Wednesday, September 2, 2015

Mie Jowo Pedas


Tadi ke pasar kok lihat mie kampung yang  biasa buat Mie Jowo tuch lho teman-teman. Jadi pengen makan mie. Akhirnya beli dech 1/2 kg. Jika beli mie kampung atau mie pasar, pilih yang mudah di putus ya teman-teman, itu tandanya nggak pakai formalin. Pilih juga warnanya yang nggak terlalu genjreng, dan cium aromannya. Jika ada aroma meyengat..berarti pakai boraks. Walaupun mie kering banyak beragam merk, namun kadang kangen juga makan mie kampung seperti ini. Karena untuk jenis masakan tertentu, paling enak ya pakai mie basah seperti ini...seperti membuat mie Jowo, mie kopyok, dll.  Asal belinya hati-hati..nggak apa-apa kok. Sebelum di masak, rendam mie dalam air panas agar lebih lemas, dan juga lebih bersih mienya.

Nah, kali ini aku  pengen buat mie Jowo yang pedes gitu. kalau mie Jowo pedes ala aku, nggak di ulek cabenya, tapi di iris kecil-kecil aja..cabai rawitnya..jadi nggak terlalu merubah citarasa asli mie Jowonya, hanya memberi sensasi pedas aja yang menggigit. Mie Jowo..lebih afdol lagi ya..jika di masak pakai arang dan anglo, jadi citarasanya khas banget kayak mie Jowo di warung-warung mie Jowo di Yogya. Anglo sich aku punya..tapi arang nggak punya dan malas ribet..hihi. Jadilah mie Jowo pakai kompor listrik..hihi. Rasa..tetep sama enak kok..cuma sedikit berkurang aroma asap khas jika pakai anglo dan arang.


Untuk mie Jowo, yang nggak boleh ketinggalan buatku..kekian Jowo nya..yaitu tepung terigu yang di buat adonan, terus di potong kecil-kecil. enak banget itu, jika udah nyampur mie. Serasa nemu harta karun..kalau lagi  makan dan ngaduk-ngaduk mie kemepul, terus ketemu kekian yang gurih, kenyal dan enak..hihi. Apalagi kalau beli tuch..kan kekiannya dikit...jadi serasa tambah enak..haha.

Nah..kalau buat sendiri..bisa puas dech, tambahin kekian banyak-banyak..jadi lebih puas makannya. Kekian terbuat dari tepung terigu aja, jika mau  empuk, bisa pakai telur, jika mau keras, nggak usah pakai telur, sesuaikan selera. Kalau aku..suka semuanya..hihi. Selamat mencoba ya teman-teman.
Resep Kekian Terigu 

Bahan :
150 gram tepung terigu 
1 butir telur
200 ml air
1 bawang putih, haluskan
1/2 sendok teh kaldu ayam
1/8 sendok teh merica bubuk
Garam secukupnya jika suka lebih gurih, tapi jangan terlalu asin ya

Cara membuat :
Aduk rata semua bahan, sendokkan tipis melebar ke minyak yang sudah di panaskan. Goreng hingga matang. Dinginakan. Potong serong kecil.
Simpan kekian di kulkas jika masih sisa, bisa di gunakan esok harinya untuk nasi goreng, atau cap cay.

Mie Jowo

Bahan :
250 gram mie basah
5 buah cabai rawit merah, potong tipis serong ( sesuai selera pedasnya )
1 potong paha ayam goreng atau rebus, suwir-suwir
2 butir telur
2 lembar kol, iris kasar
3 lembar sawi hijau, iris kasar
1/2 buah tomat, potong jadi 3
2 batang daun bawang, potong serong
50 ml air kaldu ayam 
1/2 sendok teh kaldu ayam dan garam secukupnya
1 1/2 sendok makan kecap manis ( sesuai selera manisnya )

Bumbu halus :
1 siung bawang putih
1 butir kemiri
1/4 sendok teh merica

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga harum dan matang, sisihkan di pinggir wajan 
masukkan telur, buat orak arik kasar. Masukkan ayam, cabe, dan sayuran, aduk rata hingga agak layu, masukkan air.
Terakhir masukkan mie dan semua bumbu lain, aduk rata dan masak hingga meresap
Taburi bawnag goreng. Sajikan hangat


8 comments :

  1. Mbak kekian yang disimpan di kulkas,tahan berapa lama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di bawah 2 harian aja mba..kalau di freezer ya bs lama 1 mingguan...:D

      Delete
  2. Bagi dong mba Di....^_^ Weiss bikin tambah laper nih lihat mie jowo yang pedesss. Kelihatan maknyuss, pasti bikin kemepyar.. hihi ^_^

    ReplyDelete
  3. Looks so yummy mbak. Seneng banget sama blog ini. Mbak Didi memang spesialisnya masakan Jawa. Pantesan aku l bikin mi goreng Jowo nggak karu2an rasanya. Kebanyakan pakai miri ternyata. Love you mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi.,..iya mba..kemiri dikit aja..ya :)

      Delete
  4. hallo jeng Didi,.. kekiannya mengingatkan saya kpd Ibu tercinta,.. Beliau juga selalu buat kekian utk mie, capcay, atau utk nyamian,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba wiwik....ibu sy juga..malah suka bikin cap cay kekian aja biasanya..:)

      Delete