Saturday, September 24, 2016

Vanilla Butter Cake


Wah..lama juga nggak bikin kue atau roti dan cake..tenggelam oleh pekerjaan..jadi nggak sempat bikin-bikin yang ribet. Kalau masak ya wajib ya..tiap hari untuk anak dan suami..hihi. Nah..kemaren sempat buat kue ini..iseng aja menghabiskan bahan. Ada sebungkus margarin yang lama nganggur..kok ya kepengen bikin butter cake. Plus memanfaatkan vanilla ekstrak Ny Liem sebotol besar yang masih utuh, waktu aku beli di pameran beberapa waktu lalu...hihi. kalau untuk kue-kue tradisional, aku lebih suka vanili...jadi kalau vanilla yang aromanya kuat ini cocoknya buat cake atau cookies, kalau aku. Walaupun judulnya butter cake..tapi aku kok lebih suka ya bikin pakai margarin..hihi. Lidah jadulku..belum begitu nerima rasa dan aroma butter..apalagi yang butter mahal..yang menurutku malah *mblenger...Lol !

Jadi, margarin adalah pilihanku ketika bikin cake atau kue..atau malah kadang suka pakai minyak goreng...lebih light ( ringan ) rasanya. untuk membuat butter cake juga..aku lebih suka pakai margarin. Nggak masalah..tetep enak kok. Jadi, Butter Cake itu adalah cake yang tehnik pembuatannya , margarain atau mentega di kocok terlebih dahulu bersama gula, baru masuk telur satu persatu, serta bahan lain baru masuk.

Tekture cakenya, tentu saja leih padat daripada sponge cake yang telur dan gula di kocok terlebih dahulu. Namun jika tehnik membuatnya benar, butter cak ebisa moist juga rasanya. Untuk membuat butter cake, relatif lebih mudah di banding sponge cake. Ada dua tehnik butter cake, ada yang telur di kocok terpisah, ada juga yang langsung. Oke...langsung saja ya ini dia resepnya..jika mau coba teman-teman...kali ini aku buat yang putih telurnya di kocok terpisah. Ini resep dasar ya..bisa di modifikasi jadi aneka resep cake lain, misal, cake buah kering, cake pisang, dll.
Vanilla Butter cake

Bahan :
200 gram margarin ( bener ya 200 gram kayaknya sekarang margarin..kemasannya, pokoknya 1 sachet itu lho )
4 butir telur, pisahkan putih dan kuningnya
170 gram gula pasir
180 gram tepung terigu protein sedang
20 gram maizena
1 sendok teh baking powder
60 ml susu cair
1 sendok teh ekstrak vanilla ( yang pekat )

Cara Membuat :
Kocok putih telur hingga setengah mengembang, masukkan 30 gram gula pasir, sedikit demi sedikit sambil di kocok hingga mengembang dan kaku, sisihkan
Kocok margarin dan sisa gula hingga putih dan lembut, masukkan kuning telur satu persatu, kocok hingga rata
Masukkan tepung bergatian dengan susu cair, aduk rata dengan spatula
masukkan kocokan putih telur, sedikit demi sedikit sambil di aduk rata
Tuang ke dalam cetakan atau loyang sesuai selera ( aku pakai cup )
Panggang 45 menit di suhu sedang hingga matang

11 comments :

  1. Mba di itu telurny brapa butir ya?kok ga keliatan cm tau" pisahkan antara kuning am putihny
    Trus memang ga make cream of tar tar ya pas ngocok putih telurnya?

    ReplyDelete
  2. Krim of tar tar bisa dignti perasan jeruk nipis ..

    ReplyDelete
  3. Krim of tar tar bisa dignti perasan jeruk nipis ..

    ReplyDelete
  4. wihh enak banget itu bu,, makasih loh resepnya, nanti bisa saya coba di rumah :-)

    ReplyDelete
  5. Telurnya berapa butir mb Diah? Nggak ada di bahan jumlah nya. Trims.

    ReplyDelete
  6. Tadi saya baca kalo gak salah telurnya 4 butir

    ReplyDelete
  7. telurnya berapa butir ya mbak? aku mau langsung coba praktik nih sama istri. hehe

    ReplyDelete