Wednesday, September 9, 2015

Bakwan Sayur & Bakso


Mulai hari ini mulai buat cemilan lagi untuk tukang yang kerja di rumah. Wua..kemaren udah bersih dan rapi lantai atas, berantakan lagi dech, huhu..ternyata ada yang urgent harus di benerin kamar lantai atas. Yo wis..daripada nunggu lama-lama sekalian aja. Tadi mau buat risol atau lumpia..waktunya ndak cukup. Akhirnya biar cepat..buat..bakwan sayur aja..hihi. Asal di sajikan pas anget abis di goreng, pasti enak kok. Dan beneran langsung habis sich tadi.

Iseng tadi buat bakwan sayur aku tambahin bakso yang ku iris-iris, kok enak juga..jadi seperti menemukan rasa gurih, bonus di setiap gigitan..yang tersebar di antara gurihnya bakwan sayur..hihi. Jadi mungkin bisa jadi ide menu lauk untuk anak-anak yang biasanya suka bakso ya..teman-teman. 

Bakwan favoritku ya bakwan sayur gini, wortel, dan kol yang di iris tipis-tipis..rasanya itu enak banget..dan cocok di jadikan lauk pecel, lotek, dll. Membuatnya juga mudah saja..tinggal cemplang cemplung bahan, goreng. Tips membuat bakwan yang enak..pakai protein rendah atau sedang ya terigunya teman-teman. Jangan yang tinggi protein, ntar jadi alot..hihi. Menggoreng bakwan juga di api sedang yang sudah di panaskan, minyak agak banyak, hingga terendam, agar bakwan garing di luar, lembut di dalam, dan nggak berminyak.

Mengaduk adonan bakwan juga nggak perlu di uleni pakai tangan, kayak di penjual gorengan tuch..malah jadi keras juga nanti bakwannya. Cukup di aduk ringan pakai sendok..dengak penuh kasih sayang perlahan-lahan *halah..bahasanya..lol..! *

Oke..ini dia resep bakwannya, walau semua udah bisa bikin, tapi buat teman-teman yang masih pemula di dapur..mungkin bingung takarannya ya...jadi aku tulis aja ya..:)

Bakwan Sayur & Bakso

Bahan :
1/6 buah kol, iris tipis
1 buah wortel, potong korek api
2 batang daun  bawang, iris halus
1 batang sledri, iris halus 
5 buah bakso, potong tipis -tipis jadi 6 bagian
150 gram terigu protein rendah
1 butir telur
Kaldu ayam bubuk 1 sendok teh dan garam secukupnya
Gula Pasir 1/4 sendok teh ( biar rasa gurihnya muncul )
Air 100 ml

Bumbu Halus :
2 siung bawang putih
1/8 sendok teh merica butiran

Cara Membuat :
Campur aduk semua bahan dan bumbu halus hingga rata.
Goreng di minyak panas terendam sampai matang dan kecoklatan.
Sajikan hangat dengan cabai rawit.


4 comments :

  1. halo mba salam kenal

    saya juga termasuk penyuka bakwan sayur apalagi yg kriuk2, yg saya mw tanya kl bakwannya ditambah telur kenapa jadi lembek ya, gbs kriuk, ada tips nya g?

    ReplyDelete
  2. boleh juga mbak masukkan bakso yg diiris2... pasti enak. nyoba ah .. makasih idenya ya mbak. -irene

    ReplyDelete
  3. Kl sy biasanya tambah 2 sendok tepung kanji, lebih gurihh

    ReplyDelete
  4. Ini favoritku waktu kuliah, ada warung nasi lengko di belakang kampus. Pasti nyamblek2 bala-bala ini sebanyak2nya deh hihihi jadi pengen nyobain

    ReplyDelete