Friday, May 29, 2015

Seblak Basah Udang & Telur Puyuh



Dari kemaren nggak sempat posting menu baru..rasanya ada yang kurang dech. Baiklah..di sela-sela kesibukan rekap order buku..dan packing..ngurusi orderan tepung harian..tadi masih sempat menyempatkan diri masak sebentar..menu yang mudah saja dan cepat, yaitu bikin Seblak Basah khas Bandung. Gara-garanya di komporin mba Elmi..hihi..kemaren aku di bawain seblak basah asli Bandung katanya yang di beli di dekat Undip..katanya sich asli Bandung gitu yang jual. Wah..makasih ya mba..jadi tau dech rasa otentik seblak Bandung itu kayak gimana..hihi. Soalnya aku baru dua kali makan seblak. Dulu pertama mencoba sendiri resep dari internet..kok malah agak neg ya. Ternyata cara masakku yang salah. kalau dulu kerupuk rebus langsung masuk bumbu tumis kering..jadi kayak sambal kerupuk gitu...hihi..jadinya ya agak neg. Nah..yang di bawakan mba Elmi kemaren seblaknya rada basah gitu..sambalnya..jadi lebih enak..cuma bumbunya kurang nendang dikit aja yang beli kemaren..hihi. Hem..jadi penasaran dech bikin sendiri tadi di rumah.

Akhir..kerupuk bawang yang tinggal dikit tadi aku coba aja buat seblak..wua..ternyata enak buat sendiri..hihi. Apalagi di makan anget anget pakai nasi panas. Seblak basah yang puedes..dan kenyil lembut kerupuk rebusnya..jadi unik dech. Nah..kalau mba Elmi kemaren beliin aku pakai campuran ceker dan bakso..aku tadi buat ala aku sendiri..pakai udang dan telur puyuh. Lebih gurih dech jika pakai udang..nggak amis..tapi aromanya malah gurih. Jadilah ini seblak versi aku sendiri , dengan bumbu dan style kayak seblak basah yang di beliin mba Elmi di warung Seblak Dago..yang ada di dekat kampus Undip. Aku sering lihat juga kalau lewat..tapi kok belum kepikiran mampir kemaren2 coba warung baru ini..hihi. Tapi seblak ini pakai bumbu ala aku sendiri ya teman-teman..kata mba Elmi..ini *Seblak Yogya*..karena nyalahin aturan..ndak pakai kencur..dan gula pasir..tapi pakai gula merah...hahah. 


Jadi pengen buat lagi kapan-kapan seblak dengan variasi lain lagi..sekarang..catat dulu yang ini ya..teman-teman..aku mau lanjut rekap orderan buku dan tepung2 dulu ya..huhu..udah numpuk kerjaan..dari semalem lembur sampai jam 1 an..kok ya belum selesai rekap order bukunya. Tetap..semangat..di tunggu ya buat teman2 yang udah order bukuku..udah ready nich...segera kirim. Yang belum order..mau order juga masih selalu bisa kok. Jika mau beli di toko buku..di seluruh Gramedia Se Jabotabek juga udah ada...kata penerbitku. Tapi jika nggak sempat ke Gramedia..pesan sama aku   secara online boleh..bonus ikut undian berhadiah lho..hihi. Hadiahnya apa...? Di tunggu ya pengumumannya..hihi. Ini kayak gini nich buku perdanaku yang udah ready..contoh lay out bagian dalamnya ^^

 

Oke dech aku share resep seblak basahnya dulu ya...teman-teman..selamat mencoba jika suka seblak atau penasaran rasa seblak itu kayak gimana..hihi. Gunakan kerupuk bawang yang biasa ya..Tumis bumbu hingga benar-benar matang agar nggak langu sambalnya..kalau yang beli kemaren masih agak langu aroma bumbunya.

Seblak Basah Udang & Telur Puyuh

Bahan :
30 gram kerupuk kanji, rebus hingga lembut
6 ekor udang segar ukuran sedang
10 butir telur puyuh
100 ml air
1/4 sendok teh kaldu ayam & garam sedikit / secukupnya jika perlu tambahan
1/2 sendok teh gula merah

Bumbu halus :
10 cabai rawit merah
5 cabai merah keriting
6 buah bawang merah
1 siung bawang putih

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga matang dan harum, masukkan udang, aduk hingga berubah warna. 
Masukkan air, kerupuk, telur puyuh dan bumbu lain
Masak sebentar hingga bumbu meresap.
Sajikan hangat
Note : Resep asli seblak pakai kencur ya jika suka teman-teman...^^








10 comments :

  1. Mba Didi kalo seblak beli di Bandung nya langsung suka pake kencur mba, malah ga ada bawang merahnya. jadi cuma bawang putih, kencur sama cengek ajah.
    tapi kadang ada juga yg pake bawang merah, tergantung yg jualnya hehehe.
    tapi setau saya di Bandung ampir semua amang2 yg jual seblak pake kencur mba.
    dulu jaman saya masih tinggal di Bandung, seblak belum sepopuler sekarang, yang jualnya masih jarang. sekarang mah kalo maen2 ke Bandung tiap sudut pasti nemu yg jual seblak.
    Hehheeh malah curhat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba Tri..mkasih infonya..iya mba..aku ya di bilang sama temenku mba Elmi itu..kalau seblak pakai kencur..tapi tadi takut aneh rasanya..hihihi..jadi nggak pakai aja....:D Jadi ini seblak versi Yogya mba kata temanku..solnya pakai gula merah juga...hahaha

      Delete
    2. Wih mantep nih seblak yogya... Hehe.. Iya mba kencur dlm seblak fungsinya buat mencegah perut mules. Soalnya seblak rata2 rawitnya byk jd pedesnya nampol..

      Delete
  2. Your blog is impressive, thanks to the quality of your recipes & other content. We would be glad if you would participate on Contestchef so that your quality recipes can contest with other such bloggers/ recipe creators and win accolades from various players in the global food industry.

    Contestchef is a global forum for food/ recipe bloggers to showcase their skills to the world. This is a one of a kind concept and backed by food conglomerates around the world. Several recipe creators/bloggers are already contesting on Contestchef.
    Click to join Contestchef
    Sincerely,
    Nandy
    Contestchef

    ReplyDelete
  3. Kalau sudah masuk dapur mbak diah didi, rasanya makon nendang, ya. :D

    Btw, saya suka bgtt Seblak, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..mksh mba Idah..:) Iya dulu tak kira aneh..ternyata enak ya mba..:)

      Delete
  4. Mbak didi, makasih ya utk share resep2nya. Kyaknya yg ini mesti dicoba juga..
    Mbak, btw yg dimaksud undip itu universitas diponegoro kah ? Bukannya undip di semarang ya, mungkin unpad yach :)

    Salam,
    Witri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya selamat mencoba mba Witri,,:) Memang Undip Semarang mba..saya kan tinggalnya di dekat Undip Semarang..nah warungnya itu..ada di dekat daerah Undip Semarang juga..hihi. Cuma tulisannya..di warung itu..Seblak Asli Dago..gitu..biasa mba....banyak warung seblak ekspansi ke Semarang nich..setelah kue cubit menjamur juga di sini..:D

      Delete
  5. mbak diahhhh aku belum pernah makan seblak mbak...jadi ngiler lihat postingannya...mbak ijin nyontek resepnya ya mbak :D ... makasih mbak diah didi :)

    ReplyDelete