Friday, September 11, 2015

Nama Bagian Daging Sapi dan Jenis Masakan Yang Cocok


Hari ini..libur masak...karena sibuk packing..hihi. Dari kemaren sich sibuknya. Alhamdulillah dapat order ratusan kilo tepung leker. Buat perusahaan atau pabrik kali biasa ya order ratusan kilo gitu..tapi kalau untuk usaha rumahan kayak kami..order ratusan tepung leker dalam waktu dua hari, udah membuat lembur dan deg-deg an, waktunya nyampai nggak, karena mau di pakai untuk hari Minggu. Akhirnya 2 hari lembur dech. Untung aku punya team kecil yang semua penuh semangat..hihi. Mba El yang nge mix dan nimbang tepung satu persatu tepung lekernya..jagoan bener dech..dalam sehari bisa dia buat 200 kg tepung leker..hihi..padahal tepung leker itu di timbang dan di buat per resep 1 pack lho teman-teman, agar rasanya citarasanya tetap stabil dan nggak beda tiap kemasannya. Salut dech. Aku dan  pak Boss ( baca suami )..yang nyusun dan packing ke kardus..sampai subuh tadi..hingga pagi..alamdulillah bisa kirim tepat waktu ke ekpedisi Cobra buat di kirim. Bersyukur dech..dengan rejeki hari ini. Walau capek..tapi bisa memenuhi target itu..seneng banget. Habis packing leker, lanjut packing order harian..jadilah nggak sempat masak...hihi. Besok ya teman-teman..sekalian tunggu ruang atas beres, aku masak-masak lagi. Tadi aja buat tukang yang kerja..aku kasih roti..tapi nggak di habisin..hihi..beda jika cemilan aku buat sendiri, pasti ludes..!

Okey dech..karena belum masak menu baru aku tulis tips aja ya. Masih lanjut membahas per *daging* an..sekarang kita belajar tentang bagian-bagian sapi yuk, agar nggak keliru memilih daging jika mau masak daging sapi, waktu hari raya Idul Adha nanti. Semoga bermanfaat ya. Aku ingat posting tips ini, setelah kemaren makan bakso di Pak Geger..eh ada foto bagian-bagian sapi..langsung motret dech..sayangnya..cuma pakai kamera tab..plus dari jauh motretnya...karena pas di bawah fotonya ada pengunjung lain yang duduk..hihi..moga-moga jelas dech fotonya ya teman-teman.

Baiklah aku ulas ya tentang bagian-bagian daging sapi dan masakan apa yang cocok. Kebetulan aku pernah belajar sama Kakakku yang di Probolinggo yang punya peternakan sapi. Kakakku kebetulan lulusan peternakan UGM..jadi musti lumayan ahli tentang per *sapi* an..hihi. Kakakku jago bikin homamade Yogurt juga lho teman-teman..dan enak sekali rasanya..beda sama yogurt buatan pabrik. Sayange mau belajar  bikin homamade yogurt kok jauh ke Probolinggo sana..huhu..waktunya yang nggak sempat-sempat.

Okey baiklah..mari kita bahas tentang bagian-bagian daging dan fungsinya dalam masakan ya..

No 1 & 2, Daging Punuk ( Blade ) dan Paha depan ( chuck )..daging ini cocok untuk membuat menu semur, empal, kari, abon. 

No 3, Daging  Lamusir Depan ( Cube roll ), bagian ini cocok untuk membuat Steak, Sate dan Shabu-Shabu

No 4, Has Luar ( Sirloin ) , daging ini cocok untuk menu steak, daging sukiyaki. dan yakiniku

No 5 , Has Dalam ( Tenderloin ), bagian ini cocok untuk membuat steak, sate

No 6  Penutup / Tanjung ( Rump ) daging ini cocok untul bistik, rendang, empal, dendeng, abon , kari

No 7 Gandik ( silver side ) daging ini cocok untuk menu bistik, empal, rendang, bakso, abon

No 8 Kelapa ( Inside ) , daging bagian ini cocok untuk membuat menu kornet, sate, daging giling

No 9 Sengkel ( Shank ), daging bagian ini, cocok untuk membuat semur, sop dan rawon

No 10 Samcam ( Flank ), daging bagian ini cocok untuk memasak sop, rawon, corned, dan daging giling

No 11 Iga ( Rib ), wah..kalau ini daging favoritku, enak di masak apa aja ya..hihi..ada banyak olahan iga yang enak-enak di webku ini..mau di panggang, di bakar, di sup, di rawon, semur , dll..kok ya enak semua..hihi.

No 12 Sandung lamur ( Brisket ), kalau ini bagian daging favorit ku selain iga..karena berlemak dan empuk jika di masak..serta membuat masakan jadi gurih. Sandung lamur nich juga cocok untuk aneka masakan, camuran tumisan, sop, sayur asem, sayur nangka dll..sering banget aku pakai sandung lamur ini.

Nah..itu ya..sedikit panduan untuk memasak daging teman-teman..moga bisa sedikit menambah wawasan di dapur ya..terutama buat teman-teman yang baru belajar masak. Tapi sebenernya fleksibel aja sich..mau di masak apa ya daging ya terserah kita, namun jika kita sesuaikan dengan fungsi masing-masing, kan bisa lebih enak dan maksimal hasil masakan kita ya teman-teman. Contoh misal..masak rawon..memakai daging gandik..menurutku memang *sepo ( hambar ) dan kurang sip rasanya. Demikian juga kalau mau buat steak, kalau salah daging..bisa keras hasil steaknya.




Okey..happy weekend ya teman-teman..moga besok udah bisa masak-masak lagi dech aku.

Cheers,

DD







10 comments :

  1. Alhamdulillah.. Terimakasih Mbk Diah info yg mencerahkan .Gambar jg jelas.Begitu sibuknya msh nyempatkan posting yg up to date..menjelang 'Idul Adha.Salut deh.Smg menjd amal jariah.(Salam dr Omi van Obien).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Bunda..sama2 ya...:) semoga bermanfaat :) Rasanya ada yang kurang, jika nggak nulis :)

      Delete
  2. Makasih mba Di tambahan ilmunya, sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  3. Loh Mbak kirain tepung leker tu Dr supplier trnyata Mbak racik sndiri ya..hebaat mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mba..resepnya dulu beli resep leker terkenal..di racik sendiri..:D.

      Delete
  4. Mbak, kalo mau lihat jualan mbak di mana ya? Pengen loh mbak beli tepung-tepungan gitu sama mbak. Tapi ga tau caranya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..maaf belum sempat buat satu kanal toko gt di sini..jadi masih nyebar di postingan aja jualannya..hihi..tapi malah seru..:D ada tepung kentang seduh, kentang pati, leker, martabak, krispi, kremes, tempura, panir orange, terasi, petis, aneka premik Lazetta , dll. Sms aja ke 089654712500..atau email di bundadidi@gmail.com ya

      Delete
  5. Bun..nuwun pencerahannya yah..kalau sempat bagi resep Babat Gongso yg otentik Semarangan duunk...

    ReplyDelete
  6. catet catet...TFS Maak...sy gak paham blas nih soal ini. Klao beli di supermarket kan biasaya ditulis tuh, "judul"nya jadi lebih paham tp klo enggak ya saya gak bisa milih hihi

    ReplyDelete