Thursday, May 21, 2015

Cookies Tanpa Telur atau Margarin dan Mentega..Bisaa..!


Wah..nggak terasa ya teman-teman..sebentar lagi mau menjelang bulan puasa lagi..terus Lebaran lagi dech..dan itu artinya..Cookies time..! Pasti dech para bakulan kue udah mulai sibuk promo-promo kuenya nich. Buat ibu-ibu di rumah yang mau bikin kue kering sendiri di rumah juga..pasti lagi pada mau coba-coba bikin kue kering sendiri ya..biar hasilnya maksimal...pas nanti mau bikin kue kering untuk lebaran.

Cookies..itu adalah..kue kering dan renyah dengan aneka rasa. Kalau di Indonesia di sebutnya kue kering ya teman-teman. Kue bertekture renyah..atau ngeprul, sesuai jenisnya masing-masing. Bahan utama kue kering itu adalah tepung, gula dan perasa. Bahan lain adalah telur dan lemak, yaitu bisa berupa mentega atau margarin. Nah..bisa tidak buat kue kering tanpa telur..jawabannya..bisa banget. Sebenernya..cookies dengan 3 bahan,...yaitu tepung, gula dan margarin atau mentega itu udah jadi resep dasar cookies, tinggal di tambah perasa atau bahan tambahan lain. Jadi..buat teman-teman yang alergi telur , tetep bisa kok bikin cookies tanpa telur. Nanti hasil kuenya jadi keras dong ?..Ah..nggak juga. Gunakan campuran margarin dan mentega,.maka hasil cookies tetep akan ngeprul empuk..walaupun tanpa telur.

Kayak gini nich..cookies tanpa telur yang pernah ku buat teman-teman..tetep keliatan empuk dan renyah  kan..^^


Nah..sekarang gimana kalau ada juga teman yang menghindari margarin atau mentega..bisa tidak membuat kue kering tanpa margarin atau mentega ?..Jawabannya..bisa banget juga. Pakai minyak aja..hasilnya..tetep jadi dan renyah lho..cookiesnya. Cuma memang cookies yang pakai minyak ini cenderung tawar aromanya..beda dengan margarin atau mentega yang beraroma gurih. Karena itu..tambahkan perasa, pewangi seperti vanila atau tambahan bahan seperti coklat  dll, agar cookies yang memakai minyak goreng ini semakin enak citarasanya.

Untuk membuat cookies tanpa margarin atau mentega..cara pembuatan sama..minyak dan gula di kocok hingga lembut. Sebagai pengikat, bisa kita tambahkan tepung maizena, agar kocokan gula dan telurnya sedikit kental, baru dech..di masukkan tepung terigu..dan aduk seperti biasa.

Nah mau coba resep cookies tanpa margarin atau mentega..yukk di coba teman-teman..kali ini aku buat chocochips cookies tanpa mentega atau margarin, dengan memakai gula merah pasir yang aku jual itu lho agar citarasanya gurih. Jika tidak ada..pakai gula palm juga bisa.Yang belum tau gula merah pasir yang aku jual..liat di SINI ya. Jika mau order gula merah pasir ini buat persiapan puasa..yukk mari..hihi. Praktis dan bersih lho..karena udah berbentuk butiran kayak gula merah serut, jadi mudah jika di pakai untuk membuat aneka kue..nggak perlu repot nyerut2 lagi...dan di jamin nggak ada ampas atau kotorannya..hihi. Selain buat cookies ini gula merah pasir ini enak juga di buat cake gula merah lho..lihat di  SINI ya resepnya..atau di buat untuk aneka minuman, puding, putu ayu..atau tiwul ayu..juga enak rasanya. Jadi..cookies ini lebih sehat bukan..selain nggak pakai margarin atau mentega, gulanya juga pakai gula merah yang lebih rendah kalorinya..jadi..nggak takut ya..cemal cemil banyak ya..tapi ya..jangan kebanyakan ya..nyemilnya. Tetep aja..ngemil itu secukupnya aja ya..hihi. Atau bisa jadi ide usaha mungkin untuk jualan cookies yang sehat..^^


Choco Chips Cookies Tanpa Margarin / Butter
Bahan
200 ml minyak goreng
150 gram gula merah pasir
300 gram tepung terigu protein rendah
2 sendok makan tepung maizena
1/2 sendok teh vanila ekstrak
1 butir telur
1/2 sendok teh garam, sendok teh baking powder
50 gram choco chips
50 gram kacang mete, panggang sebentar hingga matang, cincang kasar

Cara membuat
Panaskan oven 170 C
Kocok gula dan minyak hingga gula larut dan lembut
Masukkan telur, vanili dan garam, kocok rata. Masukkan tepung maizena. Kocok rata
Masukkan tepung terigu, aduk rata dengan spatula. Masukkan mete dan choco chips
Sendokkan adonan ke loyang yang sudah di oles margarin
Oven selama 20 menit hingga kering
Simpan di toples jika sudah dingin







15 comments :

  1. mirp good time ya mbak, enak banget pastinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak Lydia...gurih dan renyah..:)

      Delete
  2. Patut dicoba mbak...hehe. kalo gak pake mete takaran tepung dll nya hrs dikurangi gak mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak usah di kurangi mba Diah...mete kan cuma bahan tambahan..:)

      Delete
  3. kalau mau buat tanpa telur, telurnya dihilangkan, nggak apa-apa kan mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tanpa telur...pakai campuran margarin dan mentega mba biar bs renyah..jadi salah satu aja ya yang di hilangkan...:)

      Delete
  4. Simple ya mba Di ga usah pake dicetak..Pengen nyoba tapi gak punya oven...hihi melaass..

    ReplyDelete
  5. bkin donat yg enk pke ap mbk?

    ReplyDelete
  6. hmm..pngn nyoba nih,..
    mba diah, itu cara nyetaknya gmn?
    mksh
    -diana-

    ReplyDelete
  7. hmm..jd pngn nyoba nih..
    mba diah, itu cara nyetaknya gmn ya?
    mksh
    -diana-

    ReplyDelete
  8. kalo terigunya protein sedang bskah mbk?

    ReplyDelete
  9. Mbak, baking powdernya berapa sendok teh?

    ReplyDelete
  10. Mba diah klo baking biasanya pke oven apa: gas ato listrik?
    Ea, sy ada tip tuk ibu² yg ga pny oven. Bisa kok baking pke pan teflon. Klo pny deep-fry pan tinggal ditataki saringan dandang dalamnya. Trus ttup pke ttup kca bawaan pan-nya. Klo ada bgn pan yg terbuka stlh dtutup bs dtutup dg serbet. Gunakan api kecil tuk baking ya..

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Kalau tanpa telur dan menteganya diganti olive oil bisa? Karena alergi telur dan mentega apapun.

    ReplyDelete