Thursday, September 22, 2016

Gule Jawa


Kemaren nggak masak lauk..badan meriang banget..cuma sempat goreng keripik singkong itu aja di sambi leyeh-leyeh di bantuin mba art ku..:D
Memang lagi di suruh leyeh-leyeh kayaknya. Tapi pikirannya nggak bisa juga istirahat, tetep mikir kerjaan..leyeh-leyeh sambil pegang hap..balesi orderan, dll..hihi. Sampai sore tuch tambah parah sampai mau masak daging buat Yodha nggak kuat..padahal udah aku presto. Akhirnya pagi ini baru aku sempat masak. Buat gule aja..enak..dan seger.

Kemaren sore leyeh-leyeh hingga malem sama Yodha di depan tivi..nonton drama Korea Two world. Tumben Yodha nggak protes nonton Drama Korea..malah sesekali liat sambil main lego. Kemaren nonton Two World..ceritanya memang seru..jadi Yodha tertarik...yaitu dua dunia..dunia nyata sama dunia web toon serta Komik..hahah. Yodha kan lagi suka bikin cerita animasi..karena di sekolahnya ada club animasi...jadi dia tertarik ceritanya. Lucu dan seru..serta romantis juga..walau kalau bagian romantis Yodha nggak minat. Senengnya..kalau pas tokoh utama bolak balik ke dunia nyata atau dunia web toon..lewat komputer..baru dia tertarik. "Gimana caranya itu Mi..itu orang bisa masuk komputer..kata Yodha ! " hahah. Ya nggak tau Kak..lha wong cuma drama ya penuh khayalan ya bebas lah ya.

Tapi Two World ini unik ceritanya..kisah cinta dua dunia..hihi. Seorang gadis , dokter di sebuah rumah sakit yang jatuh cinta pada pemuda tampan nan kaya raya..alias Milyader...tapi sayangnya cuma ada tokoh komik..hihi. Pemain utama wanita itu Han Hyo Joo...aah...aku masih ingat senyum khasnya, waktu main di Dong Yi...salah satu drama Korea yang bergenre kerajaan favoritku, bertema sejarah, tapi romantis banget..hihi. Ada aja idenya dech..drama Korea terbaru ini. Pokoknya kudu nonton ya suka drama Korea yang masih fresh ini, belum lama juga tamatnya di Korea sana. Ah..kalau aku beberapa jam juga tamat nontonnya..hahah. Skip adegan yang nggak penting...yang penting tau cerita dan endingnya...Lol..! Selain Two World...Let's Fight Ghost juga salah satu drama Korea terbaru favoritku tahun ini. Lucu dan seru. Aku yang biasanya nggak suka liat drama horor...jadi nggak takut nontonnya...karena lucu-lucu hantunya.Yang tokoh utama malah cantik hantunya...hahah.

Ok..pagi-pagi ngomongin drama Korea..tapi nggak masak menu  Korea ini ya..masaknya tetep menu Jowo...hihi. Karena ada stock daging yang udah di presto kemaren..plus jerohan dikit, jadi kepengen buat gule aja yang seger rasanya. Sudah pasti Gule ala Jawa ya..bukan gule ala masakan Padang yang kental santan dan berempah. Kalau Gule ala Jawa ini santannya encer, rasanya ringan. Paling enak di nikmati berkuah gitu, jadi seger sekali rasanya. Di makan hangat-hangat memakai sambal kecap atau nyeplus cabai rawit aja udah enak.

Kalau di tempatku di Yogya, jika ada hajatan, menu makannya kan di taruh di piring-piring gitu, nah..salah satu yang cocok ya Gule kampung ini. Jadi gulenya biar hemat   sudah di taruh di piring-piring tiap satu porsi, sudah di kasih lalap kol iris mentah, sama cabe rawit mentah..terus nanti nasinya bisa ambil sendiri-sendiri. Rasanya itu enak dan seger...nggak neg. Biasa pakai kerupuk udang juga satu di taruh sekalian di atas piring. Hajatan ala ndeso gitu..hemat...hahah.

Oke langsung saja ya..Gule Jowo ala ibuku, ini dia resepnya :
Gule Jowo

Bahan :
500 gram daging tetelan ( boleh campur jerohan )
1500 ml santan jangan terlalu kental
2 lembar daun salam , 3 cm lengkuas, memarkan
1 batang serai
2 lembar daun jeruk purut
1 sendok makan gula merah
1 sendok teh garam ( secukupnya )
1 sendok teh kaldu sapi
2 cm kayu manis
1 buah kapulaga ( gak pakai gak masalah )

Pelengkap :
Sambel kecap
Cabai rawit kecil
Bawang goreng
Kol segar, rajang halus

Bumbu Halus :
8 butir bawang emrah
3 siung bawang putih
4 butir kemiri, sangrai
1 sendok teh ketumbar, sangrai
1/4 sendok teh jintan
1/4 sendok teh merica butiran
2 cm kunyit , bakar
1 cm jahe

Cara Membuat :
Tumis bumbu halus hingga matang betul
Masukkan santan dan semua bumbu
Didihkan
Masukkan daging
masak dengan api kecil hingga meresap
Koreksi rasa
Sajikan hangat dengan pelengkap



No comments :

Post a Comment