Thursday, May 28, 2015

Tips Membuat Puding Lapis


Duch..maaf ya teman-teman..beberapa hari ini super sibuk merekap orderan buku..dari email..sms..inbox fb atau page..silih berganti..kok ya cepat sekali waktu habis..sampai nggak sempat masak yang baru terus. Jadi belum ada menu-menu baru yang spesial ya..soalnya mendahulukan tanggung jawab dulu ya..karena sudah banyak teman-teman yang pesan dan sudah transfer, jadi harus aku selesaikan semua rekapannya. Buku udah nyampai Semarang..di agen..tinggal di ambil sore nanti. 

Mungkin banyak yang berpikir..kok repot amat..kan bukunya di jual di toko buku nantinya ?..Hihi. Kalau aku mah nggak ada kata repot. Sebagai penulis pemula..harus semangat dan bekerja keras..memperkenalkan buku kita sendiri..menjual sendiri ke pembaca langsung..itu salah satu wujud tanggung jawab juga sebagai penulis..ya kan..hihi. Sealin itu..juga bisa membantu teman-teman yang nggak sempat ke toko buku atau jauh dari toko buku, jadi bisa lebih praktis jika mau pesan lewat online. Jadi..repot sedikit tidak masalah buatku..malah seneng..bisa berinteraksi secara langsung dengan teman-teman pembaca dari seluruh Indonesia..hihi. Jangan lupa..ntar yang pesan lewat aku ada undian berhadiahnya ya tiap bulan teman-teman. Nah..hadiahnya apa aja..ntar ku umumkan lagi ya terpisah. Jadi..silahkan di pesan..buku perdanaku..62 RESEP MASAKAN LEZAT UNTUK MENU SEHARI-HARI...sudah ready hari ini..sore nanti tepatnya..tadi udah di sms agennya untuk ambil paket bukunya.

Nah..kemaren ada teman email minta tips cara membuat puding lapis..agar hasilnya bagus..nggak nyampur atau nggak lepas jika udah dingin. Oke..biar tetep ada postingan baru..aku kasih tip-tips aja dulu ya teman-teman..moga2 segerea resep2 baru lagi jika udah selesai tanggung jawabku untuk distribusi buku perdanaku ini. 

Pudig lapis..itu macam-macam ya teman-teman.dan bisa kita kreasikan lho sevariatif mungkin. Puding bisa terbuat dari agar-agar..atau jeli..atau campuran agar  susu..atau yang versi murah versi *godir*..atau puding ayang tanpa susu yang murah meriah itu..hihi. Oke dech..berikut tips membuat puding lapis ya..moga bisa bermanfaat atau mungkin nanti lebaran mau     buat usaha takjil. Bikin aneka puding..?..Bisa kok..semangat ya.
  •  Untuk puding lapis warna, jika mau cepat dan simpel..pakai saja bahan puding yang sudah berwarna , agar-agar atau jelinya. Jadi bisa aneka rasa. Namun jika kurang suka..pakai agar-agar plain, beri pewarna dan perasa. Jika mau lebih enak lagi..bisa di tambah aneka jus buah asli..jadi lebih alami rasanya.
  • Puding lapis bisa juga di buat gradasi dua jenis puding, misal..puding bersantan atau susu, lapisannya puding bening tanpa santan / susu..itu juga kan jadi  gradasi warna yang menarik.
  • Puding lapis bisa terdiri dari banyak warna..jadi puding pelangi atau hanya 2 atau 3 warna yang di selang seling..atau bisa juga..di buat gradasi..dari warna pekat ke arah warna lebih muda..atau yang biasa di sebut Ombre Puding.
  • Untuk membuat puding yang warna beda, tentu saja harus di masak terpisah. Jika bisa, masak bersamaan, agar daya bekunya sama. Namun jika menunggu puding di lapis, puding sudah menggumpal, tidak masalah..bisa di panaskan kembali kok adonan pudingnya.
  • Agar lapisan puding cepat kering..harus gerak cepat ya..teman-teman. Tuang pakai takaran, misal..sendok sayur  kecil atau cangkir kecil..jadi tinggi lapisan sama. Tuang lapisan pertama ke seluruh cetakan dengan cepat. Jangan lupa taruh di nampan yang muat  dengan ukuran freezer kita. Jika udah di tuang semua..segera masukkan freezer. Nah..puding akan lebih cepat mengeras.
  • Keluarkan puding dari freezer setelah beberapa saat dan mengeras. Tusuk-tusuk dengan tusukan sate agar, adonan puding di atasnya bisa masuk ke dalam puding pertama lewat celah-celah yang di tusuk tusukan sate tadi, jadi akan langsung mengikat lapisan selanjutnya. Jadi di jamin nggak bakal lepas-lepas dech pas dingin nanti.
  • Selanjutnya, lakukan pelapisan hingga adonan habis..jika adonan membeku, segera panaskan kembali
  • Jika mau di jual..lapis puding sekalian dalam cup bening, karena sekaligus sebagai wadah cantikya..agar lebih kelihatan layer-layer pudingnya.
Oke dech..semoga bermanfaat ya..sedikit tips nya teman-teman..selamat , mencoba. Contoh puding lapis seperti ini ya. Ini foto lama sich..tapi dulu belum ku posting dech kayaknya..hihi. Ini puding susu..pakai pewarna makanan. Aih..centil ya..pudingnya..jadi pengen anak cewek..huhu..*Mewek lagi dah ntar..ingat Adik..*




5 comments :

  1. Mbak waktu ditusuk2 pk tusuk sate apa warna yg atasnya ga nyampur ke warna yg dibwhnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak mba..kan nusuknya juga nggak perlu banyak2..misal 4 tusukan aja..nanti adonan lapisa atasny akan mengalir ke lubang tusukan itu..istilahnya jadi kaki yang ngikat , jdi ketika dingin lapisan nggak lepas :)

      Delete
  2. Berati nuangnya selapis2 dlu d msukin freezer, klo udah beku baru d tambah lapisan lagi, gtu po mbk ? ato gimana ??

    ReplyDelete
  3. Makasih bgt tips puding lapis ini yo mb,,,btw salam kenal

    ReplyDelete
  4. wah keren sis pudingnya nanti saya praktekan sis thanks

    ReplyDelete