Google Ad

Thursday, September 3, 2015

Cap Cay Jowo


Masih dalam rangka memanfaatkan sisa kekian Jowo kemaren, tadi aku buat Jap Cay Jowo..buat sarapan. 

Sebelum masak..aku mau kasih pengumuman dulu ya..bahwa no hp ku yang buat nerima order tepung-tepung yang aku jual, melalui WEB ini,  hanya no ini ya teman-teman..089654712500 ( SMS ONLY ), sekarang udah bisa WA juga..di nomor yang sama. WA aku foto profilnya fotoku sama Yodha..jadi mohon teliti jika ada no hp selain no di atas menghubungi teman-teman, itu bukan aku ya teman-teman. Sedih dech..tadi ada teman yang email, tertipu oleh orang yang mengatas namakan aku..huhu. Semoga tidak ada kejadian seperti itu lagi...hati-hati ya teman-teman. Aku ada beberapa reseller produk yang aku jual, tapi mereka menjual dengan nama reseller masing-masing, jadi no problem..tapi jika ada orang yang memakai namaku untuk menipu orang lain, itu ulah orang yang tidak bertanggung jawab ya teman-teman.

Oke..sekarang mari kita masak-masak lagi yuk..bikin cap cay Jowo. Cap cay ini biasa di jual di penjual nasi goreng Jowo di warung mie dan nasi goreng Jawa. Kemaren waktu aku posting mie goreng Jawa, ada temen yang masih bingung, cara menumis bumbu dan membuat orak arik telur dalam satu waktu..baiklah aku fotokan step by step ya..:)

Membuat cap cay Jowo, bahan utama sayuran, biasanya wortel, kol, sawi putih, sawi hijau, daun bawang, bunga kol. Lalu yang bahan tambahan itu bakso, suwiran daging ayam, ati ampela yang sudah di rebus, dan telur. Bumbu sama seperti bumbu nasi goreng atau mie goreng Jawa. Cap cay goreng Jawa ini ada dua macam, ada yang bercitarasa gurih atau sedikit manis, karena pakai kecap. Aku suka yang agak manis..jadi yang pakai kecap. Beneran..walau terkesan aneh..cap cay kok pakai kecap..tapi enak lho teman-teman. Rasanya jadi seimbang gurihnya...hihi. Jika mau pedas, tinggal di tambah irisan cabai rawit merah...tambah enak..! 

Oh iya..cap cay Jowo ini paling enak sich pakai ayam kampung suwiran ayam nya..hemm..jadi lebih gurih dech, tapi jika tidak ada, pilih ayam bagian paha ya teman-teman untuk suwiran campuran masakan begini, karena jadi lebih liat tekture ayamnya. Tambahan ati ampela juga membuat cap cay ini sudah padat gizi dalam satu hidangan. Cocok dech untuk menu sarapan atau makan malam.

Okey..mari kita mulai masak cap cay ya..:)

Pertama siapkan bahan-bahan dulu :

Bahan cap cay Jowo :
100 gram kekian goreng, potong-potong ( resep di SINI )
1 buah paha ayam, 1 pasang ati ampela, potong-potong
5 buah bakso, potong tipis
1 buah wortel, potong serong tipis
5 lembar daun sawi hijau, potong-potong 
3 lembar sawi putih, potong-potong
2 lembar kol, potong-potong
2 batang daun bawang, potong serong
1/4 kuntum bunga kol, potong-potong
1 butir telur
50 ml air
1/2 sendok teh kaldu ayam dan garam sesuai selera
1/2 sendok makan kecap manis
2 siung bawang, 2 butir kemiri, 10 butir merica butiran, haluskan


Tumis bumbu halus hingga matang, dan harum


Sisihkan bumbu di pinggir wajan, lalu masukkan telur, buat orak arik


Masukkan air, daging ayam dan bakso, serta ati ampela. Biarkan mendidih, masukkan wortel dan bunga kol dulu, dan masak sebentar agar matang duluan. Atau jika mau cepat, celup duluan wortel dan kembang kol ke air mendidih, sebelum di masak, jadi proses menumis cap cay di lebih cepat.


Masukkan sisa bahan dan bumbu kecuali kecap manis. Aduk rata hingga sayuran layu, baru masukkan kecap manis. Aduk rata.

Koreksi rasa, sajikan hangat



13 comments :

  1. salam kenal,mba diah.. Itu capcaynya kyknya enak bgt dan foto2nya selalu keren ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mba Nurul..salam kenal juga mba..mksh......di coba mba..:D

      Delete
  2. Mba DD itu wajannya bahannya teflon atau apa yah :)

    ReplyDelete
  3. Mb Diah. hihi iya aq juga mo komentar wajannya.. kok kayaknya enak banged.. sedeng tp cekung gitu modelnya.. merk apa mba ?? beli dimana ?? hehehe...

    ReplyDelete
  4. Mba Inayah..mba Wiwit, jawabnya barengan ajah ya..itu merk Maspion hihi..beli di Carefour..pas diskon harga 199 rb..jadinya 100 ribuan gituh..iya bahan teflon..judulnya Wok..:D

    ReplyDelete
  5. Mba Diah, berarti bumbu yg di tumis hanya sebagian saja ya mba? Sisanya saat semua bahan dimasukkan? :)

    ReplyDelete
  6. mbak beli wajan kyk gitu beli dimana ? namanya apa ?

    ReplyDelete
  7. Enaaaak.. Aku juga suka buat cap cay isi apa ajaaa yang ada di dapuuur et kulkas.. Yuuum

    ReplyDelete
  8. ehmmmm... aromanya kecium sampek sini :p heheh

    ReplyDelete
  9. Waahhh pengen nyoba resepnyaaa buat menu takjilan di musola deket rumah. Btw ini resep kira-kira untuk berapa orang yaaa bund?

    ReplyDelete
  10. Terima kasih resep dan langkah yang detainya Bun, siap di coba 😊

    ReplyDelete
  11. <a href="http://www.tokowallpaperdinding.com.>toko wallpaper tangerang</a> Teruskan karyamu supaya bisa memberikan wawasan kepada generasi muda untuk mahir kuliner dan bisa bermanfaat lebih banyak....di tunggu resep terbarunya yang lebih unik....TX

    ReplyDelete
  12. Sudah coba dan ini uenak pol, makasih ya bun

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel