 sudah ada beberapa pengelola Jeep wisata. Semua resmi kok sudah terorganisir dengan baik dan sudah terlatih drivernya. Selain itu, bisa juga langsung ke sentra desa wisata Kaliadem, mobil pribadi masih bisa sampai ke sana, selanjutnya banyak lokasi pengelola jeep wisata di sana, tinggal pilih saja. Saran aku sich pilih yang kondisinya mobil jeepnya masih bagus, drivernya yang ramah dan mau menjelaskan segala sesuatu di sana dengan baik. Kalau Yodha kemaren mengomel, karena kita dapat yang jeep model lama..hihi. padahal banyak yang baru-baru lebih bagus, berwarna warni dan lebih nyaman tempat duduknya. Malahan ada yang tutup atasnya juga lho...jadi nggak kepanasan..hihi.

Lihat dech..penampakan aku ketika naik jeep..haha..takut panas dan debu..rapat banget kan..Lol..! Tapi memang panas teman-teman ketika sudah sampai di lereng atas, jadi lebih baik memakai baju lengan panjang, topi dan masker. Yodha aja nggak mau pakai jaket, kemaren..medadak jadi hitam sebentar..haha. Usahakan juga bawa minum yang banyak ya..selain di atas udara sangat panas, juga jika beli minuman di sana sangat mahal...haha. Ya maklum, bawa naiknya juga susah kali ya..bisa 5 kali lipat dari harga normal..harga minumannya. Terakhir, saran aku, jika membawa anak kecil...misalnya masih balita gitu di pangku aja ya teman-teman, karena ketika melewati jalan terjal yang berbatu, beneran seperti off-road di sungai kering..hihi. Badan bisa  terguncang-guncang dan terlempat keluar jika tidak berpegangan erat. harusnya di kasih sabuk pengaman ya jeep nya..!


Oke dech..langsung saja nich..view lereng Merapi dan tujuan Lava Tour Merapi. Beneran memberi banyak pelajaran berharga kepada kita untuk mencintai dan menghargai alam.









Setelah mengikuti Lava Tour Merapi..selanjutnya kita ngadem ke kawasan wisata Tlogo Putri Kaliurang. Kawasan wisata lain di Kaliurang yang sudah lama ada. Aktifitas di sana yang bisa di lakukan ya menikmati indah dan sejuknya hawa pegunungan. Kalau Yodha lebih suka bermain bersama monyet-monyet kecil yang ada di sana. Lihat nich hebohnya dia ketemu teman mainnya...hahah.



Kalau aku...tentu saja lebih suka memotret aktifitas di sekitar tempat wisata, terutama memotret kuliner khasnya. Di Kawasan wisata Kaliurang..makanan khasnya adalah Jadah dan Tempe Bacem. Jadah adalah makanan khas yang terbuat dari ketan kukus yang di tumbuk bersama kelapa dan garam. Rasanya gurih dan legit. Nah..yang khas itu Jadah ini di makan bersama tahu dan tempe bacem. Cara makanya, tahu atau tempe bacemnya di letakkan di antara dua jadah, jadi dech..burger Jawa..hihi. Tapi ini..walau terkesan makanan ndeso, ini beneran enak teman-teman..cobain dech..kalau pas main ke Kaliurang ya. Pilih yang di kasawan pasar Tlogo Putri ya..di sana banyak yang jual, lebih menggoda penampakannya, dan bisa memilih mana yang di suka. Harganya juga murah meriah..beli 5 - 10 ribu aja dapat banyak kok. Waktu yang paling tepat, kalau mau menikmati kuliner khas Kaliurang ini, pagi hingga menjelang siang ya..jadi masih fresh jadah dan tahu bacemnya..dan belum banyak kena debu..hihi. Karena biasa pada di jual di wadah-wadah terbuka gitu di sana. Tapi buat aku sich..sangat menarik untuk di foto malahan. Melihat aneka bacem di tumpuk indah di atas baskom..duch lebih menarik daripada memotret model cantik..Lol..!











