Wednesday, May 27, 2015

Tips Mempersiapkan Menu Sahur Dengan Cepat


Alhamdulillah..sebentar lagi udah mau masuk bulan puasa lagi ya teman-teman. Nah..buat ibu-ibu di rumah nich..pastinya...salah satu tanggung jawab kita nich pasti mempersiapkan menu buka puasa dan sahur untuk keluarga. Bulan puasa adalah bulan yang spesial..dan bukan bermaksud berlebihan juga ya..jika kita ingin menyajikan aneka menu yang enak untuk keluarga tercinta. Menurutku itu sebagai wujud perhatian kita ya..sebagai ibu..agar keluarga di rumah..apalagi anak-anak ya teman-teman untuk lebih semangat menjalankan ibadah puasa. Besok Yodhaku mau puasa full sehari juga nich katanya..hihi..moga2 beneran kuat dan bisa., Jadi next puasa so spesial..dan ingin menyajikan menu-menu yang menjadi favorit Yodha. 

Nah..biasanya teman-teman suka rada galau pasti nich menyiapkan menu untuk bulan puasa..terutama untuk menu sahur  yang waktu masaknya pasti lebih terbatas jika di masak mendadak. Makanya..aku mau tulis tips untuk mempersiapkan menu sahur ya..untuk teman-teman...semoga bermanfaat..buat teman-teman yang baru *nyemplung* ke dapur..hihi. Aku kasih tips-tips aja ya. Kalau resep sich udah banyak banget..tinggal di search juga mau masak apa di web ini ada. Atau jika mau praktis, silahkan cari atau di pesan buku perdanaku..62 RESEP MASAKAN LEZAT UNTUK MENU SEHARI-HARI...yang sebentar lagi beredar di toko buku Gramedia dan Gunung Agung. Teman-teman jika nggak sempat pergi ke toko buku..bisa pesan langsung ke aku juga. Moga hari ini udah datang  nich..stock bukunya...dari hari Senin udah di kirim dari penerbit Jakarta..tapi belum sampai.

Menu masakan yang ada di buku perdanaku itu udah komplet ada masing-masing 10 masakan ayam, daging, telur, tahu, tempe, ikan & seafood, serta sayur. Komplet bukan..sudah lebih dari cukup sebagai pegangan padu padan menu untuk bulan puasa besok ya..jadi ntar aku tinggal posting menu-menu takjil atau jajanan aja di web nanti ya di bulan puasa..hihi. Komplet kan jadinya nanti menunya...teman-teman...soalnya beberapa tahun kemaren udah sering posting menu-menu lauk. Nah..besok pengen lebih fokus ke menu-menu takjil dan jajanan gitu..jadi biar variatif menu bulan puasa di web ku ini.

Okay..baiklah..aku kasih tips dalam mempersiapkan menu untuk sahur ya...
  • Pilih beberapa menu favorit keluarga yang bisa di masak dalam jumlah banyak sekaligus, seperti ayam goreng atau rendang atau daging semur dll, yang bisa di masak banyak dan awet di simpan. Misal..ayam goreng..ungkep ayam sekalian banyak..misal 2 ekor untuk persediaan satu minggu atau dua minggu atau jika memang suka banget ayam..bisa di buat untuk stock 1 bulan. Tidak masalah..asal di simpan dalam bentuk..ayam ungkep. Nah ayam ungkep ini nanti bisa di variasikan..jadi ayam goreng atau ayam bakar..dll..kan jadi cepat masaknya..karena sudah empuk dan berbumbu.
  • Jika sore lauk opor..malam masih sisa, biar jadi menu yang beda buat sahur, bisa lho di sulap jadi ayam bakar seperti ini. jadi dech ayam bakar bumbu opor. Pasti dech keluarga mengira menu beda lagi..hihi. Atau sisa ayam goreng sore hari...malam bisa di masak lagi..jadi ayam balado atau ayam tumis pedas dll. *Kereatif kan..hihi.

  • Masak masakan yang berkuah atau bersantan dari sore hari, sehingga pagi hari tinggal memanaskan saja, Karena untuk menghindari terlambat sahur jika masak masakan bersantan perlu waktu lama. Selain itu rasa masakan akan semakin enak..karena bumbu-bumbu semakin meresap. Misal..opor ayam..terik, semur, dll.
  • Jika suka sayuran segar untuk menu sahur, pilih sayuran tumis yang bisa di masak dengan cepat, misal, kangkung, taode, buncis, dll. Siapkan dulu bumbu-bumbu iris pada malam hari, begitu bangun  untuk mempersiapkan menu sayur, tinggal sreng-sreng dech..tumis sebentar,..siap dech.
  • Sediakan menu2 lauk kering..seperti kering kentang, kering tempe, serundeng dll.. jadi jika kepepet nggak ada lauk..tetep masih bisa sahur kan..hihi. Tinggal tambah goreng telur...buat proteinnya..beres dah.  
  • Oh ya..yang mau pesan serundeng kering ini buat stock bulan puasa ayukk..hihi. *kebiasaan..jualan..hihi..* Serundeng ini sangat cocok buat menu sahur, enak sekali untuk menu nasi udang ala Surabayaan..buat makan nasi rames, buat nasi krawu khas Madura..enak dech pokoknya. Serundengnya sering banget..jadi awet hingga 5 bulan di simpan. Ada yang pedas dan ada yang manis...no msg lho..^^
  • Untu lauk pendamping seperti perkedel, bisa di siapkan dari sore, pagi tinggal goreng. Tapi jika mau praktis..ada tepung kentang juga jualanku..hihi..jadi masak perkedel mendadak pun tidak masalah..karena tinggal seduh aja. Tahu..tempe bacem..jika suka di stock jumlah banyak...ndak masalah..karena bumbu malah akan semakin meresap. Simpan tempe dan tahu bacem yang masih terendam sedikit sisa air rebusan bacemnya di kulkas dalam wadah tertutup, maka akan semakin enak rasanya...maks 3 hari an ya..jika mau lama ya di simpan di freezer..jika tempe. Kalau tahu di simpan di freezer..kurang enak ya..hihi.
  • Sambel..pastinya..walaupun makan pagi-pagi banget..jika suka pedes..tetep nggak bisa ketinggalan sambelnya dong. Nah..biar aman untuk perut, bikin aja sambal terasi matang yang nggak terlalu pedas, jadi bisa di simpan sekalian untuk stock. Resep sambal matang...udah banyak ya versinya di web ini. Di search aja ya teman-teman. 
  • Jika suka ikan bakar buat menu sahur, tenang..masih bisa buat kok..goreng aja ikan dahulu agar lebih cepat matang, baru dech di oles bumbu bakaran. Bakarnya di mana malam2..tenang..bisa pakai pan anti lengket aja...praktis kan. Menu ikan bakar praktis..sudah ku posting juga di web ini.
  • Suka yang segar-segar untuk sayur ?..Bisa..masakan berkuah seperti Rawon, Pindang Kudus, Soto, Gulai, Tongseng sangat cocok kok untuk menu sahur. Nah..karena masaknya lumayan lama..jadi lebih baik di maska siang hari, malam tinggal di panaskan . Bumbunya semakin meresap enak dech.
  • Nah..buat anak-anak..juga..jangan lupakan menu favorit mereka ya teman-teman..buat stock nugget, bakso goreng, kaki naga..ayam pok-pok..dll..yang bisa di simpan di freezer ya. Jadi selalu tersedia menu favorit mereka untuk sahur..pasti dech makin bersemangat mereka untuk puasa.
  • Buat yang suka masakan sehat..aneka pepes, garam asem..bothok, dll..enak juga buat sahur. Bisa buat sekalian diet  kali ya. Pilih menu sahur sehat..makan nasi merah, banyakin buah dan sayur..wah..pasti dech..Lebaran bisa tampil lebih langsing..hihi. Asal nggak tergoda menu-menu buka puasa yang manis-manis dan menggoda..hihi. Resep menu-menu pepesan dan yang di kukus juga banyak juga  udah ada di web ku ini.
  • Mau sayur yang awet dan bisa di simpan lama..jika suka..buat aja gudeg teman-teman..semakin di simpan semakin enak..hihi.   
Nah..mau praktis dan cepat lagi masaknya..pesan aja tepung-tepung serbaguna yang aku jual teman-teman..hahaha..dodolan maning...!
  • Ada tepung krispi untuk buat ayam krispi, tempe krispi, steak krispi, tahu krispi, jamur krispi..pokoknya apa aja yang krispi minded dech..hihi
  • Ada tepung kremes buat kremesan ayam, tahu, tempe, sosis, udang, ikan, lele,dan lain..yangsuka kremes..mari merapat ya..^^
  • Ada tepung tempura ala Jepang nich buat bikin tempura udang..enak dech..atau tempura ikan..cumi..bawang bombai..sayur dll..enak..kayak di resto Jepang lho..^^
  • Ada tepung kentang juga buat perkedel..kroket, kue lumpur..kentang panggang dll dech yang biasa pakai kentang..pasti lebih cepat pakai tepung kentang..karena tinggal di seduh. 
  • Ada tepung bakso juga yang buat aneka bakso..siomay..empek-empek dll..komplet dech pokoknya..dll..jualanku masih banyak..hihi..jika penasaran...email aja atau inbox atau sms ya..Thanks buat teman2 yang selama ini setia order..alhamdulillah tepung-tepung yang ku jual..udah keliling nusantara..bahkan keluar negeri...giliran yang jual..masih anteng di rumah aja..hahaha. Nabung dulu ya..jualan tepung buat keliling Indonesia..lol..!
Ok dech..semoga bermanfaat ya teman-teman..tips2 lain mempersiapkan bahan dan bumbu-bumbu dasar biar nggak ribet dan bisa memasak dengan cepat..semua udah aku tuangkan dalam buku perdanaku teman-teman. Semoga bermanfaat juga ya bukunya. Amin. Jika mau pesan buku atau aneka tepung..bisa via email ya teman-teman..di bundadidi@gmail.com, atau inbox di fb,..atau jika mau cepat sms juga boleh..089654712500 ( sms only )
Tapi seperti biasa..sabar ya..jika sms..hihi..soalnya kadang aku lagi di dapur..atau lagi di depan komp..atau lagi motret di luar..jadi jika pas kebetulan teman-teman sms dan aku rada telat balesnya..mohon di maklumi ya.

