Friday, September 25, 2015

Mengenal Microwave Lebih Detail


Happy long weekend ya teman-teman, eh..beneran libur panjang nggak teman-teman ?..hihi. Soale kalau Yodha libur dari kemaren, masuk lagi sekolah hari Senin, sedang papinya tetep masuk kerja hari ini. Pasti masih banyak menu perdagingan ya hari ini, jadi libur posting resep dulu ahh..hihi. Besok, jika udah pada bosan daging, tak posting resep sayuran..hihi. Jadi kali ini mau nulis tips ringan aja tentang Microwave ya.

Microwave..buat yang baru berkenalan dengan dapur, pasti sepintas mengira mirip dengan oven. Memang, dari segi bentuk tak jauh beda, tapi biasanya microwave lebih kecil di banding oven. Yang membedakan adalah cara kerjanya. Kalau oven  dari panas langsung, berbeda dengan microwave yang menggunakan getaran gelombang micro untuk menimbulkan panas. Microwave bekerja dengan cara memancarkan gelombang elektromagnetik berfrekuensi super tinggi, yakni di atas 3 GHz (3×109 Hz). Jika gelombang micro di serap oleh sebuah benda, maka akan muncul efek pemanasan pada benda tersebut, jadi makanan menjadi panas dan matang dalam waktu singkat. Gelombang mikro, di hasilkan dari tabung elektronik magnetron, yang kemudian di sebarkan ke area pemasakan melalui celah terbuka pada bagian atas, dan di bantu baling baling gelombang mikronya mengasilkan penyebaran panas yang merata. Proses inilah yang di manfaatkan oleh microwave, sehingga kelebihannya di banding oven, suhu di luar nggak ikut panas. Jadi jika kita memanaskan makanan pakai microwave, akan ada piring mutar di dalamnya.

Microwave ada beberapa macam, sesuai fungsinya, ada yang hanya untuk memanaskan saja, ada juga yang tipe grill, yang bisa untuk memangggang seperti ayam, ikan, atau daging. Ketiga..microwave tipe convection, yang bisa juga untuk memanggang kue. Jadi perhatikan fungsinya mau buat apa, sebelum memilih microwave ya teman-teman. Kalau aku, karena sudah ada oven, jadi fungsi memanggang kue, nggak perlu, jadi cukup beli yang untuk menghangatkan dan memanggang makanan aja,  jika mau masak yang praktis-praktis.

Kelebihan microwave :

Selain cepat, mudah, dan praktis, keistimewaan lain dari microwave adalah tidak perlu menggunakan banyak minyak untuk memasak dan memanaskan makanan
Zat gizi makanan tidak banyak yang terbuang, karena tidak perlu media air yang banyak
Citarasa alami makanan tidak banyak berubah
Ruangan di dapur tidak jadi panas, karena suhu tidak keluar
Microwave juga bisa mensterilkan beberapa peralatan dapur, seperti spon cuci piring, dll
Memasak daging dengan microwave aakan membuat daging matang hingga ke dalam dalam waktu singkat, namun kelemahanna microwave tidak bisa memberi efek gosong atau karamel,  tapi jika mau, kita bisa memilih microwave yang di lengkapi peralatan browning element

Tip aman memakai Mircrowave.

Keselamatan adalah faktor kunci memakai microwave.  Untuk memasak bahan-bahan yang tertutup seperti telur, kentang, sosis, ikan utuh ataupun daging yang berongga, sebaiknya diberi lubang / dipecahkan terlebih dahulu bahan tersebut, sehingga udara panas bisa keluar. Jadi jika memanaskan makanan dengan wadah tertutup, pilih yang tutupnya berlubang, atau jika tidak ada lubang, buka sedikit tutupnya, agar aman.
Microwave mematangkan dari dalam dulu, jika tidak diberi lubang udara supaya udara bisa keluar, maka bahan makanan tersebut akan meledak, sesaat setelah dikeluarkan dari microwave.

Selain itu, Jangan menggunakan alat masak dari logam, baik berupa pinggan, loyang, bowl maupun alat pengaduknya. Logam akan memantulkan Gelombang mikro dan dapat menimbulkan percikan api. Piranti logam tidak dapat ditembus oleh gelombang mikro sehingga panas tidak maksimal. Gunakan wadah dari kertas, plastik, gelas, kayu, tembikar atau melamin. Tapi ingat pilih dari bahan-bahan yang aman dan tahan untuk microwave ya teman-teman.

Menambahkan minyak minyak atau garam sebaiknya dilakukan sebelum makanan di masukan ke dalam oven. Percikan api penyebab kebakaran akan timbul jika Anda menambahkan kedua bahan ini di saat makanan sudah di dalam microwave.

Aku pernah baca, ada beberapa orang yang mengalami pengalaman buruk dengan microwave, misal, telur meledak, wadah terbakar, ikan  yang di panggang meledak, dll. Tapi sebenernya asal kita mau memeperhatiakn hal-hal di atas, pakai microwave aman-aman saja kok, jadi jika kita belum mengenal banyak tentang microwave ini, sebaiknya memang banyak berkenalan, baca petunjuk baik-baik, dan banyak belajar dari berbagai sumber. 

Oh iya..microwave ini wattnya memang tinggi, karena di perlukan untuk memasak makanan dalam waktu singkat. Jadi jika mau memilih microwave, jangan terkecoh dengan watt yang rendah, karena percuma juga dong, jika watt rendah, tapi waktu memasak jadi lebih lama, jadi nggak praktis lagi dong, dan tetap boros kan wattnya..hihi. Dari berbagai fitur microwave yang di tawarkan di pasaran, salah satu yang membuatku tertarik adalah fiitur defrost, yang bisa mencairkan makanan beku dalam sesaat, jadi cukup membantu buat emak-emak riweuh kayak aku yang suka bangun kesiangan dalam menyiapkan sarapan..karena suka lembur kerja malam harinya...hihi. Soalnya Yodha paling suka makan yang praktis kalau sarapan, jadi makanan beku   seperti daging asap, sosis, dll, selalu tersedia di freezer.

Okey, semoga bermanfaat ya sedikit info gadget dapur microwave ini teman-teman. Selain bermanfaat, microwave juga cantik buat hiasan dapur..hihi. Soalnya dapurku kan semi dapur yang sebenernya buat foto-foto makanan aja fungsi utamanya, jadi dapur bersih aja. Tapi sejak Yodha pindah kamar ke lantai atas, akhirnya, kalau buat sarapan ya di atas sekalian, daripada capek naik turun tangga rumahku yang lumayan tinggi, hihi. Ini dapurku bersihku di lantai atas..belum komplet sich gadgetnya, karena selain males mindahin barang-barang dapur bawah. Alasan aja sich sebenernya malesnya...maksudnya biar bisa beli pernik-pernik dapur baru..terus buat dapur atas..hihi. Tapi lumayan, bisa mewujudkan dapur impian dari hasil jerih payah sendiri tuch sesuatu banget ya teman-teman..daripada buat belanja baju terus..haha. Kalau buat bikin dapur kan awet..bisa di pakai dan di lihat-lihat tiap hari...bisa buat foto-foto sehari-hari alias buat kerja juga kan. Nich ponakan-ponakanku aja jadi pada suka foto-foto di dapurku..hihi.









10 comments :

  1. Aq bsok kl punya dapur mW q bkin gini jg ya Mbak..cantiiikkk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp semangat mba..minimalis aja biar mudah bersih2nya..:D

      Delete
  2. masak2 di dapur ky gini jadi betah bgt ya mbak. Oia mbak punya akun intagram ya? Kmrin sy liat tapi ragu2 jug mau follow. Mohon konfirmasinya...

    ReplyDelete
  3. mbak...naksir rak rotannya.baguss...beli dimana mbak? yg disebalh kulkas sama yg diatas meja

    ReplyDelete
  4. mbak... kompornya ada dimana..?
    btw, salut ama dapurnya keren beut...

    ReplyDelete
  5. Mba diah salam kenal.ovennya merek apa ya mba

    ReplyDelete
  6. Haii salam kenal... boleh tahu, mbak diah pake microwave merk apa? awet ga?

    ReplyDelete