Friday, September 4, 2015

Risol Mayo Daging Asap





Mayo...atau Mayonaise..adalah salah satu saus cocolan yang cukup familiar di kita ya teman-teman..saus yang terbuat dari kuning telur yang di olah dengan tambahan cuka, dll. Hemm...kalau di suruh makan mayonaise langsung..atau sebagai cocolan gorengan, steak dll..aku emoh..nggak suka banget, rasanya yang asem-asem gimana gitu..belum akrab di lidah ndesoku..hihi. Sampai akhirnya marak beredar resep risol mayo dari jaman duhulu kala..*lebay *...aku juga belum tergerak untuk mencoba membuatnya. Sampai akhirnya beberapa waktu ini..di dekat rumah ada yang jual risol mayo..tiap pagi gitu..kok ramai ya yang beli..apakah enak ?..Tapi aku yo belum tergerak hati untuk membelinya..hihi. Sampai mba Elmi, cerita..kalau penasaran beli risol mayo di situ..udah mahal..isinya dikit katanya..cuma tebel kulitnya...hihi. Wah..iya tho..pikirku..lha terus enaknya di mana jika makan risol tebel kulitnya doang gitu..hihi. Aku memang paling sebel..makan risol yang kulitnya tebel di gulung-gulung, tapi isinya pelit..berasa makan adonan tepung aja kalau gitu.

Baiklah..walaupun aku bukan penggemar risol mayo..aku coba buat aja tadi malam. Sekalian menghabiskan daging asap di freezer, dan dan  telur rebus yang niatnya mau tak buat semur tapi gak sempat sore hari. Jadilah tadi malam nguplek bikin risol mayo, bikin kulit dan di panir sekalian, lalu masuk freezer, pagi-pagi di goreng dech. Niatnya mau tak kasih mba Elmi ajah..karena suamiku juga kurang suka mayo. Dan tadi..rada-rada ragu..mau coba. Akhirnya..daripada penasaran..masak mau nulis resep nggak tau rasanya..kan aneh..akhirnya aku coba satu. Eh..ternyata enak ya..hahah. Jadi jika sudah jadi risol nggak aneh banget rasa mayo nya. Mungkin juga karena di makan anget-anget..terus di padu sama gurihnya daging asap..yang aku kasih 1 lembar per biji risolnya..plus gurih serta lembutnya kulit risol, karena pakai susu bikin adonannya..wah..baru nyadar kalau enak rasanya..hihi. Dan akhirnya aku habis dua tadi. Tapi aku ya nggak berani makan banyak-banyak..takut rasanya jadi beda..haha. Jadi 2 aja cukup dech. Tadi malam, karena baru nyoba, aku cuma buat 6 risoles mayonya, yang 4 tak kasihkan mba Elmi aja..biar buat tombo kuciwa karena kemaren beli risol mayo mahal tapi isinya pelit..hihi. Besok mau buat lagi ah..siapa tahu Yodha mau..hihi. Nah..lho..jadi ketagihan bikin risol mayo..lol..!

Untuk membuat risol mayo ini..aku sarankan sich..pakai kulit risol yang lembut dan lentur, jadi biar mudah menggulungnya. Selain itu, jika kulitnya lembut dan gurih..itu rasanya menyatu banget dengan isiannya yang juga creamy lembut. Terus..daging asapnya jangan pelit ya..hihi. Satu risol aku kasih 1 lembar daging asap yang di potong-potong..jadi ya..gurihnya dari sini kali ya..hihi. Ada juga kata mba Elmi yang di jual tuch isi..ayam atau sosis, dll. Tapi menurutku..paling enak ya daging asap ini. Tapi..jika mau di jual..nggak tau jadi berapa ya..per bijinya..hihi. Lha yang isinya dikit aja, kata mba Elmi itu harganya 3 ribu per biji..apalagi yang isinya banyak, kulitnya pakai susu, telur 2, kayak yang aku buat..5 ribu aja, masih kurang kali ya..haha. Wis..ndak usah di jual..bikin buat keluarga tercinta ajah..ndak usah di hitung biayanya..hihi.


Okeh..sekarang kita mulai buat yuk..risol mayonya..kulitnya, masih pakai kulit risol yang sering aku pakai, yang lembut dan lentur, pakai susu, hasilnya juga bisa tipis-tipis tapi lentur, jadi nggak bakalan tebel banget kulit risolnya, serta sampai dinginpun tetep lembut kulitnya. Karena untuk risol mayo nich isiannya cuma mayo, daging asap dan telur, maka kulitnya aku buat lebih gurih dengan tambahan bumbu.