Setelah capek seharian berpetulang di Kaliurang, waktunya istirahat. Untung sebelumnya jauh-jauh hari aku sudah mencari informasi hotel dan resort di Yogya, melalui Wego Indonesia, jadi nggak perlu repot lagi mencari tempat menginap yang bagus secara dadakan, karena biasa..di musim liburan pasti susah kalau mencari  langsung. Jadi..sebelum melakukan perjalanan wisata, lebih baik jauh hari sebelumnya, kita mempersiapkan semua terlebih dahulu teman-teman. Misal, jika teman-teman dari luar daerah, tentu saja tiket pesawat harus di pesan jauh-jauh hari ya. Nah..sekarang ini, sangat mudah sekali ya memesan tiket pesawat secara online, salah satunya melalui Wego.co.id.

Kemaren juga aku menemukan informasi resort-resort cantik di sekitar Kaliurang melalui Wego. Pertama kemaren mau menginap di Joglo Plawang..tapi roomnya penuh. Akhirnya pindah ke Omkara resort saja, sama bagusnya. Jika kita mau memesan Hotel atau resort melalui Wego, cara mencarinya mudah, tinggal buka www.wego.co.id, ketik Hotel daerah Yogyakarta yang lokasinya berada di daerah Kaliurang, nah..dari situ akan muncul beberapa pilihan hotel, dari yang kelas resort hingga biasa. Tinggal kita cek satu persatu fasilitas, foto-foto, dll. Jika sudah sreg, tinggal klik pesanan kamar melalaui Wego. Mudah dan nyaman..nggak perlu repot dech mencari tempat menginap selama liburan kita.

Ini dia Omkara Resort tempat kami menginap kemaren..enak banget tempatnya. Asri, sejuk dan eksotis di tepi sungai...hihi. Suasananya itu damai, agak sepi memang, tapi aku malah suka, karena nggak crowded, serta fasilitas lengkap dan yang paling aku suka itu style resortnya..style aku banget...dekat dengan alam.  Paling suka resort-resort yang membumi begini, dari desain arsiktekturenya hingga furniture, dll..suka banget. Bersih dan punya citarasa tersendiri di hati. Mungkin karena yang punya Mr. David..beliau orang Australia yang tinggal di Bali sekarang, jadi banyak ornamen Bali yang di impor dan di bawa ke Yogya untuk menghiasi resortnya ini..jadi Yogya..berasa Bali gitu...hihi. Untuk harga permalam juga masih normal dan wajar, yang villa satu kamar di bawah satu juta ada..yang villa besar untuk bisa dua keluarga sekitar 4 jutaan ke atas.

Oke, langsung saja ini view di Omkara Resort, yang terletak di Jl. Kaliurang Km 14 di tepi sungai Boyong kaliurang Yogyakarta..resort yang cocok jika teman-teman berlibur ke Kaliurang nich.















Villa ini masih terhitung baru untuk bangunan tambahannya, dulu aslinya Villa pribadi keluarga, sekarang sudah banyak tambahan kamar yang di sewakan untuk umum. Jadi yang paling aku suka itu kamarnya simple, klasik dan bersih, kamar mandinya saja bersih sekali. Semua perabotan juga baru, bersih dan style klasik..pokoknya selera aku banget. Untuk tamu yang menginap, juga ada restorannya, makan pagi tersedia. Namun saran aku, jika menginap di sana..pilih menu-menu yang fresh dan simpel aja yang langsung di masak, misal Nasi Goreng atau Sate, dll. Jadi lebih fresh, bukan makanan yang sudah di freezer, karena di sana tidak banyak tamu yang menginap seperti di hotel kota ya..jadi stok makanan untuk makan pagi atau makan malam di restorannya tentu saja tidak selengkap hotel di kota.
 









Oke...semoga bermanfat ya sedikit info mengenai liburan kami di Kaliurang Yogyakarta...sampai ketemu lagi di petualangan lain ya..! ^_^


1 comment :

  1. Widiihh... seru banget ya mbak liburannya.... dan itu... bacemannya... menggoda banget hihihi

    ReplyDelete