Wednesday, September 21, 2016

Keripik Singkong


Di pasar lagi banyak singkong bagus sekarang ini. Tuanya pas dan sempurna untuk di olah menjadi aneka jajanan. Jadi ternyata memang singkong itu musiman. Kalau bulan-bulan tertentu itu panennya udah pas tuanya, maka singkongnya juga bagus-bagus dan mempur ketika di olah. waktu lihat singkong di pasar kok ya jadi pengen borong. Tapi seperti biasa, karena lagi agak sibuk, belum sempat mengolahnya dari kemaren. Akhirnya dari pada sayang, di buat keripik saja dulu. Yang mudah dan cepat.

Membuat keripik singkong agar empuk, pilih singkong yang berkualitas bagus ya..yang tua dan mempur. Cirinya seperti foto di bawah ini. Kulita bagian dalamnya itu pink dan ketika di kupas mudah sekali. Tinggal di tarik pakai tangan juga bisa setelah di kerat kulitnya. Singkong seperti ini sangat enak sekali di olah jadi aneka jajanan..atau bahkan di rebus saja sudah enak sekali. Rasanya empuk dan mempur.


Untuk membuat keripik singkong, setelah singkong di bersihkan, iris tipis-tipis. Di beri bumbu sesuai selera, lalu di goreng di minyak banyak dan terendam agar bisa kering dan matang sempurna. Biar lebih cantik, pakai pisau khusus yang bergerigi atau serutan khusus keripik, banyak di jual di pasaran. Jika mau keripik singkong bisa di beri bumbu tabur sesuai selera, agar lebih enak rasanya. Tapi jika mau original gurih juga sudah enak rasanya.

Ini versi yang keripik klasik biasa. Di Semarang juga banyak di jual Keripik Singkong presto, yang rasanya empuk dan renyah. Besok aku coba lagi dech jika ada waktu. Oke...selamat mencoba ya teman-teman..siapa tahu bisa jadi ide usaha, jika di daerah teman-teman..singkong murah harganya..:). Ini versi yang plain sedikit gurih saja ya, karena yang versi untuk di taburi bumbu tabur. Jika mau versi yang sudah gurih tapi bumbu tabur..bisa di tambah bawang putih, ketumbar, dll...sebelum di goreng.

Keripik Singkong

Bahan :
1 kg singkong, pilih yang ukuran hampir sama
1500 ml air
2 sendok teh garam
2 sendok teh air kapur sirih
Minyak secukupnya

Cara Membuat :
Bersihkan singkong, iris tipis sesuai selera
rendam dengan air, garam dan air kapur sirih selama 30 menit
Tiriskan dan cuci kembali hingga bersih
Goreng hingga kering dan renyah
Sajikan dengan bumbu tabur sesuai selera





4 comments :

  1. Makanan yang mulut nggak bisa berhenti ngunyah kalau belum habis :D

    ReplyDelete
  2. enak banget, mb Diah. bikin mau icip lagi dan lagi :D

    ReplyDelete
  3. Waaah ini cemilan yang bikin nagihm ternyata bisa di buat sendiri hiihii

    Biasanya mah beli di toko toko

    ReplyDelete
  4. mbak Ila dan Mbak Laili: Selain enak, singkong juga aman untuk penderita diabetes. Sebenarnya singkong mengandung karbohidrat yang sama seperti nasi, cukup untuk memberikan asupan energi dan nutrisi pada tubuh.

    Meskipun singkong mengandung karbohidrat, tapi sifat karbohidrat pada singkong sangat berbeda dengan nasi, maka penderita diabetes masih bisa mengkonsumsi singkong sebagai menu utamanya.

    Sifat karbohidrat pada singkong adalah karbohidrat kompleks, dimana karbohidrat kompleks ini akan mengikat kadar gula di dalamnya, sehingga kadar gula dalam singkong tidak terlepas ke dalam darah.

    Dengan ini singkong yang dikonsumsi masih bisa dijadikan sumber energi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, dan singkong yang dikonsumsi juga tidak akan menimbulkan kadar gula dalam darah menjadi tidak terkendali. Berbeda dengan nasi, nasi yang dikonsumsi hanya perlu waktu singkat untuk dicerna, sehingga kadar gula dalam nasi akan terlepas ke dalam darah.

    ReplyDelete