Friday, September 9, 2016

Oseng Mercon Tetelan dan Kikil


Masih menu serba daging ya teman-teman...dalam rangka menyambut hari Raya nanti, pasti banyak stok daging di rumah kan. Nah..kali ini...aku akan kasih satu resep yang menggunakan daging yang tetelan ya. Biasanya pada bingung tuch bunda di rumah..mau di masak apa tetelan. Jangan bingung ya..justru tetelan ini bagian daging yang enak menurutku..hihi. Kalau daging has..lulur, dll..aku malah bosan makannya..karena cuma daging aja. Tapi..kalau bagian tetelan..sandung lamur, tapak walang, dll itu enak sekali di buat aneka masakan..suka dech.

Nah..salah satu masakan andalanku nich..dari Yogya..yang dari dulu udah aku share dan banyak viewernya adalah Oseng-Oseng Mercon khas Yogya. Buat teman-teman yang dari lama ngikutin web aku..pasti udah tau ya resep ini. Nah..buat teman-teman yang masih baru mampir ke dapurku ini..oke dech aku share aja lagi ya..biar lebih jelas. Jadi...Oseng Mercon ini menu pedas khas Yogya. Sebelum seperti sekarang ini marak aneka menu pedas berlevel yang di jual di resto hingga warung..di Yogya..sudah sejak dulu terkenal menu ini..Oseng-Oseng mercon. 

Oseng-oseng mercon biasa di buat dari daging tetelan atau koyoran atau apapun yang berlemak, jadi  lebih gurih. Kali ini aku kombinasikan tetelan dan kikil. jadi biar ada variasi rasanya. Makan pakai Oseng-Oseng Mercon ini di jamin nambah..dan  ngabisin nasi..hahah. jangan lupa..minum air putih yang banyak ya..jika makan menu pedas seperti ini. Tapi jika belum terbiasa makan pedas, cabai boleh di kurangi ya..atau hilangkan bijinya. Hati-hati ya...kalau makan Oseng-oseng ini ada efek sampingnya...! Apa itu..?..Bikin ketagihan...hahah...istilah orang Jawa...*kapok lombok...kepedesan..tapi pengen nyuap terus..Lol! Tapi..memang sensasi pedasnya itu lho yang bikin enak dan nagih..beneran...hihi. Yukk ahh..langsung saja di coba ya resepnya :)



Oseng-Oseng  Mercon

Bahan :
300 gram daging sapi bagian tetelan 
200 gram kikil
200 gram cabe rawit merah
8 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 cm lengkuas, memarkan
1 cm jahe, memarkan
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
1 sendok teh kaldu sapi dan garam secukupnya jika perlu
1 sendok makan gula merah ( sesuai selera )
250 ml air

Cara Membuat :
Rebus daging dan kikil terpisah dengan sedikit garam hingga matang ( aku pakai presto ), potong-potong
Goreng cabai, bawang merah dan bawang putih hingga layu
Haluskan kasar
Tumis kembali cabai dan bawang hingga harum dan matang
Masukkan daging, air dan semua bumbu
Tutup panci, masak dengan api kecil hingga bumbu meresap dan kuah menyusut
Koreksi rasa
Sajikan hangat




Untuk lebih jelasnya, aku ada video tutorialnya juga di Sini ya :


3 comments :

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Mbak Diah tumis merconnya enak banget. Aku pikir rasanya bakal sambel banget karena bahannya cabe, bawang merah dan bawang putih. Ternyata daun salam, daun jeruk dan lengkuasnya ngasih rasa seger diantara rasa pedes. Cuma cabenya aq kurangin separoh karena daging dan kikil q g sebanyak mbak diah. next time bumbu ini bakal tak coba buat ceker mercon. kayaknya sih cocok. makasih y mbak.

    ReplyDelete