Monday, September 7, 2015

Donat Labu Kuning Praktis Tanpa Di Uleni

 
Hari ini iseng tadi mencoba membuat video tutorial..bikin donat tanpa di uleni..aku minta bantuan mba Elmi yang masak, aku yang nge shoot..tapi karena masih amatir..jadi perlu di potong-potong nge shoot nya..hahah. Moga-moga aja bisa di sambung-sambung ya..videonya..tak belajar dulu caranya..hihi.

Jadi sementara posting di sini dulu dech. Hari ini aku buat donat labu kuning yang tanpa di uleni..dan di cetak pakai sutil donat. Resep masih sama ya..dengan resep donat kentang yang tanpa di uleni..hanya kentang di ganti labu kuning kukus, jumlah sama dengan yang aku pernah posting di SINI. Jadi kalau mau resepnya..di klik aja linknya.

Nah..yang mau sutil donat, udah ready stock juga nich..yang kemaren dapat undian sutil donat waktu beli buku ku, ada juga yang belum di konfirm alamatnya..ayuk tak tunggu inbox atau smsnya. Masak nggak mau hadiah lucu dan unik gini..hihi. Terus yang mau beli..sms aja ke 089654712500 ( sms only ya..no call please, karena bakule ndak selalu pegang hape..dan juga untuk menghindari telp iseng, karena no hape ku sudah aku publish ya...hihi ) dan yang paling penting, please jangan di tawar ya harganya..haha. Beneran nich sutil donat dari pabriknya udah mahal..karena memang buatnya juga khusus cetakan ( mouldingnya ). Sutil donat ini, bahan stainless...nggak lengket. Mendatangkan sutil ini ke Semarang juga perlu waktu, biaya, pesan juga nggak bisa dikit harus pesan dalam kuantiti besar dari pabriknya..jadi perlu modal banyak juga buat kulakan barang, jadi harap maklum..khusus buat yang mau dan butuh aja. Yang nggak mau nggak usah *nyela soal harga..dll..huhu. Kalau mau murah..beli aja sutil buat bikin bakwan tuch murah..hihi.  Habis ada juga yang kebangetan..sms tanya sutil donat..aku bilang harganya, terus bilang gini.." Tak kira 10 ribu dapat 3 mba..! " Gubrak..pengsan dech Mak nya Yodha..hahah.


Oke..begini cara memakai sutil donatnya ya teman-teman..adonan donat tinggal di masukkan ke kantong plastik segitiga, terus, sutil donatnya di celup ke minyak panas dulu, adonan lalu di semprotkan ke sutilnya melingkar, lalau celup kembali ke minyak panas, udah nanti akan lepas sendiri dech donatnya. Jadi kayak buat kembang goyang tuch lho teman-teman...nggak perlu banyak sutilnya..satu aja cukup. 




Untuk menggoreng donat yang tanpa di uleni ini, karena adonan lembek, sebaiknya pakai minyak padat, jadi lebih keset dan nggak berminyak donatnya. Jika mau nitip aku juga boleh minyak padatnya..hihi. Pokoknya jika di tempat teman-teman ndak ada bahan-bahan yang unik-unik..kalau di sini ada..misal sekalian order tepung, boleh nitip kok. Minyak padat tuch kaya gini ya..merk yang beredar di tempatku..Fry Best, tapi re pack ya kemasannya dari TBK


Ini dia hasilnya..donat labu kuningnya..menul-menul cantik kan..nggak perlu capek-capek nguleni adonan atau membentuk pakai tangan. Bikinnya juga jadi lebih cepat..jadi sewaktu-waktu mau buat donat kentang..atau donat labu kuning, bisa siap dengan cepat.


