Wednesday, September 14, 2016

Steak Sayuran




Hari ini Yodha masih libur sekolah. tadi siang dia mau makan steak..dan mau bikin sendiri katanya. Ya udah sekalian di buat video untuk You tube. Jadilah tadi dia buat Steak Krispi favorit dia..hihi. Udah bisa buat sendiri lho teman-teman. Aku nge shoot aja tadi. Karena buat sendiri Yodha cuma buat steak ayam dua potong aja untuk dia sendiri. Aku udah mblenger makan daging-dagingan. 


Tapi karena saus dan sayuran serta kentangnya masih banyak..kok sayang. Akhirnya aku buat  saja  Steak sayuran aja..hihi. Pakai bawang bombay yang aku goreng Krispi juga. Enak ternyata..malah nggak mblenger. Jadi isi steaknya sayuran semua. Onion ring Krispi, sayuran rebus dan sausnya juga saus jamur. Malah murah..meriah..dan tetep enak. Bawang bombay satu biji aja bisa jadi satu porsi steak..hihi.

Agak lebih praktis, tadi Yodha buat steaknya pakai TEPUNG KRISPI jualan aku. Jadi nggak perlu campur bumbu lagi di tepungnya, udah berbumbu..dan bumbunya itu nggak asin atau terlalu gurih..jadi pas banget jika di buat untuk pelapis Steak Krispi gini. TEPUNG KRISPI yang aku jual, ada dua macam, ada yang rasa gurih dan bumbu garam rempah aja jika suka yang rasa agak tawar. Untuk order silahkan sms atau wa ke 089654712500. Selaian untuk Steak Krispi bisa juga untuk goreng ayam, jamur, tempe, tahu..dll..serba guna dech pokoknya.  

Ini Steak Ayam Krispi buatan Yodha tadi..tunggu video Yodha ya...waktu buat Steak ini. 


Kalau Steak sayurannya.....ini dia resepnya ya..langsung saja aku tulis..selamat mencoba teman-teman...:)
Steak Sayuran

Bahan :
1 buah bawang bombay ukuran agak besar
150 gram TEPUNG KRISPI ( atau tepung bumbu lain )

Cara Membuat :
Potong melintang bawang bombay, pisahkan ruasnya hingga berbentuk ring
Ambil 50 gram tepung KRISPI, aduk dengan air secukupnya, hingga jadi adonan agak kental
Celup Bawang bombay ke adonan, gulingkan ke sisa tepung KRISPI sisanya
Goreng di minyak yang sudah di panaskan hingga matang
sajikan dengan saus Jamur,  kentang goreng dan sayuran rebus    

Bahan Saus Jamur Praktis :
1 cup jamur kancing / merang, cuci, tiriskan
1/2 buah bawang bombay, iris panjang 
1 siung bawang putih, geprek
400 ml kaldu sapi
1 sendok makan saus tiram
1 sendok makan kecap inggris
1 sendok teh kecap manis
2 sendok makan saus tomat
¼ sendok teh gula pasir
1/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh Merica hitam tumbuk kasar / secukupnya 
2 sendok makan margarin untuk menumis
2 sendok teh maizena dan sedikit air, larutkan
Panaskan margarin 
Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum
Masukkan jamur
Tuangi air / kaldu, masukkan  bumbu-bumbu lain. Masak sampai mendidih.
Kentalkan dengan larutan maizena atau tapioka hingga meletup-letup.



13 comments :

  1. Itu jamurnya yg fresh or yg kalengan ya...

    ReplyDelete
  2. wih enak banget itu ya, rasa yang beda dari biasanya pasti.. keren mbak murah meriah :-)

    ReplyDelete
  3. Aduh mba, bikin ngiler aja deh... jadi kepingin kan... :'D

    ReplyDelete
  4. Pengen coba bikin tapi di Jepang gak ada bumbu kaya gitu mbak. hehe :D

    ReplyDelete
  5. sumpah mba fotonya bikin gagal fokus.. hehe

    ReplyDelete
  6. Kayak onion ring ya? onion ring salah satu makanan favorit saya, jadi kayaknya saya musti nyoba steak sayuran ini.

    Tampilannya sedap betul.

    ReplyDelete
  7. hhmmm, bikin suasana makin laper ajah nih, siang- siang gini belum makan lagi hhe

    ReplyDelete
  8. bisa nih dijadin menu andalan keluarga. istri saya mesti baca resep yang satu ini.

    ReplyDelete
  9. terimakasih bunda untuk tipsnya. Boleh dicoba di rumah nihh :D

    ReplyDelete
  10. Replies
    1. beli dong mas satriabajahitam. heheu

      Delete
  11. kalo steak sayuran malah bikin sehat

    ReplyDelete