Saturday, September 26, 2015

Waffle Krispi


Setelah makan berat di hari Raya, mari sarapan yang ringan dan enak teman-teman. Yodha masih libur, tadi bangun tidur aku tanya mau sarapan apa..dia bilang mau waflle aja. Okeh dech Kak..siap..laksanakan..! Langsung dech berantakin dapur bentar, bikin adonan, panggang dech. Pak boss kecil yang udah nungguin di depan meja makan sambil main tab..siap...makan waffle hangat yang di beri toping coklat leleh.

Kali ini bikin waffle original aja..caranya mudah banget. Karena waffle nich aslinya dari luar negeri sono..maka buatnya juga praktis aja, pakai takaran cup. Cup takar itu khusus ya teman-teman..bukan dari cangkir atau gelas kita. Jadi..jika kita mencoba resep luar dan memakai takaran dalam cup, pakailah cup ukur, agar ukurannya pas dan akurat. Jangan main kira-kira ya..hihi. Kalau masak masakan bisa di kira-kira..tapi kalau bikin kue, lebih baik ikut takaran resep aja.

Cup ukuran itu seperti ini y ateman-teman..yang warna merah marun, satu set itu, biasanya terdiri dari beberapa ukuran, 1 cup, 1/2 cup, 1/4 cup. 1/3 cup Jadi jika  tidak punya timbangan dapur, beli aja cup ukur seperti ini, teman-teman. Ada yang murah, ada juga yang mahal. Kalau dari plastik biasa ya murah kok..dulu pernah aku lihat di carefour tuch sekitar 15 rb aja 1 set, tapi jika kayak punyaku ya sekitar 100 ribuan lebih harganya..hihi...karena aku beli di Ace, bahan stainless. Yang warna marun, malah gratis, dapat oleh-oleh dari ibu Ambar, dari Amerika...hihi. Tapi fungsi sama baik yang mahal atau murah, beda di kualitas bahan dan bentuk aja biasanya. Selain cup ukur, lengkapi juga peralatan dapur dengan sendok ukur ya teman-teman agar lebih akurat jika nakar baking powder, gula dan lain-lain yang biasa di ukur pakai sendok. Karena takaran sendok makan jika pakai sendok makan biasa kan beda-beda, ada sendok makan yang cekung, ceper, ukuran juga beda-beda. Jadi jika nakar takaran untuk adonan kue, pakai sendok khusus sendok takar.


Aku kali ini pakai resep dari luar wafflenya, jadi pakai takaran cup. Jika mau pakai timbangan dulu pernah ku ulas, konvesi bahan dari cup ke garm, silahkan di lihat di SINI . Tapi memang menurutku, kalau membuat kue-kue luar itu memang lebih enak pakai takaran cup..lebih cepat dan praktis, apalagi jika di buat   untuk sarapan kan memang waktunya mepet, jadi perlu cepat menyiapkan bahan-bahannya.

Cara membuat adonan waffle ini mudah saja kok teman-teman. Jika tidak ada panggangan listrik, pakai panggangan manual juga bisa. Daripada beli waffle di kafe-kafe atau ada yang jual keliling juga..mahal..hihi. Lebih baik, bikin sendiri..bisa jadi banyak dan puas makanya. 

Yang aku kurang suka, dari resep luar negeri tuch jika buat kue-kue bahan pengembangnya..ampun dah..banyaknya. Makanya selalu aku kurangi. Misal..untuk waffle ini aslinya takaran baking powdernya 4 sendok teh..busyet dah..ogah aku..nanti rasanya getir. Jadi aku pakai 1 sendok teh aja, tapi pakai baking powder hercules, yang double acting. Hasilnya..tetep bisa renyah di luar dan lembut di dalam. Jika di panggang rasa kecoklatan..malah jadi krispi wafelnya..hihi..enak banget. 

Okeh..ini dia resep waffle krispi yang aku adaptasi dari food.com. Selamat mencoba jika suka waflle ya teman-teman. Krispi di sini maksudnya garing di luar, lembut di dalam ya..tapi jika mau rada di lamain dikit manggangnya ya beneran bisa kriuk tadi..hihi. Dan waffle itu, menu yang harus di nikmati hangat setelah matang, jadi..moga nggak ada yang tanya..kriuknya sampai berapa jam mba ?..hihi. Kriuknya ya pas hangat aja..jika waffle.

Waffle Krispi

Bahan :
2 cup tepung terigu protein rendah
1 sendok teh baking powder double acting ( atau 2 sendok teh jika bp biasa )
1/2 cup gula pasir
2 cup susu tawar / uht
1 cup minyak goreng
2 butir telur, pisah bagian putih dan kuningnya
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh vanili ( tambahanku sendiri biar wangii..:D )

Cara membuat :
Campur tepung terigu, vanili dan baking powder, ayak , sisihkan
Kocok putih telur hingga agak kaku, masukkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil di kocok hingga kaku
Campur susu, kuning telur dan minyak goreng
Masukkan bahan kering, aduk rata perlahan
Masukkan putih telur kocok, aduk perlahan hingga rata
Panaskan cetakan waffle
Adonan memang agak encer tapi creamy dan menggalir jika di tuang, tapi memang begitulah adonan waffle, ringan mengalir, jadi cukup tuang 2 sendok sayur kecil ke cetakan, tutup perlahan, nanti adonan akan menyebar sendiri.
Panggang hingga matang
Sajikan dengan coklat leleh atau es krim..hemm...Yummy beibeh..! :D ..*kata Yodha..*





13 comments :

  1. Mbak Didi,cetakan wafflelnya beli dimana? Cantik:-))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di instagram @zashopbeautyskin juga ada.. Ada macem2 cetakannya jugaaa

      Delete
    2. Di instagram @zashopbeautyskin juga ada.. Ada macem2 cetakannya jugaaa

      Delete
  2. Iy mba sy jg heran resep2 luar tu kl pke BP atw soda kue atw gula mesti buanyaaaaakkk gtu.apa BP mreka kurang khasiatx ya, atw gula mreka jg gak manis ya..xixixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi memang kata temen yg tggl di luar..gula sana lebih nggak manis mba di banding gula kita..jd kalau pk resep luar ya di sesuaikan aja ya..hihi.

      Delete
  3. karena tipis jadi krispi wafelnya ya mbak

    ReplyDelete
  4. Mba, klo bikin bnyk adonan yang menunggu apa gak bantat? Aku bikin kue cubit bnyk, adonan yang menunggu agak bantat. Putu ayu jg gitu. Gmn solusinya ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbk klo ga punya cetakan gitu, solusinya pke apa ya? Heheee
      Lilis

      Delete
    2. pakai cetakan yg di panggang di atas kompor jug abs kok mba :D

      Delete
  5. Klo pake cetakan roti bisa ga mba?

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Di instagram@zashopbeautyskin juga adaa kok cek ajah

    ReplyDelete