Wednesday, September 16, 2015

Tempura Jagung


Kemaren waktu kirim paket-paket ke JNE..dapat kabar hari kemaren mulai naik..tarifnya. We la dalah..bbm gak naik kok tarif JNE naik yo..hihi..aneh. Jadinya banyak tombok dech untuk kiriman-kiriman yang udah deal 2 hari kemaren dan pada baru transfer..hihi. Ra po-po...kadang terjadi dalam bisnis ya teman-teman. Jadi sekalian kasih pengumuman..jika tarif jne naik..per kemaren ya..jadi misal ke Jakarta biasanya 10 ribu..sekarang 13 ribu. Tapi tenang..pakai wahana atau pos saja teman-teman jika mau ekonomis..hihi..selisihnya lumayan..wahana 7 ribu per kg ke Jakarta...hihi. Atau pakai jasa pengiriman pos..ekonomis juga kok. Jika order banyak..bisa pakai jasa ekspedisi..seperti Cobra, langsung trucking..5 kg pertama 50 ribu, kilo selanjutnya..1250. Tapi sayangnya Cobra baru melayani kota-koat besar di Jawa..jadi buat teman-teman di luar Jawa ya..jasa pos yang lebih ekonomis. Atau jika di atas 20 kg..bisa pakai indah cargo, dll. So don't worry..be happy..hihi..belanja online tetap bisa hemat ongkir kok...:D. Tetap semangat ya..buat teman-teman yang punya usaha online juga..yang penting tetap berusaha dan berdoa..pasti di lancarkan..:) 

Baiklah..mari kita kembali masak-masak aja yuk. Ini menu simpel tadi pagi untuk snack para tukang yang kerja di rumah. Walaupun sibuk tetep di sempatkan bikin snack untuk mereka. Karena kalau di beliin kok ya nggak pada di makan...hihi. Ya gak pa-pa dech nyenengin orang lain, apa lagi orang-orang yang sudah bekerja keras setiap hari membantu kita tak ada salahnya. Tukang yang kerja di rumahku tuch udah sering kerja sama aku dari lama, yang satu kerja tetap rutin di rumah bersih-bersih halaman dll, yang satu ponakannya bantuin jika ada kerjaan yang berat seperti sekarang renovasi kamar atas. Jadi di suruh apa-apa nurut..kadang tak suruh ke jne atau wahana juga udah bisa kirim-kirim barang, jadinya walau nggak punya pegawai yang khusus bantu mengurus orderan, kadang sesekali menyuruh mereka, jadi tertolong jika harus kirim barang mendesak. Nah..tadi nengok di tukang sayur hanya ada jagung. Ya udah mau bikin bakwan jagung aja..tapi eh..ternyata stock terigu protein sedangku habis. Seperti biasa..langsung tengok tepung-tepung dagangan. Jadi ingat beberapa waktu lalu ada teman yang nge taq di page..membuat bakwan jagung pakai tempura...enak katanya.


Langsung dech aku coba tadi pagi..dan hasilnya beneran renyah     gurih dan ringan bakwannya..jadi aku namain tempura jagung aja ya..hihi. Karena walaupun mirip bakwan jagung, tapi tekturenya enak, kriuk ringan beda rasanya. Sampai dingin juga masih kriuk renyah..alhamdulillah. Cara membuatnya juga mudah..langsung campur-campur bahan aja..hihi. Tepung tempura Sriboga ini memang renyah banget hasilnya..karena terbuat dari tepung khusus racikan Sriboga. 

Tempura Jagung

Bahan :
4 buah jagung manis segar, 2 di pipil biasa, 2 di blender kasar ya dengan 100 ml air
1/2 buah bawang bombay, 1 batang daun bawang, iris halus
1/4 sendok teh bawang putih bubuk ( atau bawang putih halus 1 siung aja )
1/4 sendok teh kaldu ayam ( atau garam sesuai selera )
1/8 sendok teh gula pasir
1/8 sendok teh merica bubuk
150 gram tepung tempura

Cara membuat :
Campur semua bahan, aduk rata hingga jadi adonan agak kental sedang seperti bakwan. 
Sendokkan ke minyak yang sudah di panaskan hingga matang dan renyah
Sajikaan hangat dengan saus sesuai selera atau cabe rawit juga enak..:D


2 comments :

  1. Mbak di , aku mau laporan nih kemarin aku bikin tempe karage pakai potato starch enak banget ya jadinya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp mba..bisa buat goreng jamur juga..kulit ayam, dll..enak..:D

      Delete