Monday, September 21, 2015

Tips Membuat Bento Lunch Box


Hari ini..masih  sibuk dalam rangka ultah Yodha. Tadi dari pagi..kok nguplek di dapur..di bantu Mba Elmi..nyiapin bento buat di bawa Yodha ke sekolah. Alhamdulillah..walaupun cuma berdua aja masaknya..30 box bento nasi kuning...siap di antar siangnya ke sekolah. Ide bawa bentonya juga dadakan..setelah diskusi sama Yodha..dia minta bento bola. Jadi hari Kamis kemaren, langsung pesan box bento online..untung bisa sampai rumah Sabtu bento boxnya.

Masak segitu banyak lauk..bisa cepat berdua aja..?..Bisa dong..karena bentonya isinya dari tepung daganganku semua..hahaha. Perkedel dari tepung kentang seduh, kremesan, dari tepung kremes, tempura udangnya pakai tepung tempura, terus yang di bungkus panir itu, sosis sapi katsu, jadi sosis sapi yang di celup ke adonan tempura basah, terus di gulingkan ke tepung panir orange. Dapat ide sosis katsunya..mendadak kemaren sore..waktu makan di Gigle Box tuch Yohda pesan nasi goreng, ada sosis katsu gitu kok enak. Dan ternyata memang enak lho..teman-teman..kriuk gurih. Terus satu lagi, lauk kriuknya...itu ayam pok-pok..dari fillet ayam yang di potong kecil-kecil, terus di lapis *Tepung Krispi*, lalu di goreng. Jadi semua itu pakai hasil tepung-tepung yang aku jual Semoga menginspirasi buat teman-teman yang mau buat bento untuk ulath anak-anak..bisa pakai aneka tepung praktis saja..cepat dan nggak capek masaknya, tapi rasanya tetap homamade lho..kan tepung-tepungnya kan juga homamade..:D

Untuk bento bolanya..aku pakai cetakan bola setengah lingkaran. Sebelumnya..nori di potong-potong sesuai motif bolanya, lalu di tempel ke dalam cetakan, lalu di timpa nasi kuning yang masih panas, lalu di padatkan. Harus masih panas ya,..teman-teman agar mau menempel di nasinya. Jika sudah dingin susah menempel nanti norinya. Untuk norinya...aku pakai nori asin...yang sudah berbumbu....dan lembaran kecil-kecil..kayak keripik siap makan. Biasanya nori ini di pakai untuk nasi gulung. Nori seperti ini di supermarket banyak, baik yang lokal, atau yang impor dari Korea banyak.



Hiasan, bisa daun peterseli atau selada. Untuk tambahan bisa pakai mi goreng atau cap cay. Tapi biasanya kalau ulang tahun lebih cocok mie ya teman-teman. Lengkapi juga dengan telur dadar gulung, udah..jadi dech bento bola..lengkap dengan lauk pauk. Mau di kasih stiker, bisa, di print saja  pakai kertas stiker..lebih murah dan cepat. Nggak perlu nyetak ke percetakan khusus.

Okey..semoga bermanfaat ya teman-teman tipnya. Oh iya..bento lunch box ini..banyak di jual di toko plastik, atau online juga banyak. Semoga bisa menjadi ide, untuk perayaan pesta ultah anak ya. Kalau buat bento gini, jika sendirian, bisa nyicil dulu yang bisa di buat sehari sebelumnya, misal, perkedel, di buat dulu, baru esoknya di goreng. Sosis katsu dan ayam pok-pok, di goreng setengah matang dl...simpan di freezer, besoknya di goreng lagi. Kalau tadi untung aku di bantuin mba Elmi, jadi setengah hari bisa mateng semua makanan, fresh.

Okey..sudah pesta ultah Yodha udah usai..waktunya semangat kerja lagi...ngurusi orderan, packing dll yang sudah menumpuk menunggu di beresin..:) Semangattt..! :D


4 comments :

  1. Masya Allah Mbk Diah,mewah betul bentonya! Eyang jg pingin bentonya Kak Yodha.Slmt milad ya.GBU.(Salam dr Omi van Obien).

    ReplyDelete
  2. Mba diah boleh tahu olshopnya ga? soalnya q juga lagi nyari wadah bento yang item kayak gitu :D

    ReplyDelete
  3. mbak tepung tempuranya kalau mau beli add pin bb/wanya ada? berapa harganya?

    ReplyDelete
  4. itu bentonya isi karbo sama protein semua nggak ada sayurnya kah??

    ReplyDelete