Friday, September 2, 2016

Brongkos Lagi....Brongkos Tahu Pong & Kacang Tholo


Pagi ini..sarapan brongkos lagi..hemmm sedepnya. Menu seperti ini yang paling aku suka buat sarapan. Brongkos yang mlekoh..gurih..legit...di makan hangat dengan ceplusan cabe rawit hijau yang seger..enak sekali buat mengawali hari. Apalagi jika sudah menginap semalamam, bumbu akan semakin meresap ke bahan yang kita brongkos. Dari beragam brongkos dengan aneka bahan yang berbeda yang sudah sering aku masak dan aku posting di web ku ini..kombinasi bahan kali ini yang paling aku sukai. Kacang tholo dan tahu pong. Kalau Yodha suka brongkos daging, suami suka telur rebus yang di masukkan ke brongkos, jadi aku tambahkan juga telur dan daging.

Memang dengan tambahan daging tetelan, rasa brongkos semaki gurih, karena adanya tambahan kaldu sapi. Agar warna brongkos cantik coklat sedikit kemerahan, pakai cabai merah keriting. Biasanya minimal 2 cabai harus ada di bumbu halusnya, namun jika suka brongkos lebih pedas, boleh di tambah sesuai selera. Menu ini selain menu favoritku, juga merupakan resep warisan ibu ku yang sudah aku terbiasa makan dan melihat cara memasaknya sedari kecil, jadi sudah hafal di luar kepala.

Kalau ibuku, banyak versi brongkos, dari pepaya muda, tahu, kulit melinjo, kacang panjang, kacang tholo, tahu, dll..semua enak di buat variasi brongkos seperti ini. Oke..selamat mencoba ya teman-teman..walau bumbu hampir sama, namun yang beda di perlakuan bahan, seperti..kalau kacang tholo ini harus di rebus dulu hingga setengah matang jika mau lebih cepat matang brongkosnya. Atau bisa juga di rebus bersama bumbu dari awal, namun akan memakan waktu lama dan menyebabkan kuah banyak menyusut jika memasak kacang tholo dari mentah.

Brongkos Tahu Pong & Kacang Tholo

Bahan :
250 gram daging tetelan sapi, potong kecil-kecil, 100 gram kacang tholo, rendam 3 jam, rebus hingga setengah matang.  10 buah tahu pong, belah dua, telur rebus 5 butir
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
2 lembar daun jeruk 
1 batang serai, memarkan
1 sendok teh kaldu sapi dan garam secukupnya
1 sendok makan gula merah
1000 ml santan
10 - 20 buah cabai rawit hijau

Bumbu Halus :
6 butir bawang merah
2 siung bawang putih
3 butir kemiri
1/2 cm kunyit ( jangan banyak-banyak ya..agar kuahnya nggak kuning )
5 buah cabai merah keriting ( sesuai selera )
1 sendok teh ketumbar
1 cm kencur
4 buah kluwak, rendam air panas jika kering dalamnya hingga empuk

Cara Membuat :
Tumis bumbu halus hingga benar-benar matang, masukkan daging, aduk hingga berubah warna
Masukkan santan dan bumbu lain
Biarkan mendidih
Masukkan tahu, kacang tholo dan telur
Masak dengan api kecil hingga bumbu meresap dan kuah mengental dengan api kecil, sambil sesekali di aduk
Koreksi rasa, masukkan cabe rawit
Sajikan hangat







2 comments :

  1. Kalo kluwak di skip bagaimana mbak?

    ReplyDelete
  2. Tadi abis cooking brongkos nya skip tetelan sapi, krn suami ga suka. Jd hanya telur dan tahu, kulit melinjo, hummm enaakkk... Mengobati kangen Jogja, dari kemarin masak khas Jawa semua tentunya dari resep mba Diah Didi :* makasih yaa pas banget rasa nya.

    ReplyDelete