Sunday, May 3, 2015

Tips Usaha Ayam Krispi



Beberapa waktu lalu ada teman yang email minta tips ayam krispi..biar bisa keriting..tebal lapisannya dan juga hasil maksimal untuk usaha. Sebenernya udah sering ku ulas sich ayam krispi ini ya teman-teman. tapi baiklah..sekarang aku ulas lagi..yang spesifik buat usaha..semoga bisa bermanfaat  buat teman-teman yang mau usaha ayam krispi.

Permasalahan yang sering terjadi buat yang baru belajar masak..atau pemula..dalam membuat ayam krispi dan penyebabnya..antara lain :

Lapisan tepung gundul..atau cuma sedikit
Biasanya ..karena ayam langsung di balur ke tepung , tanpa pakai pengikat, jadi yang nempel ke ayam ya cuma sedikit tepungnya..plus nggak bisa keriting hasilnya. 

Ayam di rebus dulu juga bisa membuat lapisan tepung nggak mau nempel ke ayam atau jika di goreng lepas. Banyak yang menganggap..takut tidak matang jika di goreng langsung. Padahal asal cara menggorengnya tepat, justru ayam mentah yang langsung di goreng akan menghasilkan ayam krispi yang empuk dagingnya dna masih juicy. Kelemahan lain jika ayam di rebus dulu, justru membuat ayam krispi jadi keras.

Memakai alat goreng yang tipis, juga bisa membuat ayam krispi cepat gosong dan belum matang dalamnya. Pakai wajan tebal dan agak cekung agar ayam bisa terendam minyak seluruh bagiannya.

Memasukkan ayam krispi sebelum minyak panas..juga berpengaruh terhadap hasil ayam krispi.
Jika minyak belum benar2 panas, ayam udah masuk, maka yang terjadi adalah lapisan tepungnya jadi keras, karena begitu kena minyak tidak langsung mengembang. Cara yang benar adalah..panaskan dahulu minyak hingga benar2 panas, lalu masukkan ayam, secukupnya. Jangan terlalu banyak potongan ayam yang masuk, karena akan menurunkan suhu minyaknya. Jika sudah masuk ayamnya, kecilkan api dan goreng hinggamatang. jangan di bolak balik sebelum bagian sisi bawah matang.

Jangan melumuri ayam dengan tepung, jika penggorengan belum siap. Misalnya...2 jam sebelumnya..ayam udah di lumuri tepung..terus di diamkan saja...di jamin bakalan basah dech lapisan tepungnya..jadi nggak bisa kriuk lapisan tepungnya. Lumuri ayam dengan tepung pelapis sesaat mau nyemplung ke minyak panas ya..agar efek keriwilnya nggak hilang.

Jangan terlalu sering melapis. Sebenernya jika di lapis dengan benar, satu kali lapis aja efek kriwil udah dapat kok. Kalau di ulang hingga berkali2..tebel sich iya..tapi nggak bakal bisa kriwil lapisan tepungnya.
Jurus gara lapisan tepung bisa keriting itu mudah..lapisi ayam sambil di cubit cubit dengan kedua tangan , sambil di angkat. Ketok kan sisa kelebihan tepung..dan hasilnya..ayam keriwil berbalut tepung..siap..nyemplung ke minyak panas.

Gunakan tehnik adonan basah dari tepung pelapis  buat pencelup, lalu guling ke tepung kering sebagai pelapis, agar hasilnya awet renyah hingga dingin. Jangan pakai telur. Jika pakai telur itu jika udah dingin, lapisan tepungnya jadi nggak kres lagi.

Apa lagi ya..kayaknya udah semua jurus tips membuat ayam krispi nich aku keluarkan..hihi..moga2 jelas ya teman2..jika belum jelas..silahkan bertanya di sini. Dan ini dia hasilnya ayam goreng krispi yang aku buat sich..alhamdulillah selalu keriting dan tebal seperti ini lapisan tepungnya. Tapi ini versi malas nakar tepung ya..jadi contoh ayam goreng tepung di foto ini aku pakai tepung krispi yang aku jual..hihi. Kalau resep yang takaran sendiri udah sering ku posting ya..di search aja. Yang mau buat ayam goreng tepung praktis..bisa pakai tepung krispi..yang aku jual nich teman-teman..awet kriuk hingga dingin lho..udah berbumbu rempah-rempah bubuk seperti bawang putih, merica, dan gurihnya..pas..nggak berlebihan. Mau yang bumbu garam rempah aja..juga ada...^^



3 comments :

  1. Wahhh, makasi infonya. Pantesan selama ini goreng ayam gak pernah ada kriuk kriuknya hehehe :D Mau coba aaah

    ReplyDelete
  2. kadang kalau buru-buru aku main cemplungin aja ke minyak yang belum panas, ternyata hasilnya memang kurang bagus ya mbak

    ReplyDelete
  3. Mbak kalo mau beli tepung kremesnya bagaimana caranya?

    ReplyDelete