Saturday, September 17, 2016

Penyet Tempe Sambel Bawang Terasi


Kalau lagi sibuk...menu yang paling pas untuk diri sendiri..adalah Sambel..hihi. Gak pernah bosan..dan selalu bisa dengan ampuh meredakan rasa lapar di saat lagi kerja..cepat dan enak..dan di jamin lahap...hihi. Memang..kalau ibuk-ibuk itu makan apa aja bisa ya. Beda sama suami..mana mau makan begini doang..pasti tanya..lauknya mana ?..hahah. Yodha juga..nggak mau makan cuma beginian..jadi ini ada menu yang paling tepat di masak ketika makan siang sendiri di rumah...Lol !

Aneka sambal itu selalu enak..cukup pakai nasi anget..udah enak. Aku suka sambal..dari yang pedas abnegt, hingga pedas normal..semua suka. Nah..ini adalah versi sambal yang nyaman aja di nikmati...hihi. Sambel bawang pakai terasi. Sambal bawangnya dadakan aja..bukan seperti sambal bawang tumis yang seperti untuk makan Nasi Udang khas Surabaya itu. Kalau ini di ulek kasar aja, di buat mendadak ketika akan makan. Sudah....tinggal goreng tempe, terus di penyetkan ke atas sambel ini..udah enak. Jika mau sipp lagi sich jika ada jangan bobor atau sayur nangka muda ya. Tapi jika nggak ada..lauk ini aja udah enak...hihi.

Oh ya..setiap nyambel itu aku selalu pakai terasi...kayaknya ada yang kurang gitu..kalau sambel nggak pakai terasi. Jadi di dapurku pasti ada Terasi andalanku..Terasi Juwana..harum, fresh dan enak sekali terasinya. Kebetulan salah satu andalan jualanku..soalnya beneran unik dan khas terasinya. Aku impor langsung dari pengrajin terasi tradisional di Juwana, lalu aku ujikan ke dinas Kesehatan kota Semarang..dan alhamdulillah lolos uji..bebas dari semua bahan tambahan yang aneh-aneh..jadi murni terasinya. Jadi aku pakai sendiri pun juga mantep.


Oke..langsung saja ini dia resepnya ya teman-teman...
Penyet Tempe Sambel Bawang Terasi

Bahan :
Tempe goreng secukupnya ( udah tau semua kan cara goreng tempe..hihi )
10 buah cabai keriting
5 buah cabai rawit merah
8 buah bawang merah, potong kasar
2 buah bawang putih, potong kasar
1 sendok teh terasi
Sedikit garam dan sedikit gula jika suka

Cara Membuat :
Goreng semua bahan sambal  hingga matang
Ulek kasar bersama garam dan gula sedikit
Koreksi rasa , jika sudah pas rasanya, segera penyet tempe goreng di atasnya
Sajikan segera

No comments :

Post a Comment