Tekture donatnya itu..empuk..dan berpori juga lho teman-teman..Rasanya pas di gigit. Cuma nggak padat dan liat kayak donat yang di uleni ya teman-teman, karena adonan donat ini lembek, nggak bisa di bentuk-bentuk pakai tangan, jadi harus pakai cetakan sutil donat ini jika mau cantik..atau bisa juga di sendokin aja. Yang mau pakai tepung kentang juga bisa..resepnya di klik saja di link di atas ya. Sama enaknya kok, mau pakai kentang ataupun labu kuning..:D

Oh iya..cara memakai sutil donat ini..udah ku upload ya di you tube..cuma videonya secuil dulu..hihi..kmrn aku buat full resep kok kebesaran filenya..hahaha..*amatir..* juru kameranya aku sendiri soalnya. Besok aku buat yang lebih baik ya teman-teman..aku belajar dulu..hihi. Ini linknya..ya..yang penting sudah menjelaskan cara pemakaian sutil donatnya ya..:)  Coba klik link di SINI

26 comments :

  1. Mbak jual wajan kayak gitu g mbak? Pengeen .... ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu beli di carefour ada mba..:D

      Delete
    2. Di jombang g ada carrefour mbak :( adanya di surabaya jaauuh

      Delete
  2. Aaah pasti enaak.. Dan praktis ya sutilnya. Aku mau a pesen deh mba, berarti lgs sms ya? Atau aku message via FB ya mba.. Biar dikirim ke kantor ke Jakarta, terus nanti titip ama yang mau ke NYC

    ReplyDelete
  3. Salam kenal mbak Diah... saya baru tahu ada sutil khusus donat..tapi unik dan praktis deh... :)

    ReplyDelete
  4. Semua berita yang ada di website anda sangat menarik perhatian untuk di simak, salam sehat. . . !! Semoga beritanya dapat bermanfaat! share ya gan, thanks nih!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mksh..next tolong kalau komen jangan pakai nick name aneh2 ya..apalagi ngga sopan gitu..maaf ini blog isinya tentang makanan. Tq

      Delete
  5. Mbak,minyak padat itu apa? Bedanya ama minyak goreng biasa apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minyak yang khusus untuk menggoreng donat atau roti goreng mba hasilnya jd keset nggak berminyak :)

      Delete
  6. Mbak , kalau pakai minyak padat , sesudah menggoreng kan jadi beku lagi , apa masih bisa dipakai

    ReplyDelete
  7. kayaknya enak ni.......
    makasih buat resepnya....

    ReplyDelete
  8. Mba Diah, aku baru mampir lagi, yah nyesel deh kemarin ngga pesan sutil ini sekalian waktu beli krecek
    aku mau ya Mba, nanti kuemail

    ReplyDelete
  9. Mwaah penasaran dengan sutil donatnya, baru mampir di blog ini dan langsung jatuh cinta hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mba.,.sms aja jika mau ya sutilnya..:D

      Delete
  10. Kira kira tanpa sutil bisa juga deh tinggal dicetak di.atas sodet langsung masukkan ke minyak panas hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa..! Di sendokin langsung juga bisa..sutil donat hanya membantu membentuk donatnya lebih indah..

      Delete
  11. Bisa juga langsung di cetak di spatula trus celup ke penggorengan goreng deh jd gak perlu pake sutil .. nanti sy coba mba..

    ReplyDelete
  12. Bisa juga langsung di cetak di spatula trus celup ke penggorengan goreng deh jd gak perlu pake sutil .. nanti sy coba mba..

    ReplyDelete
  13. mbak, minyak padat biasanya beli dimana?

    ReplyDelete
  14. Mbak Di, di minimarket kampung ibuku, aq suka nemu ginian. Mirip, putih2. Aq pikir ini mentega putih, jadi aq pakai buat bikin bakpao kukus. Tapi memang udah repackage plastikan per 1/4 kg gitu. Gak ada namanya, tapi bentuknya sama persis. Putih kotak. Apa ini bisa dibilang minyak padat juga ya mbak?

    ReplyDelete
  15. Hai mba di..salam kenal,
    Btw, kompornya bagus mba.. #gagalfokus :D
    Itu kompor apa ya mba? Kok kayak ada temperatur nya ya? Apakah itu yg dinamakan kompor listrik? Hihi.
    Maaf ya mba bukannya ngomentarin Sutil atau resepnya tp malah ngomentarin kompornya.. Haha. Abisnya penasaran sih..belum pernah liat kompor kayak gitu.. Hihi. :D

    ReplyDelete