Kulit Risol Lembut  ( Untuk sekitar 15 lembar )

Bahan :
100 gram tepung terigu protein sedang
2 butir telur, ukuran kecil saja
400 ml susu
1/4 sendok teh kaldu ayam
1/8 sendok teh merica bubuk
1/8 sendok teh gula pasir (  9 sejimpit kecil aja )

Bahan Isian Risol Mayo ( untuk 6 buah )
2 buah telur
6 lembar daging asap
Keju chedar jika suka, potong-potong panjang
Mayonaise secukupnya
Untuk mayonaise..aku tadi malam coba dua macam, satu, aku kasih saus sambal sedikit, satunya aku pakai original mayo aja. Rasanya sama enaknya..jadi sesuaikan selera saja ya teman-teman..mau sedikit pedas, ya kasih saus sambal, mau creamy original rasa mayo..ya mayo aja.

Bahan Pelapis :
1 butir telur, kocok lepas ( atau sisa adonan kulit juga bisa )
Tepung panir orange secukupnya ( yang orange ya..biar risol mayo nya cantik..jika susah cari,..aku jual lho teman-teman..hihi. Tepung panir yang aku jual nich kriuk banget dan cantik warnanya..:D )

Cara membuat :
Aduk rata bahan kulit, saring agar tidak bergerindil
Buat dadar tipis-tipis di teflon, aku pakai wajan kewalik aja, biar cepat.
Ambil selembar dadar, beri 1/4 butir telur, 1 lembar daging asap yang di potong-potong panjang, dan keju, serta mayo 1/2 - 1 sendok makan, sesuai selera aja.
Bungkus dan gulung seperti membuat risol biasa
Celup ke kocokan telur, lalu gulingkan ke tepung panir hingga rata

Tips :
Jika mau hemat, telur pencelup bisa di ganti adonan kulit risol, selain lebih hemat, tepung panir akan mudah melekat, di banding jika pakai kocokan telur.
Jika menyimpan risol mayo di freezer, simpan di wadah tertutup, alasi bawahnya dengan sisa tepung panir, dan juga taburi atasnya dengan sisa tepung panir, agar risol tidak lembab, dan panirnya tetap cantik merata, hingga waktu mau di  goreng.
Agar mayo nggak *menghilang* ketika di goreng, goreng risol sebentar saja hingga bagian luarnya kering, agar tetap matang sempurna,...makanya panaskan dulu minyak hingga benar-benar panas ( tapi api sedang aja, jangan besar, ntar jadi mudah gosong jika pakai api besar..:D ), dan minyak agak banyak, jadi begitu masuk ke minyak, risol mayo terendam minyak panas, cepat kering bagian luarnya, dan bagian isinya dalamnya jadi creamy lembut, karena lumer. Kalau terlalu lama di goreng, nanti mayonya jadi lumer dan meresap ke kulitnya atau malah bisa meletus, keluar dech mayo nya...jadi hilang dech mayonya..hihi. Menggoreng risol mayo juga jangan di bolak balik, jika bagian bawah sudah kering, balik sekali saja..agar nggak berminyak dan menghindari mayo keluar dari risolnya.

Untuk lebih detail, liat step by step berikut ya teman-teman, selamat mencoba...maaf, jika fotonya sedikit buram..karena motretnya malam-malam..hihi.









Untuk cara pembuatan Risol Mayo secara lebih detail...silahkan cek video tutorial berikut ini ya teman-teman.:)

 

https://www.youtube.com/watch?v=zFynJT16_Cg

4 comments :

  1. Mbak diah maaf blm sempat transfer, alhamduliah lombanya juara 3, makasih resep lekernya mbak

    ReplyDelete
  2. Mbak kulit risolnya bisa nggak di stock taruh di freezer gitu,trus tahan berapa lama? Tq ^_^

    ReplyDelete
  3. sudah saya praktekkan resep kulitnya, dan isiannya sama presis cuman keju saya potong kotak2 kecil, maksud hati biar merata...hehehehe
    lhaaaaa.....klo 1 resole 1 daging asap dijual berapaaaaannn mbaakk, 1 lbr daging asap 2.500

    ReplyDelete
  4. mbak.. mau tanya, kalau resep kulit risol tanpa susu bisa kah? diganti dengan apa ya bahan susunya? karena saya nggak minum susu. terimakasih...

    ReplyDelete