Wednesday, September 7, 2016

Nasi Kebuli Sapi Kongbap


Sebentar lagi kita akan menyambut hari raya Idul Adha ya teman-teman..tentu saja akan banyak menu dari bahan daging yang akan di masak di rumah. Nah..kali ini aku mau kasih satu ide resep menu Nasi Kebuli..tapi dari daging sapi ya. Kalau biasanya Nasi Kebuli memakai daging kambing kan..nah kali ini aku  pakai daging sapi aja.


Nggak tau nich..lagi rada menghindari daging kambing..masih trauma...hihi. Gara-gara..waktu perjalanan dari Yogya kemaren waktu mudik itu kita terjebak macet..terus telat makan malam..berhentilah di Salatiga..dan makan tongseng kambing. Tapi ternyata oh ternyata..aromanya masih *embek* banget..jadinya aku sementara menghindar dulu dari daging kambing dech..hihi. Ngga tau ya..kalau di Semarang nich daging Kambing olahannya itu nggak bau lho..aku jadi doyan kambing ya setelah mencoba berbagai menu kambing di sini. Sekarang jadi trauma lagi..Lol..!

Tapi pakai daging sapi ini juga enak kok Nasi Kebulinya teman-teman. Kali ini aku buat niru atau ala warung Nasi Kebuli di sini ya..yang jual orang arab..cuma warna nasiku nggak terlalu buthek nerempah warnanya..karena sengaja ngga terlalu kuat bumbu rempahnya..biar nggak kaget rasanya..hihi. Untuk lauk dagingnya aku ungkep terpisah..tapi bumbunya sama seperti bumbu nasinya..jadinya lebih gurih dan empuk. Suka aku dagingnya itu mirip rendang tapi nggak pedes.

Penyajiannya juga lebih lengkap, pakai sambal dan Acar Kuning, acara yang di masak itu lho teman-teman. enak..dan klop dech menurutku. Jadi..walau banyak versi Nasi Kebuli..jika mau coba yang rasanya nggak terlalu berempah banget..cobain ya resepnya ini teman-teman. Lidahku oke..cocok yang versi light rasanya gini. Untuk resep dan tutorialnya..silahkan langsung lihat di You tube saja ya..biar lebih jelas :)


Oh ya..cara pakai Kongbap...ada juga video tutorialnya lho ..cek video ini ya :


1 comment :

  1. Mungkin pas di Salatiga itu salah warung mbak, jadi masih "prengus". Coba di langgananku mba lain kali kalau ada kesempatan lagi ke Salatiga, tempatnya di depan rumah sakit DKT (dinas kesehatan tentara) atau di Harjo Kantil jg lumayan, tp kadang kurang konsisten. Salam.

    ReplyDelete