Saturday, September 12, 2015

Martabak Mini Isi Sayuran


Harga-harga sekarang tambah ngeri ya teman-teman..semua kebutuhan pokok..sampai  bahan makanan di pasar pada naik semua..padahal kan nggak ada hubungan sama dollar ya..hihi. Kemaren mau beli kemangi aja..10 ribu..baru boleh..weh..nggak jadi dech..mending nggak makan kemangi..hihi. Nah..dalam menyiasati harga-harga kebutuhan yang main meningkat..tentu sebagai emak rumah tangga...tuch harus kreatif bikin menu yang murah meriah tapi enak. Apalagi jika buat jualan jajanan tuch..pasti tambah pusing ya..teman-teman..customer nggak mau harga naik, tapi dari penjual juga jika nggak naik harga nggak akan untung. Tapi sebenernya, bisa di siasati kok..misal kita bikin jajanan itu..kita buat aja, bahannya murah, bentuk dan ukuran tetap besar nggak menyusut..hihi..jadi sama-sama untung dech..penjual dan pembeli. Ada beberapa varian snack murah meriah di web ku ini ya..yang bisa jadi panduan teman-teman..jika misal mau buat snack untuk arisan atau di jual. Misal..lumpia ekonomis, risoles ekonomis, tahu isi ekonomis, misoa ekonomis, dll..pokoknya biar ekonomis, tapi tetap enak-enak lho..jadi pasti laku buat jualan.

Nah..satu lagi resep snack ekonomis nich buat teman-teman..tadi aku buat ini untuk tukang yang kerja di rumah..sama buat cemilan..ludes..laku keras. Padahal isinya sayuran aja lho..nggak pakai daging..hihi. Selain ekonomis bahannya karena isinya cuma daun bawang dan kol, serta telur, minus daging dll yang mahal...martabaknya juga jadi gembung-gembung besar, karena mau di isi banyak juga nggak masalah. Aku suka gemes banget kalau beli martabak mini di tukang jajan tuch suka nggak ada isinya..cuma tebel kulitnya doang..huhu. Kalau martabaknya gendut banyak isinya gini..walaupun cuma isi sayuran..kan tetep enak rasanya...manteb gitu gigitannya..hihi.

Martabak isi sayur seperti ini..misalnya buat jualan, dan mau  di naikin harganya dikit..mungkin bisa di tambah variasi isian..misal..di tambah telur puyuh rebus yang di belah dua..udah beda harga nanti..atau tambah suwiran ayam..udah ganti judul kan..martabak ayam..atau kasih potongan bakso..udah jadi martabak bakso..hihi. Jadi..bisa jadi ide kan..misal mau jualan pakai gerobak gitu..dengan gorengan lain, bisa jadi 4 varian martabak mini kan..yaitu..original sayur..paling murah, pakai bakso atau telur puyuh, rada mahalan dikit..pakai ayam..lebih mahal dikit lagi..hihi. Tapi tetep..kalau soal rasa, walau cuma sayuran..tetap enak rasanya. Cuma jika mau spesial, di beri tambahan isian, gitu maksudnya.

Oke..semoga ide Mak irit yang paling suka bikin makanan enak tapi irit ini  berguna buat teman-teman ya..hihi. Paling nggak buat keluarga di rumah..jika lagi nggak punya bahan makanan lain..bikin martabak isi sayuran ini..udah jadi cemilan yang enak kok. Simak resepnya yukk..mudah..! ^^

Martabak Mini Isi Sayuran

Bahan :
10 lembar kulit lumpia
1/4 buah kol ( ukuran sedang ya..jangan besar-besar..hihi ), iris tipis halus
4 batang daun bawang, iris halus
1/2 buah bawang bombay, iris halus
2 butir telur
1/8 sendok teh merica bubuk
1/8 sendok teh gula pasir
1/4 sendok teh kaldu bubuk

Cara Membuat :
Campur semua bahan isian, aduk rata
Koreksi rasa, dengan cara ambil sedikit adonan, goreng dan cicipi, udah pas belum rasanya.
Jika sudah pas gurihnya, isikan adonan isi secukupnya ke kulit lumpia, lipat ujung-ujungnya bentuk kotak
Goreng di minyak yang sudah di panaskan hingga matang
Sajikan hangat.



4 comments :

  1. Artikelnya sangat bermanfaat sekali, makasih ne ya!! beritanya bagus banget dan sangat menarik di baca siang ini. Ijin share juga ya, terimakasih sekali lagi.

    ReplyDelete
  2. Mba bagaimana supaya lipatannya tidak lepas saat digoreng ya, padahal sudah tak lem pake putih telur, tapi pas digoreng kok terbuka dan bubar isinya (:

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah, terimakasih Mbk Diah idenya.Martabak mini vegi ini insya Allah unt buah tangan ke pengajian ,dinikmati bersama,termasuk dgn ibu-ibu yg diet vegetarian.Keep blogging Mbk. (Salam dr Omi van Obien).

    ReplyDelete