Monday, September 14, 2015

Bayam Kremes Mudah


Beberapa waktu lalu, mba Vera brorong banyak  tepung kremesku untuk di bawa ke Oman..wah..akhirnya sampai di sana dengan selamat tepungnya..lewat kapal. Wah..aneka tepung yang aku jual..memang sudah sering banget keliling dunia..hihi. Yang jual masih anteng aja di Semarang. Setelah sampai di Oman..sama mba Vera di bagi-bagi ke teman-teman Indonesia yang tinggal di sana..dan ternyata sering buka web ku juga..jadi tahu tentang tepung kremes...jadi mereka kaget bisa menicicipi tepung kremesku..hihi.  Semoga suka ya teman-teman di Oman..dan juga di negara lain yang sudah mencicipi aneka tepung lokal produksi Jawa tengah ini.

Nah..beberapa waktu lalau mba Vera nanya..bisa nggak tepung kremes buat peyek ?..Bisa dong..tinggal agak di kentalkan saja adonannya..udah..jadi dech peyek. Bisa di isi kacang..udang..dll. Selain buat peyek..tepung kremes ini juga bisa di buat bayam kremes yangs uper kriuk lho teman-teman. caranya sama..adonan kremes di buat lebih kental. Setelah itu bayam yang lebar-lebar, di cuci, celup ke adonan, di goreng dech hingga kering. Tadi aku buat bayam kremes..enak banget..kriuk-kriuk gurih..nggak berminyak lho...beda sama kalau beli peyek bayam itu..kadang samapi kotos-kotos, minyaknya..hihi.

Selain bayam, mungkin bisa  daun lain ya ya..misal..daun singkong rebus..jadi dech keripik daun singkong...hihi. Untuk bayam, gunakan bayam yang lebar-lebar ya.yang biasa di pasar di sebut bayam untuk gudangan. cuci bersih perlembar, lap dengan tisue dapur, lalu celup ke adonan kremesan yang agak kental, goreng dech. Mudah banget..udah bisa jadi cemilan gurih dan kriuk. Kalau *Popeye* tahu bayam kremes ini..pasti suka juga kali ya..hihihi.

Untuk membuat bayam kremes ini , pakai tepung kremes, tapi di buat adonan lebih kental. Berikut caranya ya :

Bayam Kremes

Bahan :
2 bungkus tepung kremes ( @ 150 gram )
250 ml air
1 butir kuning telur
1/8 sendok teh gula pasir 
Bayam secukupnya

Cara membuat :
Cuci bersih bayam perlembar, lap hingga kering. Aduk rata tepung kremes, kuning telur dan air.
Panaskan minyak agak banyak hingga benar-benar panas dengan api sedang
Celup bayam ke adonan tepung kremes, masukkan ke minyak panas, goreng hingga kering, cepat kok keringnya, nggak pakai lama.
Tiriskan di tisue dapur agar ngga berminyak
Simpan di toples jika sudah dingin

Mudah kan..oh iya..jika menggoreng kremesan, setiap mau masuk ke wajan, adonan di aduk-aduk dulu ya..agar nggak mengendap ke bawah tepungnya. 

Semoga bermanfaat buat teman-teman yang punya stock tepung kremes dari aku di rumah.Buat teman-teman yang mau mencicipi tepung kremes, silahkan..di tunggu ordernya...hihi. Sms / WA ke 089654712500.

Yang mau pakai tepung biasa, sudah ada resep peyek bayam di web ini..di search aja..gunakan fasilitas search di web ini ya..jika mau  mencari resep.




1 comment :

  1. Mba didi,nh daku yg dr purwakarta dr kmrn nungguin list jualan nya,lum dikrm2 ke email aq mba..

    ReplyDelete