Monday, September 28, 2015

Ungkep Daging Kambing


Masih mengolah menu perdagingan teman-teman ?..Ini aku tambah referensi satu olahan daging kambing ya..siapa tau masih ada yang nyimpan daging kambing di freezer. Kalau aku nggak nyimpan banyak daging sich di freezer, selain karena kami qurban di Yogya aja tiap tahun, lebih banyak yang membutuhkan, di banding di Semarang sini yang kebetulan sudah banyak sekali yang qurban..karena banyak pendatang dan rata-rata keluarga mampu di sini. Tapi biar nggak berkurban di sini..hantaran daging dari mertua dan kakak ipar yo banyak..hihi. Makanya kemaren  langsung aku bagi-bagi aja ke mba artku, dan tukang yang kerja di rumah, biar mereka ikut kebagian. Jadi aku sengaja nggak simpan daging di freezer. Kemaren cuma ninggal daging kambing sedikit, karena suami pengen makan kambing. Kalau mau makan daging sapi ya tinggal beli di pasar seger dan fresh..hihi.

Olahan daging kambing kali ini, sesuai request suami dan Yodha..di ungkep saja..jadi di rebus lama sama bumbu rempah, kemudian di biarkan mengental, dan di beri sedikit kecap ketika udah kental dan matang, sudah..gitu aja. Jadi masih basah dan di selimuti bumbu, enak sekali buat makan pakai nasi hangat. Apalagi di ungkepnya lama gitu hingga empuk..*mreteli dagingnya jika di sendok..hihi. Biar Yodha mau makan soalnya. Yodha kalau daging keras, nggak mau makan, tapi kalau empuk, lahap sekali dia. Kemaren aja..waktu hari minggu jalan ke Ace..lagi ada demo manggang daging pakai panggangan gitu, langsung dech kepengen daging panggang pulangnya.beli daging sukiyaki dech yang cepat empuk. Kalau daging sapi bagian lain..yang keras dan berserat nggak mau makan juga Yodha.

Oh iya, ika mengungkep daging, pakai api kecil ya teman-teman, jika mau cepat empuk sich, pakai presto boleh,. tapi prestoku karet sealernya di hilangin mba artku ..huhu. Yo wis nggak bisa di pakai lagi..besok beli lagi dech..hihi. Jadi terpaksa kemaren merebus daging api kecil hingga 2 jam lebih..hihi. Tapi beneran jadi empuk sich dagingnya dan bumbu meresap sempurna ke dalam daging.

Oke..mau coba teman-teman, ini dia resepnya ya, agar empuk, tipsnya tutup rapat panci dan masak dengan api kecil ya teman-teman : )


Ungkep Daging Kambing

Bahan :
750 gram daging kambing
3 cm lengkuas, memarkan
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk putut
1 batang serai
1 sendok makan gula merah
1000 ml air
1 sendok teh garam ( secukupnya )
2 sendok makan kecap manis 
Bumbu Halus : 8 butir  bawang merah, 3 siung bawang putih, 6 butir kemiri, 1 sendok teh ketumbar
Cara membuat :
Rebus sebantar daging kambing di air mendidih agar lemaknya berkurang dan tidak amis
Angkat, masukkan kembali ke panci bersih, tuangi air, dan campur dengan semua bumbu kecuali kecap.
Tutup panci, ungkep hingga empuk dengan api kecil
Jangan lupa koreksi rasa di tengah-tengah waktu mengungkep agar bisa di tambah bumbu jika masih perlu.
Jika kuah sudah mengental dan daging empuk, masukkan kecap manis, aduk rata, masak kembali sebentar hingga meresap.


8 comments :

  1. Mba klo pake daging sapi bisa kan ? Nggak punya daging kambing soalnya!

    ReplyDelete
  2. Sudah nyobain....dan enaaak banget mb Didi... :)

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Mbak, kalau ngrebus daging pake panci presto, biasanya kira2 brp lm mbak? 
    Belum pernah soalnya, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, udah nemu artikelnya mbak. Td buka2 postinganmu yg kmarin2. Hehe

      Delete
  5. Nice information. Resepnya langsung di coba sist!

    ReplyDelete