Sunday, September 27, 2015

Sosis Goreng Balut Panir


Menu sarapan hari minggu, tadi masih yang simple aja. Pada sarapan hot dog, scramble egg, dll. Karena lagi males jalan cari sarapan di luar seperti hari minggu biasanya. Nah..masih ada sisa sosis yang udah di *defrost, sekalian di olah aja. Aku buat sosis goreng balut panir. Idenya dapat waktu makan di Giggle Box, Yodha pesan nasi goreng, eh ada sosis katsu nya..yaitu sosis goreng balut panir. Wah..idenya boleh juga nich di tiru di rumah..hihi. Bisa jadi ide bekal menu anak sekolah lho teman-teman, padukan dengan kentang goreng atau nasi goreng..enak. Atau di cemil aja..di cocol saus juga enak..cobain dech..! :)

Untuk membuat sosis balut panir ini, aku pakai panir orange biar cantik warnanya. Jika mau panir putih biasa jug aboleh. Yang kesulitan cari panir orange di pasaran, aku jual lho..hihi. Sms aja ke 089654712500 jika mau pesan ya. Agar panir mau melekat di sosis, celup dulu ke adonan tepung. Adonan tepung bisa dari tepung terigu, garam, bawang bubuk dan air, seperti adonan pencelup agak kental biasa. Tapi kalau aku biar praktis, pakai tepung tempura, tinggal kasih air dan sedikit tambahan bumbu, garam dan bawang putih bubuk, biar tambah gurih.

Untuk sosis, gunakan sosis yang berkualitas ya teman-teman, agar citarasa sosis katsunya enak dan gurih. Kuncinya ya, memang di pemilihan sosisnya. Selanjutnya..di tunjang rasa kriuk gurih dari renyahnya tepung panir, enak dech. Beneran sensasi berbeda menikmati sosis goreng. Oh iya, sosisnya di diamkan suhu ruang dulu ya sebelum di panir, jika mau cepat,  rebus sebentar hingga mengembang, agar jika di    balut panir dan di goreng, nggak ngembang lagi dan mengelupas nanti lapisan panirnya...karena sosis kan memakai tepung tapioka, yang mengembang ketika di goreng. Anak-anak pasti suka dech bekal kriuk gurih seperti ini ya teman-teman. Oke..semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya teman-teman, jika suka.


Langkah pertama, siapkan sosisnya, belah jadi dua bagian, lalu siapkan adonan pencelup. Untuk 6 buah sosis ukuran sedang seperti ini, 100 gram tepung pencelup cukup, beri bumbu, larutkan dengan air secukupnya hingga jadi adonan kental.




Setelah di celup adonan pencelup, gulingkan sosis ke tepung panir kasar, siap di goreng dech hingga matang dan kering luarnya.



 Sosis kriuk balut panir, siap di sajikan. Mudah sekali kan teman-teman, cara membuatnya...:D


5 comments :

  1. Halo diah..resepnya menggoda bangeetz..terutama buat pecinta gorengan kaya akyuu...boleh sebut merk soziznya gak mbak..coz sy blom nemu soziz yg nyamleng di lidah...thanks mbak diah..sherly tenggarong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mba Sherly..toss dulu mba..sesama penggemar gorengan..kebetulan, kalau aku selalu pakai sosis merk lokal Semarang mba..ada yang enak. Kalau yang kemasan pabrik dan byk di supermarket.. aku paling rekomend Benardi tuch mba..suka nggak ?

      Delete
    2. Lumayan suka mbak sama si benardi ini..dibanding yg laen..cuma liat penampakan soziz lokal pic nya sampean kok kayaknya gendut2 menggoda..(sama kayakbody yg nanya..coz merk pabrikan kebanyakan agak mini..bilang wong jowo kurang wareg...hehehehe..)...bikin ngileeerr...

      Delete
  2. Aaaah mbak diah didi selalu kreatif, ini pasti suka anak-anak. Makasih ya mbak

    ReplyDelete