Tuesday, September 20, 2016

Tips Usaha Leker Dengan Wajan Putar


Hari ini Yodha ulang tahun..horee...!
Kemaren dia minta di buatin Leker aja untuk di bawa ke sekolah. Udah nggak mau di rayain seperti tahun-tahun kemaren..udah besar katanya. Mau berbagi snack aja dengan teman-teman. Tapi..jangan salah..sebagai gantinya..request hadiahnya..Lego beberapa box..yang original..nggak mau Lego palsu yang murah..hahah. Banyak akal memang Yodha itu..Lol...! Gak apa-apa dech..yang penting lihat dia senyum-senyum..waktu bangun pagi aku masakin spesial..terus buka kado dapat Lego..begitu bahagia...kami pun ikut bahagia..sebagai orang tua. Jadi untuk Yodha saat ini..bahagia itu..jika koleksi Legonya bertambah..hahah.

Karena harus buat Leker dalam jumlah banyak, kemaren aku menyewa alat khusus untuk membuat Leker, wajan yang bisa di putar. Kalau memakai wajan kewalik agak lama jika membuat Leker dalam jumlah banyak, jadi biasa jika buat sendiri aja. Jika memakai Wajan memutar ini cepat sekali matangnya. Wajannya itu ada putaran khusus manual, yang di gerakkan dengan tangan, dengan bahan besi yang stabil panasnya, maka akan di hasilkan leker yang cepat matang dalam waktu singkat dan rata matangnya. Nggak nyampai satu menit udah kering lekernya...hihi. Wah...jadi enteng buat Leker 2 kg TEPUNG LEKER, dalam waktu singkat. Dan hasil jadinya...banyak banget..cukup bisa di nikmati semua teman-teman Yodha. Pulang sekolah kemaren pun Yodha makan 10 lembar lebih..hahah. Untung jadinya banyak lho. 1 Kg TEPUNG LEKER itu bisa jadi 130 an lembar..lebih malah kemaren. Jadilah kemaren seharian rempong dengan urusan Leker..bikin video tutorial sekalian, jadi kemaren absen posting resep baru. Hihi..biasa teman-teman...suka heboh..kalau anak ulang tahun ya..hebohnya itu seru sich..dari pada cuma beli snack jadi gitu ya buat ultah anak.

Karena mau di bawa ke sekolah hari ini, maka kemaren sengaja isiannya itu yang kering aja...seperti olesan Ovomaltine, milo, meises dan keju aja...biar bisa awet kriuk. Dan beneran..sampai tadi mau di bawa ke sekolah..udah aku kemas cantik..dan masih tetep kriuk renyah lekernya. Kuncinya, panggang leker hingga benar-benar kering, dinginkan sebentar, lalu di kemas dalam plastik tertutup. Awet kriuk dech hingga 2 - 3 hari. Untuk kemasan kemaren mau pakai *paper bag khusus makanan seperti kantong brownies cookies kemaren, tapi pas habis stok, jadi pakai plastik saja. Terus luarnya aku tempel stiker yang kita buat sendiri, dan di print aja di tempat cetak atau printing digital, murah kok itu. Jadi kemasannya makin cantik kan.



Nah..semoga bisa jadi ide usaha ya teman-teman..untuk yang bingung mau usaha apa..siapa tahu berjodoh..dengan usaha kue Leker..silahkan di coba. Untuk adonan, aku pakai TEPUNG LEKER praktis jualanku, cara memakainya mudah..cukup di blender saja hingga rata dengan bahan tambahan lain, sesuai takaran yang ada di kemasan. Selanjutnya, tinggal di panggang dan di beri isian sesuai selera, dari leker Jadul isi  pisang raja hingga yang *kekinian isi Ovomaltine, Oreo, Gree tea, Kit kat, dll..sesuai selera. Bisa juga di buat isian gurih, seperti keju atau sosis, telur, dll. Semua enak dech. Harga jual yang termurah biasanya meises...2 ribu rupiah saja hingga yang isi *kekinian bisa mencapai 15 ribu lho satu lembar leker.

Untuk video cara memakai wajan berputar, aku buat totorialnya juga kemaren, ada di You Tube dan instagram aku di akun @bunda_didi Jika teman-teman berminat mencoba tepungnya, silahkan sms atau wa ke 089654712500 ya. Untuk alatnya, bisa memakai wajan kewalik atau jika mau praktis untuk rumahan, pakai wajan memutar yang jika mau untuk usaha, agar lebih cepat matang dan keringnya. Kemaren aku tanya ke tukang Leker yang aku sewa alatnya itu harganya bersama dengan tempatnya sekitar 1 jutaan alatnya dan memang harus pesan khusus, karena tidak di jual bebas alat pembuat leker putar seperti ini.



Oke...ini dia foto-foto kue Leker yang kita buat memakai wajan putar dari kemaren, dan tetap awet kriuk, dan tetap cantik hingga tadi mau di bawa ke sekolah Yodha. Jika mau di konsumsi sendiri, bisa juga memakai wajan kewalik ya teman-teman. Ulasan tentang wajan kewalik dan cara pakainya, sudah pernah aku ulas juga di web ini...silahkan cek di SINI ada video tutorialnya juga di You Tube aku ya..silahkan cek di sini :


Semoga bermanfaat ya sedikit tips usaha dari aku..sampai ketemu lagi ya..! ^_^






6 comments :

  1. Saya baru tau ada makanan jenis ini. Tepungnya khusus, ya Mbak Diah? Penasaran ama kuenya.

    ReplyDelete
  2. mbak Diah, lekernya diisi meises atau coklat apa nggak basah tengahnya? bagaimana tipsnya supaya bagian tengah yang ada isiannya tetap crispy?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meises dan keju.di panggang jd kering juga mba..:)

      Delete
  3. knp skr g pernah di bls ya klo koment di blok mbk diah. g kayak taun dlu dulu. dulu cuma bilang ucapan trimaksh ja di bls. skr mah g... itu ada yg tanya di anggurin gitu aja.... cuma nyampein saran aja mbk. soalx artikel di atas panjang bngt... jd klo org baca pasti banyak pnasaran dan mngkin pngen nambah wawasan jg dri mbk diah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mba atau Mas ?
      Ya mohon di maklumi ya...kesibukan masing2 orang beda...maunya sich selalu bisa jawab..tapi kadang2 keadaaan tidak memungkinkan.Waktu Saya tidak seluang dulu.. Masing2 kita punya tanggung jawab terhadap banyak pekerjaan lain, dll...jadi sebisa mungkin semua bisa selesai..apalagi semua di kerjakan sendiri. Jika ada pertanyaan urgent..silahkan wa atau sms...biasanya lebih cepat respon.

      Delete