Wednesday, September 23, 2015

Risoles Ragout Daging Asap


Tadi pagi punya stock daging asap yang sudah suhu ruang sisa sarapan dan bekal Yodha, mau masuk freezer lagi kok nggak tega. Ceritanya tadi pagi lagi nyoba fasilitas *defrost* di microwave baruku..hihi. Jadi bisa membuat bahan makanan yang beku jadi suhu ruang dalam sekejab..ceritanya..kalau pakai microwaveku ini. Dan beneran dech...aku coba untuk membuat daging asap beku menjadi normal mudah banget sekarang. Biasanya kan kalau mau buat sarapan pagi, suka stres jika lupa mencairkan daging asap beku atau sosis beku, karena pasti buru-buru kan waktunya. Kalau langsung di masak kan suka nggak matang sempurna Nah..dengan adanya fasilitas defrost di microwave ini, lumayan terbantu dech. Hasilnya..daging asap beku yang keras, jadi mencair dan menjadi suhu ruang dalam sekejap, cuma 2 menit udah jadi suhu ruang dan  siap di masak.


Nah..karena tadi satu pack daging asap dalam kondisi suhu ruang semua..jadi mau masuk freezer lagi kok sayang, ya udah buat campuran cemilan aja. Eh..lha kok pagi mba Elmi datang, mau nitip risol mayo di freezer, karena katanya pernah bikin risol mayo, mayonya menghilang waktu di goreng, karena nggak di bekukan dulu...hihi. Jadilah aku juga pengen bikin risol daging asap. Tapi nggak mau pakai mayo lagi, pakai ragout biasa, karena sekalian buat snack tukang yang kerja di rumah, kalau pakai mayo kan nggak doyan. Jadi risol ragout lembut aja, tapi di tambah telur rebus dan daging asap. Jadi *Amris* palsu..alias Amris ndeso..lha pakainya ragout tepung, bukan mayones...hihi. Tapi, rasanya enak lho teman-teman..menurutku kok lebih enak ini ya jika di cemal-cemil, di banding risol mayo. tapi mungkin karena lidah ndesoku aja sich, lebih cocok makan risol ragout, di banding risol mayo yang kekinian..hihi.

Untuk risol ragput ini, ragoutnya agak aku buat lebih lembut, jadi efek seperti lembut mayonya biar dapat. Caranya, ya, tinggal di buat ragoutnya jangan terlalu kental, jadi lebih terasa creamy lembut, begitu dech. Selanjutnya, tinggal di bungkus pakai kulit risol, dalamnya di beri potongan daging asap dan telur rebus. enak, gurih dan bergizi pastinya. Kalau risol ragout daging asap ini, di jamin..ragoutnya ndak bakal menghilang ketika di goreng..hihi. 

Risol Ragout Daging Asap 

Kulit Risol Lembut  ( Untuk sekitar 15 lembar )

Bahan :
100 gram tepung terigu protein sedang
2 butir telur, ukuran kecil saja
400 ml susu
1/4 sendok teh garam
Aduk rata semua bahan, buat dadar tipis-tipis

Bahan Ragout :

1 buah wortel, serut kasar
50 gram daging ayam rebus, cincang
1 batang daun sledri, cincang halus
600 ml susu cair
75 gram tepung terigu protein sedang
2 sendok makan margarin untuk menumis

Bumbu :
1/2 buah bawang bombay, iris halus
1 siung bawang putih, haluskan
Secuil kecil pala, haluskan ( 1/8 sendok teh pala bubuk )
1 sendok teh kaldu ayam
1/4 sendok teh merica bubuk
1 sendok makan gula pasir
Garam sesuai selera 
Tumis bumbu iris dan halus, masukkan tepung terigu, aduk hingga bergerindil
Masukkan susu dan semua bumbu lain, aduk rata dan masak hingga meletup-letup
Koreksi rasa. Dinginkan. 

Bahan pelengkap :
Daging asap secukupnya
Telur rebus secukupnya
Bahan Pelapis :
1 butir telur, kocok lepas ( atau sisa adonan kulit juga bisa )
Tepung panir orange secukupnya
Penyelesaian :
Ambil 1 lembar kulit risoles, beri isian ragout, daging asap dan telur rebus iris, bungkus seperti risol biasanya
Celup ke kocokan telur atau sisa adonan kulit, gulingkan ke tepung panir, goreng hingga matang

4 comments :

  1. Sy biasa mencairkan bahan dari kulkas tak masukkan ke wadah stainles trus masuk ke magic com buat masak nasi cukup 10 menit mencair deh hehe itu jg dilakukan pas bangun tidur mau shalat subuh.. siap di eksekusi hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba..mksh tipsnya..moga bermanfaat buat teman-teman lain ya..:) Kalau kami di rumah , pagi jarang makan nasi mba..hihi..:D

      Delete
  2. defrost di microwave andalanku mbak, hehehe ketauan malesnya aku ya

    ReplyDelete
  3. Mbak...cantik bgt tampilannya
    Gmn mbak caranya goreng biar cantik gt.saya klo goreng pasti item kena panir sebelumnya yg rontok trus gosong

    ReplyDelete