Thursday, September 22, 2016

Singkong Goreng Presto Rasa Bawang


Dalam rangka mengahbiskan sisa singkong kemaren, takut keburu nggak enak...akhirnya sore niat mau buat keripik singkong presto. Tapi ternyata belum berhasil..hihi. Aku iris-iris dulu tebal, terus aku presto..eh kok malah hancur, padahal cuma sebentar. Aku utuhin potongan besar-besar...aku presto 5 menit aja..lha kok tetap empuk hasilnya..walau belum mekar tapi tekture singkongnya udah lembut banget.

Ah..akhirnya langsung di goreng aja. Jadilah singkong goreng presto..hihi. Singkongnya empuk banget, dan lembut tekturenya. Bumbunya aku campur sekalian waktu di presto, jadi gurih meresap hingga bgian dalam. Enak juga ternyata. Tapi aku tetap masih penasaran sama yang namanya Keripik Singkong presto.

Kalau di Semarang sini, keripik singkong presto, banyak di jual di toko jajanan klethikan seperti di area pasar. bentuknya panjang-panjang dan di iris tebal-tebal, tapi bisa empuk dan renyah..gurih banget. Aku masih penasaran gimana caranya, kok singkongnya tetap utuh dan nggak hansur dan tekturenya juga kokoh ketika sudah jadi keripik.

Musti cari wangsit dulu ini...hihi...cari tau tempat yang buat, terus di intip resepnya gimana..hahah. Akhirnya sisa singkong berakhir jadi singkong presto goreng rasa bawang, yang di cocol sambel terasi. tapi suer..ini juga enak banget kok di makan anget-anget di hari hujan seperti sore ini..! :D

Oke..ini dia resepnya teman-teman jika mau coba ya ....
Singkong Goreng Presto

Bahan :
1 kg singkong, kupas dan potong sesuai selera
1000 ml air
1 sendok teh garam ( sesuai selera asinnya )
2 sendok makan gula pasir
3 siung bawang putih haluskan

Cara Membuat :
Masukkan semua bahan ke panci presto
Masak hingga mendesis
Hitung 5 menit saja dari ketika panci presto bunyi mendesis ya
Dinginkan panci, buka, tiriskan singkong
Dinginkan terlebih dahulu, baru di goreng


6 comments :

  1. setauku mbk diah, keripik singkong presto itu cara buatnya singkongnya direbus dlu dalam keadaan utuh, lalu kemudian baru di iris2 tipis memanjang, kemudian dijemur sampai kering, baru digoreng,,,, kalau ditempatku namanya manggleng,,, tp kalau manggleng habis digoreng dikasih gula putih yg sudah dilelehkan... rasanya manis2 gurih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. pembuatannya kaya' bikin balung kethek ya, bedanya di prestonya

      Delete
  2. sebenarnya meskipun cuma singkong kalau di bikin enak ya enak

    ReplyDelete
  3. banyak makanan berbahan singkong

    ReplyDelete
  4. mbak diah, penasaran juga dong sama pisang presto-nya Salatiga.... ntar klo berhasil dapat wangsit, aku tak meguru hehehe....

    ReplyDelete