Tuesday, September 6, 2016

Tips Membuat Tahu Isi Gendut...^_^


Suka gemes nggak sich..kalau beli tahu isi sayur di Abang penjual goreng..suka nggak ada isinya. Udah isinya dikit..kadang anyep...kadang juga..bau kol aneh..hihi. Ya memang begitu dech..kalau beli itu kadang kurang sesuai selera ya teman-teman. Jadi..lebih baik..memang membuat sendiri di rumah..jika mau makan gorengan. Pastinya gorengan lebih enak..bersih, dan tentu saja minyak juga terjamin.

Tahu isi..adalah salah satu gorengan favorit aku dan Yodha juga. dia suka tahu isi sayuran seperti ini. Kalau tahu bakso malah kurang suka Yodha. Tahu isi sayuran berbalut tepung yang gurih memang enak. ada bermacam versi ya..ada yang versi memakai tahu pong yang tahunya tipis berkantung, ada juga yang memakai tahu versi agak basah seperti yang aku buat sekarang ini. Kalau memakai tahu pong yang kopong itu praktis, isinya bisa banyak, karena tahunya sudah membentuk kantong gitu. Nah..masalahnya..ada juga teman-teman yang di daerahnya kesulitan mencari tahu pong, maka bisa memakai tahu basah kok.

Pertama goreng tahunya hingga berkulit agar lebih kokoh ketika di isi. Belah jadi dua menyerong agar lebih cantik. Buat lubang di tengah, tidak sampai putus ya, lalau beri isian tumisan sayur yang agak banyak, sambil di tekan ke dalam tahunya. Hati-hati menekannya agar tida sobek ya. Nah..selanjutnya tinggal di celup adonan tepung, lalu di goreng. Tapi jika suka lebih sehat..tahu isi seperti ini sudah bisa langsung di makan kok..jangan lupa bumbuin tahunya jika mau di makan langsung tanpa tepung ya..biar nggak anyep..hihi.

Untuk adonan tepungnya, untuk tahu isi yang memakai tahu basah, sebaiknya adonan yang agak kental, seperti adonan kalau kita membuat tempe mendoan. Jadi isian tahu akan aman dan rapi nggak belepotan. Jika suka adona yang tipsi cair dan hasilnya rneyah, itu cocoknya memakai tahu pong yang isinya bisa rapat berada di dalam tahu. Untuk adonan tepung tahu isi ini sama seperti adonan mendoan bumbunya. jadi..aku suka pakai Tepung Mendoan siap pakai aja..lebih praktis..hihi.

Oke dech semoga bermanfaat ya sedikit tips hari ini teman-teman. Untuk resep tahu isi, sudah sering aku posting ya resepnya di sini..beberapa versi malah. Monggo di search saja resepnya jika perlu. Untuk lebih jelasnya tips membuat tahu isi yang ndut ini, silahkan cek video singkatnya di Instagram aku yang aku posting hari ini di akun : @bunda_didi ya teman-teman. Setiap hari ada tips atau video singkat live dari dapur aku. Jangan lupa follow akun aku ya..jika mau update terus.

Kayak gini tepung mendoan produk aku nich teman-teman..bisa untuk adonan pencelup tempe mendoan, tahu isi, misoa, rollade daun singkong..goreng bawang bombay, ikan keranjang, dll..serba guna dech. Seperti biasa..kalau mau order tepung-tepung juga boleh lho..hihi. Sms atau wa saja ke 089654712500 ya. Sampai ketemu lagi besok dengan resep harian terbaru ya.









1 comment :

  1. Saya pernah beberapa kali buat tahu isi sayur dan bakso. Karena di Cikarang susah nyari tahu pong, paling adanya tahu sumedang makanya pake tahu basah. Dan Semua isinya pada nyebar gak karuan 😅
    Sampe sekarang masih kapok mau buat lg. Padahal juga sudah pas lo kekentalan tepungnya... Macam buat bakwan goreng yg dijual abang2 itu.

    Kapan-kapan deh coba lagi... Biar kayak yang digambar mb. Diah itu 😍

    ReplyDelete