Monday, May 25, 2015

Martabak Telur Daging Kari



Martabak telur ala abang-abang..pasti dong..di sukai banyak orang ya..teman-teman. Rasanya yang gurih dan renyah   kulit luarnya.membuat jajanan yang satu ini laris manis dan banyak di jual di pinggir-pinggir jalan. Nah...daripada jajan terus di luar..kita bisa juga bikin sendiri lho di rumah. Dengan kulit martabaknya juga otentik buatan sendiri. Jadi beneran mirip sama yang ala abang-abang dech. Jika mau versi ala abang-abang juga bisa pakai telur bebek. Tapi aku kok kurang suka telur bebek..hihi..jadi lebih suka telur ayam biasa dech.

Membuat kulit martabak sendiri itu mudah ya teman-teman..kemaren beberapa waktu lalu udah ku bahas ya..caranya. Nah..buat teman-teman yang kesulitan mencari kulit lumpia siap pakai..jika ingin makan martabak..nggak masalah lagi. Bikin aja kulitnya sendiri. Lebih ekonomis juga..siapa tahu bisa jadi ide usaha...ya kan.

Oke dech..mau coba teman-teman..yukk..mari kita buat martabak, sekarang yang spesial ya..kayak di Abang-Abang beneran..pakai daging dan  bumbu kari. Tapi karena aku kurang suka kari banyak-banyak..jadi aku cuma pakai sedikita aja. Yang suka bumbu kari banyak..bisa di tambah sendiri ya takaran bumbu karinya.

Untuk kulitnya..jika tidak punya wajan datar ala Abang-Abang martabak ya..di lipat dan di isi dulu aja di talenan, baru di pindah ke wajan yang berisi minyak yang sudah di panaskan ya. Oke..selamat mencoba ya..teman-teman..jika suka martabak telur..^^

Martabak Telur Daging Kari
Bahan Kulit :
Bahan :
200 gram tepung terigu protein tinggi
1/4 sendok teh garam
140 ml air
30 gram minyak goreng
500 ml minyak goreng, untuk merendam
minyak untuk menggoreng

Cara membuat :
Kulit, campur tepung terigu dan garam. Tuang air sedikit – sedikit sambil diuleni sampai kalis. Tambahkan minyak goreng. Uleni sampai elastis.
Timbang masing-masing 75 gram. Bulatkan. Rendam dalam minyak goreng 2 jam.

Adonan siap di pakai. Cara pemakaian..tiriskan satu bulatan adonan. Tarik-tarik dengan tangan agar melebar dan jadi tipis. Adonan yang baik akan mudah sekali di tarik-tarik sampai tipis dan lebar..dan nggak putus.
Bahan Isi :
100 gram daging, cincang kasar
2 butir bawang merah, 1 siung bawang putih, cincang
1/2 sendok teh kari bubuk
1/2 sendok teh kaldu  sapi / garam secukupnya
1/4 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh gula pasir
50 ml air
1 sendok makan minyak untuk menumis 
Bahan utama :
Telur 4 butir, 6 batang daun bawang, iris halus, 1/2 buah bawang bombay, iris
Cara membuat :

Isi, tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum. Tambahkan daging. Aduk sampai berubah warna.
Masukkan kari bubuk, kaldu,  garam, merica bubuk, dan gula pasir. Aduk rata. Tuang air. Masak sambil diaduk hingga meresap. Sisihkan.
Campur daun bawang, telur, bawang bombay, garam, merica bubuk, dan tumisan daging. 
Siapkan satu buah bahan kulit, tipiskan di talenan, beri isi, lipat bentuk amplop, goreng hingga matang.
Bisa juga bahan kulit di tipiskan langsung di wajan, jika punya wajan datar yang lebar. Tapi harus terampil melipat dengan cepat, karena jika nggak segera di lipat begitu kena minyak panas, kulit martabak mudah mengkerut..dan matang duluan, karena sangat tipis.

8 comments :

  1. martabak telur jadi salah satu menu wajib kami kalau sudah berenag nih mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi.,.iya anget2 ya Mak..abis berenang kan dingin..:)

      Delete
  2. Maaf mbak di, di bahan gak ada kunyit tapi kok di cara membuatnya pake ya? maaf kalo saya salah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya mba..mksh korekisnya..tadi mau nulis kunyit bubuk utk yang nggak suka bumbukari..lupa di bahan..hihi

      Delete
  3. Mbak... untuk kulitnya bs disimpan gak? Biar gak repot gitu kl mo bikin lg.. hehe... mks ya mb Didi...

    ReplyDelete
  4. Mbak... untuk kulitnya bs disimpan gak? Biar gak repot gitu kl mo bikin lg.. hehe... mks ya mb Didi...

    ReplyDelete
  5. Wah dulu sekitar tahun 2006-2008 saya sering bikin martabak dgn kulit versi seperti yg Mbak Diah bikin. waktu itu tinggal di Amerika Latin yg susah nyari makanan Asia. Tapi belakangan di tempat yg ada jualan kulit lumpia, saya jadi malas bikin versi lama itu. Seminggu lalu lihat teman bikin martabak dgn kulit dadar home made biasa (kayak dadar pancake) jadi keingetan yg versi abang2 ini, tapi saya lupa resepnya, eh gak sengaja ketemu pas lihat2 resep Mbak Diah

    ReplyDelete