Google Ad

Thursday, September 17, 2015

Step By Step Membuat Ragout Sayur Ekonomis


Beberapa waktu lalu, ada beberapa teman yang menanyakan gimana cara membuat ragout yang enak, tapi ekonomis untuk usaha. Jadi..oke dech, postingan kali ini spesial membahas tentang ragout ya teman-teman..aku buat step by step..kemaren mau buat video..tapi susah ternyata jika harus nge shoot sendiri dan kerja sendiri. Jadi aku buat step by step dulu, dengan foto ya teman-teman..semoga bermanfaat...buat teman-teman yang masih bingung cara membuat ragout yang enak dan ekonomis.

Ragout itu seperti adonan vla gurih, tapi lebih kental dari vla. Biasanya ragout original itu tepungnya banyak, jadi lebih ekonomis. Walau sekarang banyak ragam ragout, tapi jika mau ekonomis, ya memang yang original ini..karena penggunaan bahan lain lebih sedikit. Jadi banyakin tepungnya dech..hihi. Tapi..walau banyak tepung, harus sesuai takaran lho ya..agar hasil ragout enak..lembut dan ngga neg.

Aku kadang sebel, ika beli risoles atau crakers ragout, tapi ragoutnya sedikit..udah gitu nggak jelas rasanya..huhu. Jadi..lebih manteb kalau buat risol ragout sendiri di rumah..lebih enak, dan mantep rasanya. Enak..ngga harus mahal bahannya, seperti contoh resep ragout sayuran berikut, sudah enak banget buat isian risol atau crakers, atau sus, dll.

Kunci utama membuat ragout yang enak, itu perbandingan bumbu, garam dan gula harus seimbang, sehingga rasanya gurih ada sedikit manis. Tapi ya..jangan kemanisan. Pernah beli risoles ragout rasanya manis banget..baru segigit..lidah langsung nolak dech. Bukan enak..tapi malah enek..hihi. Jadi biarpun ada rasa manis sedikit, tapi rasa gurih tetap harus tetap muncul.

Ragout nggak harus pakai ayam. Adonan susu, dan tepung, sayuran serta bumbu aja udah enak..apalagi tambah ayam atau daging ya..hihi. Tapi jika mau ekonomis buat jualan, pakai ayam dikit aja udah enak kok. Ragout basah atau sedikit lembek   ini cocok untuk isian risoles, kroket, crakers, sus, dll. Tapi kurang cocok untuk isian pastel Ragout yang cocok untuk isian pastel itu yang agak kering dan lebih banyak sayuran / daging di banding tepungnya.


Oke dech mari kita mulai membuat ragout sayuran yang kental ya..ini dia step by stepnya :)

Pertama, siapkan bahan-bahan sayuran, sebelum di potong-potong rebus sebentar saja di air mendidih hingga agak lunak :

1 buah kentang ukuran sedang, potong kotak kecil
1 buah wortel, potong kotak kecil
5 buah buncis muda, iris halus
50 gram daging ayam rebus, cincang
1 batang daun sledri, cincang halus
500 ml susu cair
75 gram tepung terigu protein sedang
2 sendok makan margarin untuk menumis

Bumbu :
1/2 buah bawang bombay, iris halus
1 siung bawang putih, haluskan
Secuil kecil pala, haluskan ( 1/8 sendok teh pala bubuk )
1 sendok teh kaldu ayam
1/4 sendok teh merica bubuk
1 sendok makan gula pasir
Garam sesuai selera


Langkah pertama, panaskan margarin, tumis bumbu halus dan bawang bombay hingga matang dan harum.


Masukkan daging ayam cincang, aduk rata.


Masukkan tepung terigu, aduk rata  hingga bergerindil, tujuannya agar ragout nggak bau tepung. Pada proses ini kecilkan api jika belum terbiasa agar terigu nggak gosong.


Tuang susu, sedikit demi sedikit, sambil di aduk hingga rata, walau masih bergerindil nggak pa-pa, nanti sewaktu proses di masak akan halus dan licin sendiri.


Masukkan  semua bumbu.


Jika ragout sudah meletup-letup, masukkan sayuran, aduk rata.


