Monday, September 26, 2016

Tongseng Sapi


Ini postingan sebenernya lanjutan dari waktu kemaren aku buat Gule ala Jawa ya teman-teman. Karena Gule masih sisa, kemaren aku buat Tongseng. Jadi..ini bedanya Gule atau Gulai ala Jawa dari Gulai daerah lain. Kalau di Jawa..Gule..jika tidak habis..ataupun jika masih ada kuah dan dagingnya udah habis, jangan di buang..masih bisa di manfaatkan jadi hidangan lain yang berbeda dan lebih enak..yaitu Tongseng..hihi. Jadi ada beberapa cara membuat Tongseng. Ada yang dari bumbu di ulek langsung, atau pakai cara memakai Gule yang sudah matang seperti ini

Tongseng..pasti udah tau dan pernah makan ya teman-teman yang tinggal di Jawa. Tongseng itu..biasa daging Kambing, di jual di warung-warung sate Kambing. Selain menjual Sate, biasa tersedia juga Gule dan Tongseng. Nah..biasanya..kalau kita pesan Tongseng di warung sate, penjual akan memasak tongseng dalam waktu singkat, karena..ya itu tadi..bahan dasarnya sudah matang, yaitu Gule..atau Gulai Kambingnya. Tinggal di tambah bumbu lagi dan bahan lain, citarasa jadi berubah total dan lebih enak rasanya.

Jadi penjualnya, tinggal menumis bawang merah dan bawang putih, masukkan Gule , kecap manis, merica bubuk, kol dan daun bawang serta tomat, bisa juga cabe iris jika mau pedas, udah..gitu aja langsung di masak cepat hingga sayuran layu. Sangat mudah dan praktis kan. Jadi..jika punya sisa Gule, jangan di buang ya teman-teman..yukk..kita bikin Tongseng aja. Ini dia resepnya ya, ini versi yang memakai Gule Sapi ala Jawa yang aku udah posting kemaren di SINI. Jika mau resep Tongseng lain yang praktis atau yang dari awal memasak ada juga di webku ini, di search aja ya resep aneka Tongseng.
Tongseng sapi

Bahan :
2 mangkuk Gule Jawa, kira-kira untuk 3 porsi ( resep di SINI )
6 butir bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis
1 batang daun bawang, iris tipis
5 lembar kol, potong kasar
1 buah tomat, belah jadi 6 bagian
2 sendok makan kecap manis
1/4 sendok teh merica bubuk
Sedikit garam lagi jika perlu
Cabai rawit sesuai selera, bisa utuh atau di iris

Cara Membuat :
Tumis  bawang merah, bawang putih hingga harum dan matang
Masukkan Gule Sapi
Masukkan bumbu lain
Didihkan
Masukkan semua sayuran
Koreksi rasa
Angkat, segera sajikan hangat


1 comment :

  1. wah ada resepnya juga, makasih banyak mbak, tak coba buat di rumah, semoga jadi dan enak seperti di gambarnya mbak..

    ReplyDelete