Happy Cooking....^_^

DD

RALAT :

Barusan  dapat info dari penerbit,...alhamdulillah ternyata seluruh Toko Buku Gramedia di kota2 besar di Indonesia ada teman-teman..:) Semoga memudahkan  teman2 untuk mencari bukunya ya...:)


7 comments :

  1. Sippp dehhh....jd tmbh semangat deh ke dapurnya kalo udah punya bukunya....;)))

    ReplyDelete
  2. seeeeeep mbak diah, makasih tipsnya, bisa dicoba, apalagi saya punya anak masih 2 th, suka ngrepoti hehehe

    ReplyDelete
  3. Mbak diah emang menbuat emak2 makin disayang anak2 ama suami....makasih mbak tips2nya

    ReplyDelete
  4. Mbak DD, kira2 di Amazon ada gak ya bukunya😊pingin bingit nih. Oh ya mana fotoe si kakak? 😀pingin liat yg dia performance 😉

    ReplyDelete
  5. Mbak, tak dolan ngumah sampean wae wis mba.. Hehe

    ReplyDelete
  6. Wah mantap... makasih tipsnya yaaa

    ReplyDelete
  7. Mbak Di.. maaf agak melenceng dari postingan nya.. mau tanya mbak kalo tepung kentangnya kira-kira bisa tuk mpasi ga ya mbak?

    ReplyDelete