Masak terus hingga ragout mengental sambil terus di aduk. Jika udah kental, terakhir, masukkan sledri cincang. Aduk rata.


Koreksi rasa ragout, jika sudah pas, gurih manisnya sesuai selera, angkat dan dinginkan. Siap di pakai sebagai isian risoles, crakers atau sus.


Adonan ragout, bisa di simpan di freezer, jika mau di gunakan tinggal di diamkan suhu ruang. Kemaren aku buat isian crakers, nyam-nyam..habis dalam sekejab..:D Masih ada separo ragout besok mau buat sus isi ragout..hemmm..dah kebayang enaknya..hihi.


Tips mengoreksi rasa ragout :
Jika ragout terlalu encer dan nggak kental-kental, tambahkan sedikit kentang kukus yang di lumatkan, jadi kental dan tambah enak dan lembut dech. Yang punya tepung kentang seduh di rumah..juga bisa di tambahkan sedikit, ke dalam ragout yang terlalu encer, ntar jadi kental dech.
Ragout terlalu asin atau manis, tambahkan susu lagi dan bahan lain seperti sayuran rebus lagi, karena akan menetralkan rasa ragout.
Mau lebih istimewa rasanya, tambahkan potongan sosis, daging asap , dll.
Sayuran bisa di ganti jagung manis, kacang polong, atau jamur, dll.
Nggak suka ragout pakai susu, ganti dengan air kaldu ayam
Suka keju ?..Potong kecil-kecil keju cheddar, tambahkan ke ragout
Mau di kasih telur rebus, juga okeh, intinya banyak variasi ragout yang kita buat teman-teman agar lebih variatif rasanya.


18 comments :

  1. Makasih resepnya mba Di... detail sekali takarannya

    ReplyDelete
  2. Mbak.. kalau kentangnya direbus dulu apa nggak hancur waktu dimasak sama yang lainnya

    ReplyDelete
  3. Mbak Diah, dulu saya sering buat crackers/roti tawar goreng isi ragout. Enak tp kadang2 terlalu banyak menyerap minyak crackers/roti tawarnya. Apa triknya spy tdk menyerap terlalu banyak minyak? Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
  4. mbk suka bgt deh liat wajannya...pengen

    ReplyDelete
  5. makasih resepnya....cocok banget buat sarapan.....

    ReplyDelete
  6. Thanks a lot sist.. It's challenging to try

    ReplyDelete
  7. anak ku suka bangeet ni mba di...makasih resepnya

    ReplyDelete
  8. Makasih mba resep2nya,selalu sy coba satu2 ��

    ReplyDelete
  9. Bismillaahirrahmaanirrahiim, mbak Diah Didi Kalo ragout udah terlanjur jadi dan kurang asin gimana yaa mbak?
    Terimakasih

    ReplyDelete
  10. mba Diah...
    Saya ikutin blog dan resep-resep mba udh satu tahunan ini dan hampir selalu enak dan berhasil...kalau pas gagal pasti pas saya gak mood jadi gosong atau kurang asin atau malah keasinan...
    Mkasih banyak ya mba, jadi tambah ilmu dan menu makanan buat keluarga...
    Terus berkarya dan masak-masak ya mba...

    ReplyDelete
  11. Menginspirasi untuk mencobanya terimakasih mba resepnya

    ReplyDelete
  12. Saya numis bwang nya trus ksi air lagi bru kasi susu gk lama nya masuk kn tepung trigu, tpi bsok nya risol nya asam. Apa itu yg bkin dia cpat basi ya? Tlong info nya

    ReplyDelete
  13. Terimakasih sharenya Mbak! Ini kalau untuk pastel tutup bisa kan ya? Lalu kalau disimpan di kulkas hanya 1 hari (utk dibuat keesokan harinya) masih aman kah? Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  14. Bismillah mb.. Alhamdulillah nemu resep mb nya..saya kan jualan risoles rogut jg nih tp saya gak punya ilmu nya..Kl saya mau bikin risoles 150 biji... sebaiknya tepung terigu buat rougut nya brapa gram ya mb..trus butuh kentang wortel brapa kilo mb..saya butuh skali jawaban dari mb

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel