Wednesday, May 13, 2015

Pastel Kerucut


Pastel...siapa mau ?..Salah satu jajanan favoritku nich teman-teman. Aku suka banget sama pastel ini..kalau makan 1 biji..duch..nggak cukup dech. Kadang-kadang..jika lagi malas buat sendiri..pastel ala pasar pun tetep..suka..walau isinya pelit banget..hihi. Kadang-kadang..udah isinya cuma wortel aja..itupun..dikit banget..ampun dech. Sama-sama ribet buatnya..kenapa nggak di buat enak sekalian ya teman-teman. Tapi herannya..ya aku tetep beli..jika lagi pengen pastel..walau ujung-ujungnya kuciwa rasanya..huhu.

Jadi..jika pengen makan pastel yang enak..ya bikin sendiri aja ya teman-teman. Lebih puas makannya..dan juga isinya di jamin lebih enak..lebih sehat..dan lebih murah. Tapi harus mau ribet sebentar di dapur ya..hihi. Males ahh..bikin pastel..nggak punya gilingan mie..!..Begitu kah alasan teman-teman males bikin pastel sendiri..ayuk..semangat..nggak pake gilingan mie juga bisa. Di rumah ada rolling pin kan..pakai itu aja buat nggilas..mudah dan cepat. Nggak punya rolling pin..?..Tenang, masih ada botol kecap kaca tuch atau gelas belimbing..bisa buat nipisin adonan. Ingat pepatah jaman SD ya..tak ada rotan akar pun jadi..tak punya gilingan mie..pakai gelas aja juga bisa. Mau bukti..nich..aku tadi..males ngeluarin gilingan mie dari gudang..males mbersihin juga jika habis di pakai..karena udah kesorean..hihi. Jadi..menggilas adonan pakai gelas aja..tetep..bisa cantik kan pastelnya.

Nah..biar beda bentuk..karena resepnya sich sama..hihi..aku bentuk kerucut aja pastelnya. Pakai cetakan alumunium nich yang biasa buat nyetak rhum horn tuch lho teman-teman..atau buat apam corneto..atau kalau di sini sich buat bikin apem kukus buat bancakan..hihi. Kebetulan cetakan dari umkm binaan suami. Ayuk..sapa mau pesan cetakannya juga..hahaha. Lama-lama kok apa2 di jual ya aku ini. dari jualan aneka tepung, mulai merambah ke cetakan donat awalnya..lama-lama ke cetakan lain yang unik-unik ini..hihi. Oke dech..kali ini aku berbagi tips aja ya membuat pastel teman-teman..kalau resepnya sich aku pakai resep pastel yang biasa aku bikin..ada beberapa versi ya..salah satunya..yang aku buat tadi yang isi ragout sayur biasa. Resep klik judul resep postingan ini ya :


Nah..gimana caranya bikin pastel biat sukses..biar renyah..biar enak..aku kasih sedikit tips nya ya :
  • Adonan pastel, jangan di uleni kuat kuat, cukup di aduk hingga bergumpal saja. Maksudnya..ya jangan di uleni seperti jika mau bikin donat ya..di jamin..pastelnya nanti jadi alot..dan gak renyah..jika di uleni..karena glutennya udah terbentuk. Jika di goreng nanti juga bakal ada aroma kayak mentah terigu gitu. Aku jika beli pastel..sekali gigit.langsung tau dech..nich adonan..di uleni atau tidak..ya..dari rasa kulitnya..empuk renyah ngeprul..atau alot  ..hihi.
  • Sewaktu membuat isi, buatlah hingga benar2 kesat, agar tidak lembab..dan ketika udah dinginpun, pastel tetap renyah. 
  • Pilin pastel dengan kuat agar tidak pecah ketika di goreng, Jika malas memilin sekarang banyak cetakan pastel kok..atau di bentuk kerucut seperti yang ku buat tadi..juga cantik kan.
  • Pastel yag udah di bentuk..jangan terlalu lama di diamkan ya..apalagi di simpan semalaman..nanti jadi lembab adonan dan nggak cantik lagi. Segera goreng jika semua adonan sudah di bentuk. Jika mau di simpan buat besok, goreng pastel setengah matang dulu ya. Dinginkan, simpan di kulkas atau freezer, jika mau di pakai, tinggal di goreng kembali hingga kering. Rasa tetep enak kok.
  • Masukkan pastel ke minyak yang sudah di panaskan..agar hasil kulitnya cantik, langsung bisa mengembang atau totol totol berjerawat, Jika minyak belum panas, dan pastel udah di masukin, selain nggak bisa berjerawat, nanti pastel juga bakal nyerap minyak.
Jika membuat pastel bentuk kerucut, caranya. Siapkan dulu isinya, seperti membuat isian ragout matang biasanya. Sisihkan. Lalu buat adonan kulit, tipiskan setebal 3 mm tau sesuai selera. Lilitkan ke cetakan kerucut, lalu goreng di minyak yang sudah di panaskan hingga matang. Dinginkan, lalu isi dengan bahan isian secukupnya. Sajikan. Mudah bukan ?..Yukk..di coba ya teman-teman...siapa tahu bisa jadi ide usaha snack baru nich..biar beda sama pastel-pastel lain ya..^^





9 comments :

  1. Mbak didi pastelnya cantik dan keren. Baru tau saya ada pastel bentuk kerucut loh. Itu pas digoreng isinya ga keluar mbak? Trus cetakannya beli dimana, apa namanya? Pas masuk minyak beserta cetakannya kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mba Fany...iya mba biar nggak bosan ya bentuk pastel biasa..:) Itu di isinya setelah kulit di goreng mba..jadi ragoutnya versi yang kering ya. Bisa lepas mba ketika di goreng..kan pakai margarin ya..kulit pastelnya. Beli aku dari pengrajin alumunium di sini mba..di toko loyang t4 mba ada nggak ?

      Delete
  2. Mbak Didi, bisa beli cetakan donut n horn nya? Berapa harganya? Email saya di niniek_lan@yahoo.com ya. Makasih Mbak Didi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belon masuk emailnya mbak

      Delete
  3. aku pernah bikin kulit pastel pakai gelas mb, tp g telaten jadi hasilnya tebeel banget, jadi isiannya nyisa banyak, haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang tenaga itu nggilasnya mba Nisrina..hihihi. Jika adonannya itu oek..mduah kok mba di gilas. Asal adonan nggak di uleni sampai liat..pasti mudah di gilas mba..:D

      Delete
  4. Mbak, kalau mau beli cetakan kerucut, brp harganya ya? Bisa minta emailnya?

    ReplyDelete
  5. Mba didi yg baik, aq mau nitip beli cetakan kerucutnya bisa ga? Email ku dwi_magdalena@yahoo.com trims before

    ReplyDelete