Wednesday, May 6, 2015

Cumi Bakar Pedas





Cumi-cumi..adalah seafood favorit banyak orang pastinya ya. Walau ada juga yang takut mengkonsumsinya karena takut kolesterol, dll. Kalau aku berprinsip asal tidak berlebihan..mari kita nikmati saja makanan enak ini. Apalagi untuk anak-anak yang dalam masa pertumbuhan..tentu saja sangat butuh banyak zat gizi..nah si cumi ini bisa menjadi salah satu asupan nutrisi yang bagus untuk anak-anak ya teman-teman.

Untuk orang dewasapun asal tidak berlebihan. Aku pernah baca ulasan ahli gizi, nggak masalah kok mengkonsumsi cumi..karena kadar lemaknya justru rendah. Kandungan kolesterol memang ada..namun tidak lebih tinggi dari jerohan hewan ternak..dan bahkan kuning telur yang biasa kita konsumsi sehari-hari. Jadi makan cumi-cumi sesekali..ayukk..kenapa tidak..?..hihi

Oh ya..dari berbagai sumber yang aku baca..kalau masak cumi dengan tintanya..itu juga berkhasiat untuk kesehatan lho teman-teman. berdasar penelitian...bisa membantu penyembuhan tumor. Wah..jadi sayang juga ya...jika tinta cuminya di buang. Biasanya aku buang juga sich..hihi..kecuali ada request khusus dari suami..lha dulu aku kira tinta hitam itu berbahaya..takut beracun gitu ya..karena kan itu merupakan senjata rahasia si cumi untuk bertahan hidup melawan predator..hihi. Ternyata..malah bermanfaat tintanya.  Jadi pengen masak bebek hitam..kali bisa pakai tinta cumi ini ya..hihi,...*gak nyambung *. Iya..dari kemaren ada request dari teman-teman pada minta resep bebek hitam ala Madura..masih belum menemukan titik terang..ada yang bilang itu hanya bebek rica yang di masak hingga menghitam bumbunya, ada teman yang cerita pakai kluwak..ada juga yang bilang pakai petis..nah lho..yang mana yang bener..tunggu ya..ntar ku coba..jika punya bebek..hihi.

Tips memilih cumi untuk pemula..pilih yang cumi merah ya..itu citarasa lebih enak dan manis. Kulitnya kemerahan dan sedikit bercak-bercak kecil. Pastikan kulit masih utuh belum terkelupas. Badan cumi masih kenyal jika di tekan, aromanya nggak amis. Serta kantong tintanya belum pecah.  

Oke..kali ini kita masak cumi dengan cara cepat yukk..kita bakar aja..agar citarasanya tetep empuk dan manis gurih. Kalau di masak terlalu lama..cumi ini malah jadi keras kayak karet. Jika mau lebih meresap, baluri cumi dengan bumbu semalaman di kulkas, esok harinya bisa di bakar dan hasilnya bumbu akan lebih meresap. Namun jika tidak ada waktu, langsung saja di olesi bumbu dan di bakar..rasanya tetep enak. Ok..ini dia resepnya ya teman-teman, jika suka cumi..selamat mencoba ya..^^

Cumi Bakar Pedas

Bahan 
500 gram cumi segar, klupas kulit, kerat2 badan cumi
2 sendok makan kecap manis ( sesuai selera
1 sendok teh gula merah
1/4 sendok teh kaldu ayam bubuk
Garam sesuai selera
1 lembar daun salam
2 cm lengkuas, geprek


Bumbu halus 
5 buah bawang merah
2 siung bawang putih
5 buah cabai merah
1 ruas jari kunyit
3 butir kemiri
1/4 sendok teh merica butiran

Cara membuat 
Rendam cumi dengan sedikit 1/2 sendok teh garam dan 100 ml air selama 5 menit. Tiriskan, lap dengan tisue dapur atau serbet bersih ( agar tidak berair ketika di oles bumbu )
Haluskan semua bumbu halus, lalu tumis hingga matang dan harum, masukkan lengkuas, daun salam serta gula merah, garam, kaldu bubuk , aduk rata.
Masukkan sedikit air, agak bumbu mengental.
Angkat bumbu halus. Tambahkan kecap manis, aduk rata
Olesi cumi dengan bumbu yang sudah di tumis
Bakar hingga matang

Tips 
Jika tidak mau repot menyalakan arang, bisa di panggang pakai alat grill listrik atau alat panggang lain.


Cumi bakar ini paling cocok di temani oseng kangkung terasi..sedap..! Oseng kangkung nich versi ndeso..pakai terasi. Pakainya terasi Juwana asli..yang aku jual dong..enaknya..kebangetan..! hihi..beneran..tanpa penyedap lain..pakai terasi aja..rasa oseng kangkung ini..rasanya..enak bingits...^^

9 comments :

  1. Heran deh, masak enak trs tiap hari mba, gmn followers nya bs jalanin diet kalau gini😀
    Btw, itu terasi juwana nya skrng ada jg lho mba kluaran pabrik *bc, kira2 sama gak mba dngn yg mba Diah jual...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda mba..yang ono buatan pabrik..yang ini..asli buatan handmade dari pengrajin terasi yang sudah berpengalaman turun temurun di keluarganya buat terasi..jadi rasanya beda..dan bahan-bahannya terjamin..:)

      Delete
  2. Lsng buka kulkas .... terima kasih mba Diah

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba Diah q mau pesen
      tepunya si ,,,, gmana ordernya.

      Delete
    2. email aku ya mba di bundadidi@gmail.com atau inbox di fb ya..:)

      Delete
  3. Mb..aq udh nyobain cumi bakar + kangkung terasinya..ludes tak bersisa..wkwkwk..mao nanya donk..bukunya judulnya apa yak + beli dimanah..tengqyu mbae

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba Meri..sipp mba..syukurlah jika suka ya..:) buku : 62 RESEP MASAKAN LEZAT UNTUK MENU SEHARI-HARI mba....di toko buku nanti ya..atau bs pesan lewat aku..:)

      Delete
  4. Aq mao donk pesen lewat mb aj yak..gimanah caranya

    ReplyDelete