Friday, September 16, 2016

Nasi Gurih Kongbap Plus Empal Basah Daging Sapi


Hari ini mau bahas tentang Kongbap lagi ya teman-teman. Itu lho..campuran berbagai macam biji-bijian kaya serat yang aku  konsumsi setiap hari sekarang ini dan sering aku ulas di web. Beberapa teman sering menanyakan tentang Kongbap kepadaku, apa Kongbap hanya bisa di makan dengan lauk khusus atau di buat olahan khusus seperti di video resep yang aku buat ?..Tentu tidak...Kongap itu bisa kita konsumsi setiap hari dengan lauk bebas kok teman-teman. Mau lauk kering hingga berkuah..bisa..!

Jadi Kongbap itu merupakan campuran 10 macam biji-bijian kaya serat, yang bisa kita campur ke dalam nasi ketika kita memasak nasi seperti biasa. Nasi nggak berubah rasa, dan bisa di buat pulen, atau mau pero nasinya..ya seperti biasa, kalau kita memasak nasi. Cuma warna nasinya saja yang sedikit berbeda, ada bintik warna warni, tapi malah cantik menurutku..hihi. Tradisi memakan nasi dengan campuran biji-bijian kaya serat ini di adaptasi dari budaya warga Korea dan Jepang, yang sekarang di buat lebih praktis. Dalam satu sachet kemasan Kongbap...sudah kompet terdiri dari 10 macam biji-bjian, tinggal kita campur ketika kita menanak nasi seperti biasa.


Pemakaiannya mudah, dan nasi juga nggak berubah rasanya, serta manfaat asupan serat yang berguna buat kita, membuatku selau rutin memasak Nasi memakai Kongbap ini. Yodha juga nggak pernah protes..dan di makan pakai lauk apa saja juga enak Nasi Kongbap ini. Oh ya..selain di buat untuk campuran nasi harian, kita juga bisa berkreasi dengan Kongbap ini dan mengolahnya menjadi aneka hidangan berbahan Nasi yang spesial, seperti kemaren aku buat Nasi Hainan, Nasi Kebuli, dll. Coba cek video resepku di You Tube ya.

Nah..kali ini aku  buat Nasi Gurih ala Kongbap. Pakai rice cooker saja..praktis. Cara memasak seperti membuat Nasi biasa di rice cooker, nah..ketika sudah hampir matang nasinya, segera masukkan santan instan kental, lalu biarkan hingga tanak nasinya. Rasanya..enak dan gurih...sama seperti Nasi gurih yang kita kukus biasa. Praktis dan mudah..membuat aneka olahan Nasi dengan Kongbap ini kok teman-teman. 

Oh iya..Kongbap juga lagi ada event lho di bulan September ini, ada event Ricevolution..ayuk..yang suka masak..ikutan ya...hadiahnya okeh lho..:)


Oke..sekarang langsung saja aku share resep Nasi Gurih Kongbap nya ya..sama Empal Pedasnya..sekalian dech...selamat mencoba, jika suka...

Nasi Gurih Kongbap

Bahan :
2 cup beras ( sekitar 250 gram )
1 sachet KONGBAP
300 ml air / lebih..tergantung mau pero atau pule ( seperti biasa kita memasak nasi )
1 sachet kecil santan instan
2 lembar daun salam
1 sendok teh garam

Cara Membuat :
Masukkan beras putih yang sudah di cuci dan air ke dalam rice cooker
Taburkan kongbap ( tidak perlu di cuci )
Masukkan garam, daun salam
Masak nasi seperti biasa
Setelah Nasi hampir matang, masukkan santan instanAduk rata dan biarkan hingga matang dan tanak nasinya

Empal Basah

Bahan :
500 gram daging sapi 
2 lembar daun salam
3 cm lengkuas
1 batang serai
50 gram gula merah
1 sendok teh air asam Jawa
1 sendok teh kaldu dapi dan garam sesuai selera
700 ml santan ( aku pakai 1 sachet santan instan plus air )
1 sendok makan kecap manis ( sesuai selera )

Bumbu halus :
8 butir bawnag merah
3 siung bawang putih
4 butir kemiri, sangrai
1/2 sendok makan ketumbar
1/4 sendok teh merica butiran

Cara Membuat :
Presto daging 10 menit agar sedikit empuk 
Masukkan semua bahan dan bumbu halus ke dalam panci ( kecuali kecap manis )
Tutup panci
Masak dengan api kecil hingga bumbu meresap dan kuah mengental menyelimuti bumbu
Koreksi rasa
Masukkan kecap manis, aduk rata

Tips :
Jika tidak ada panci presto, daging bisa langsung di ungkep dengan bumbu, tambah jumlah santan menjadi 1000 ml jika perlu, karena jika mau empuk butuh waktu lama untuk memasak daging yang di ungkep langsung

3 comments :

  1. Empal basah sdh kucb resepnya mbak,cm kongbapnya yg gak ada,jd pake nasi biasa wae lah....😀

    ReplyDelete
  2. Empal basah sdh kucb resepnya mbak,cm kongbapnya yg gak ada,jd pake nasi biasa wae lah....😀

    ReplyDelete
  3. Mba itu santan sachet kecilnya yg brp ml yah? Mksh.

    ReplyDelete